Pilek Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Infeksi Sinus

Fresh | Senin, 20 Mei 2019 06:17
Pilek Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Infeksi Sinus

Reporter :

Saat terjadi infeksi, lapisan sinus menjadi meradang dan membengkak.

Dream - Bersin-bersin, hidung berair dan mampet. Gejala tersebut kerap terjadi saat kita terkena flu. Kadang disertai rasa sakit di tenggorokan. Pada kondisi flu, biasanya keluhan tersebut akan mereda dengan sendirinya.

Bagaimana jika pilek berlangsung lama, bahkan semakin parah dan disertai sesak bahkan sakit kepala? Sahabat Dream patut curiga adanya infeksi pada sinus atau sinusitis.

" Infeksi sinus adalah infeksi virus atau bakteri dari rongga sinus yang terletak di pipi, antara mata, di atas alis, dan di belakang mata," kata Melynda Barnes, MD, asisten profesor bedah-otolaringologi di Yale School of Medicine.

Sinus adalah rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Ada di belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata.

" Saat terjadi infeksi, lapisan sinus menjadi meradang dan membengkak, dan kelenjar di dalam lapisan menghasilkan banyak lendir. Peradangan dan lendir sinus inilah yang menyebabkan keluhan yang sangat menganggu,” kata Dr. Barnes.

Kebanyakan infeksi sinus disebabkan oleh virus. Virus bisa menular karena dari banyak hal. Seringkali, infeksi sinus terjadi setelah pilek. Gejala khasnya adalah pilek yang parah dan lama lebih dari satu minggu.

Muncul nyeri di bagian mata, pipi, atas dahi. Saat ditekan di area tersebut terasa sangat sakit. Sakit kepala hebat dan batuk pada malam hari yang sangat menganggu. Segera periksakan diri ke dokter THT jika kamu mengalami gejala tersebut.

Sumber: Prevention

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa
Join Dream.co.id