Periksa Kebutuhan Cairan Sesuai Kondisi Tubuh

Fresh | Jumat, 4 Oktober 2019 19:48
Periksa Kebutuhan Cairan Sesuai Kondisi Tubuh

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan sampai muncu keluhan karena tubuh kekurangan cairan.

Dream – Kebutuhan cairan seringkali dikesampingkan, sampai muncul keluhan dan kita baru menyadarinya. Kondisi kulit jadi kering, bibir pecah-pecah, konsentrasi tidak fokus hingga urine yang sangat keruh.

Untuk itu penting bagi Sahabat Dream untuk selalu memenuhi kebutuhan asupan cairan setiap hari. Nah, mungkin banyak yang bingung bagaimana cara mengetahui kebutuhan cairan setiap harinya sesuai kondisi tubuh.

Bersamaan dengan peluncuran logo baru AQUA, Danone-AQUA menghadirkan Pojok Hidrasi Sehat di Farmers Market Summarecon Mall Serpong. Pojok Hidrasi Sehat ini adalah sebagai langkah nyata kebaikan yang akan diberikan Danone-AQUA yang bekerja sama dengan Farmers Market

“ Kita ingin memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Misalnya, dengan Pojok Hidrasi Sehat, kita ingin customer semakin mengerti dengan apa sih yang dimaksud hidrasi sehat. Jadi, gak hanya beli air karena perlu minum,” ujar Chief Merchandising & Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Maria Suwarni, di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Jumat, 4 Oktober 2019.

2 dari 6 halaman

Kalkulator Hidrasi

Instalasi menarik yang hadir dalam pojok ini adalah Kalkulator Hidrasi Digital yang dapat digunakan untuk menghitung kebutuhan hidrasi harian kita.

 Aqua© Dream

“ Di situ, konsumen bisa melihat bagaimana pentingnya hidrasi. Ada, Hydration Calculator. Jadi, nanti bisa masukkan umur, aktivitas, jenis kelamin, nanti akan keluar dalam sehari butuh berapa (cakupan hidrasi),” kata Brand Director Danone-AQUA, Intan Ayu Kartika.

Pojok Hidrasi Sehat ini dihadirkan terlebih dahulu di Farmers Summarecon Mall Serpong yang akan berpindah ke cabang lainnya selama dua bulan ke depan. Selain itu, dihadirkan pula Dropbox, yaitu tempat untuk membuang botol plastik bekas yang nantinya akan di daur ulang menjadi botol baru.

“ Kita tidak hanya kesehatan tapi juga peduli lingkungan. Karena bagaimana pun, planet kita sampai ratusan tahun ke depan harus tetap terjaga,” ujar Intan.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

3 dari 6 halaman

Pertanda Saat Tubuh Kekurangan Cairan, Kenali Sinyalnya

Dream - Menjalani ibadah puasa, Sahabat Dream jangan lupa memperhatikan sinyal tubuh. Salah satu keluhan yang kerap dialami adalah dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan.

Sebenarnya jika kamu sadari tubuh akan memberikan 'pemberitahuan' kalau merasa sedang membutuhkan konsumsi cairan.

 Khasiat Air Mineral Tersembunyi Bagi Tubuh© MEN

Ingat rumus 2-4-2. Minum dua gelas saat berbuka, dua gelas lagi sebelum tarawih, dua gelas sesudah salat lalu dua gelas saat sahur. Perbanyak juga konsumsi buah kata air seperti melon dan semangka.

Jika muncul tanda-tanda berikut, berarti kamu harus lebih banyak lagi minum air atau makan buah untuk memenuhi kebutuhan cairan.

- Kulit terasa kering

Coba sentuh kulit, jika terasa kasar dan kering, tubuh berarti kekurangan cairan. Cubit sedikit, jika tak langsung kembali dan kehilangan elastisitasnya, itu juga pertanda kekurangan cairan atau dehidrasi.

4 dari 6 halaman

Keluhan yang Muncul

- Urine kuning pekat

Saat buang air kecil, perhatikan warna urine. Jika kuningnya lebih pekat atau lebih gelap dari biasanya, itu pertanda kamu kurang banyak cairan. Warna urine yang normal kuning muda seperti air lemon.

