Pertolongan Pertama Saat Kulit Terserang Alergi

Fresh | Rabu, 20 November 2019 14:12
Pertolongan Pertama Saat Kulit Terserang Alergi

Reporter : Cynthia Amanda Male

Segera periksakan diri ke dokter jika masalah kulit tak kunjung mereda.

Dream - Kulit gatal bisa sangat mengganggu produktivitas. Apalagi jika rasa gatalnya tak kunjung hilang dan membuat kulitmu kering, bahkan perih. Jika pernah mengalaminya, kemungkinan besar kamu menderita alergi atau Dermatitis Atopik (DA).

Tak seperti rasa gatal biasa, DA seringkali dijumpai dengan kondisi kulit kering untuk waktu yang sangat lama. Kondisi ini biasanya tak akan mereda dengan obat atau krim kulit biasa.

Pengidap DA atau alergi perlu menggunakan kelembapan ekstra atau obat dengan resep dokter agar bisa pulih. Ada langkah pertama untuk penanganan sementara, yaitu bisa menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak zaitun.

" VCO bisa, atau olive oil yang asli dan tidak wangi ya," kata dr. Anna Juniawati, spesialis kulit dan kelamin, dalam acara peluncuran Erha Skin Barrier Body Moisturizer di Kemanggisan, Jakarta Barat, Selasa 19 November 2019.

 

2 dari 7 halaman

Cara Produk yang Hipoalergenik

Setelah memakai VCO atau zaitun, baru kemudian gunakan pelembap. Cari yang tidak mengandung pewangi sintetis dan bersifat hipoalergenik.

Tips Memilih dan Memakai Sunblock Saat Cuaca Panas© MEN

" Tetap harus trial and error dalam memilih produk. Sekalipun hipoalergenik, tapi banyak brand yang dijual di pasaran. Jadi, dipilih hipoalergenik yang mana yang cocok," tuturnya.

Anna juga menyarankan untuk mengurangi makanan pemicu DA. Biasanya alergi dipicu oleh produk susu seperti keju, cokelat, yogurt atau bisa juga terigu.

3 dari 7 halaman

Naik KRL Setiap Hari? Jangan Lupa Merawat Kulit

Dream - Menggunakan transportasi umum untuk beraktivitas bagi sebagian orang jadi hal yang sangat praktis. Apalagi kini didukung transportasi online, sehingga perjalanan bisa lebih cepat dan nyaman.

Naik KRL Setiap Hari? Jangan Lupa Merawat Kulit© MEN

Salah satu transportasi umum favorit adalah kereta api. Harganya terjangkau dan waktu tempuhnya pun cukup cepat jika tak ada gangguan. 

Bagi Sahabat Dream yang suka naik kereta api, penting untuk memperhatikan kondisi kulit. Ada masalah kulit yang kerap terjadi pada mereka yang suka naik kereta.

Menurut Chelsee, seorang terapi facial, kulit wajah komuter bisa mengalami apa yang disebut dengan wajah kereta atau train face. Train face adalah kondisi kulit wajah yang kering dan pecah-pecah, mengalami penuaan dini, pori-pori tersumbat, bercak merah dan kulit kusam.

Perempuan yang sudah berpengalaman selama 23 tahun jadi pakar kulit wajah ini mengungkap tips cara mengatasi masalah train face ini. Salah satunya dia menyarankan komuter untuk melakukan perawatan kulit wajah yang menyeluruh secara rutin.

4 dari 7 halaman

Alasan Transportasi Umum Bisa Merusak Kulit

Chelsee mengatakan kondisi penumpang yang terlalu berdekatan di dalam transportasi umum menyebabkan partikel jahat lebih mudah untuk masuk ke dalam kulit.

" Partikel jahat di dalam transportasi umum ukurannya 20 kali lebih kecil sehingga bisa masuk ke pori-pori. Ini dapat merusak pelindung kulit alami hingga menyebabkan masalah seperti penuaan dini, penyumbatan pori-pori, hingga kulit kering yang membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya dengan sangat cepat," jelas Chelsee.

Ini yang terjadi jika wajah mengalami train face.© DailyMail

Lebih jauh Chelsee menjelaskan bahwa polusi di udara akan merusak kolagen. Menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak segar.

" Polusi udara menyebabkan pasokan oksigen ke dalam sel-sel kulit menjadi berkurang sehingga tidak bisa bekerja maksimal membentuk kulit baru," katanya.

5 dari 7 halaman

Cara Mencegah Train Face

Ada beberapa cara untuk mencegah train face yang disarankan Chelsee.

1. Meningkatkan perawatan kulit secara intensif

7 Manfaat Mengagumkan Facial yang Jarang Diketahui© MEN

Untuk mencegah train face, Chelsee menyarankan untuk melakukan perawatan kulit yang intensif. Seperti penggunaan krim tabir surya dengan SPF 50 dan serum Vitamin C dengan pelembab harian yang cukup.

Melakukan perawatan menyeluruh secara rutin merupakan suatu keharusan ketika sering bepergian setiap hari.

" Misalnya, menggunakan tabir surya SPF 50, serum Vitamin C dengan pelembab yang baik, masker dan melakukan pengelupasan kulit secara teratur. Selain itu, melakukan double cleansing pada malam hari," ujar Chelsee.

6 dari 7 halaman

2. Menggunakan produk anti-polusi

Hati-hati Beli Masker Wajah Asal Korea© MEN

Sebagai perlindungan saat melakukan perjalanan, cobalah untuk berinvestasi pada produk anti-polusi. Produk anti-polusi dibuat dengan formula terkonsentrasi yang mengandung antioksidan multi aksi yang kuat untuk melawan kerusakan kulit akibat kelebihan radikal bebas.

 

7 dari 7 halaman

3. Melakukan perawatan teratur di salon

facial wajah© shutterstock

Chelsee juga menyarankan untuk melakukan perawatan kulit secara teratur di salon, setidaknya setiap 3-4 minggu sekali.

Demikian tips untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik untuk mereka yang sering melakukan aktivitas menggunakan transportasi umum. (mut)

(Sumber: DailyMail UK)

Join Dream.co.id