 Air Mineral© MEN

- Jantung berdegup lebih kencang

Darah sebagian besar terdiri dari air, jadi ketika tubuh mengalami dehidrasi, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Efeknya adalah jantung berdebar atau harus bernapas lebih cepat. Ini adalah tanda-tanda dehidrasi. Cegah hal ini dengan minum air putih dalam jumlah yang tepat setiap hari.

- Merasa pusing

Jika cenderung merasa pusing ketika berdiri dengan cepat, saatnya untuk minum lebih banyak air. Dehidrasi dapat menyebabkan tekanan darah turun, efeknya adalah pusing, lemas hingga mual.

(Sah, Sumber: Taste of Home)

5 dari 6 halaman

Kenali Sakit Kepala Akibat Dehidrasi

Dream - Sakit kepala dapat ditimbulkan banyak penyebab. Salah satunya karena dehidrasi. Rasa sakitnya bisa relatif ringan atau lebih parah mirip migrain.

Dilaporkan Medical News Today, sakit kepala karena dehidrasi muncul karena kurangnya asupan cairan tubuh di saat padatnya aktivitas sehari-hari.

Sebagai gambaran, selama tubuh mengalami dehidrasi, otak mengalami suplai cairan elektrolit. Ini membuat mekanisme otak tertarik menjauhi otak. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit kepala.

 Doa Ini Dibaca Rasulullah Jika Sakit Kepala dan Demam© MEN

Untuk mengembalikan fungsi otak, butuh suplai cairan dan elektrolit. Setelah rehidrasi, otak terbentuk dan kembali ke kondisi normalnya, menghilangkan sakit kepala.

Seseorang yang mengalami sakit kepala ada baiknya mengurangi aktivitas fisik dan menghindari panas untuk mengurangi keringat. Semakin banyak keringat yang keluar akan membuat asupan cairan ke otak, berkurang.

Jika kamu merasa asupan cairan ke tubuh Selain itu, cara paling ampuh untuk menghilangkan dehidrasi yaitu menambah asupan cairan

6 dari 6 halaman

Buah Ini Usir Dehidrasi dari Tubuhmu

Dream – Tak hanya cuaca panas dan olahraga berlebihan yang sering kali bikin kita berkeringat dan kehilangan cairan. Dehidrasi juga dapat disebabkan dengan bekerja di bawah AC dan lupa minum air. 

Kekurangan cairan juga tak cukup dengan banyak minum tapi bisa diganti dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air. Dilansir laman The Eco Muslim, berikut ini sembilan buah yang bisa mencegah dehidrasi.

1. Semangka

Buah ini memiliki tingkat hidrasi mencapai 92 persen karena banyak mengandung air. Gula yang ada di dalamnya juga banyak mengandung magnesium, kalsium, sodium, dan potasium. Alhasil, semangka lebih efektif mencegah dehidrasi dibandingkan air biasa.

2. Jeruk

Jeruk memiliki tingkat hidrasi 87 persen. Vitamin C yang dikandung jeruk juga baik untuk kekebalan tubuh. Karena itulah, buah ini direkomendasikan setiap hari.

3. Buah berry

Tak hanya mengandung 92 persen air, buah ini mempunyai bahan antioksidan tinggi yang baik untuk mencegah penuaan dini. Vitamin C yang terkandung di dalamnya mampu membersihkan bakteri dan mengatur gula darah. Kamu bisa dapatkan kandungan ini pada strawberry, raspberry, dan blueberry.

4. Anggur

Semua jenis anggur mengandung cairan dan mempunyai antioksidan tinggi yang bernama rerveratol.

 Shutterstock© dream.co.id

5. Delima

Delima mampu memiliki tingkat hidrasi sampai 90 persen. Delima juga memiliki 30 kalori di setiap buahnya dan mengandung limonoids yang mampu menghilangkan racun dari tubuh serta mencegah kanker.

6. Air kelapa

Mengandung tingkat hidrasi hingga 95 persen, kandungan sodium dan karbohidratnya mampu menetralisir racun dalam tubuh.

7. Blewah

Blewah memiliki tingkat hidrasi hingga 89 persen. Selain itu, buah ini efektif menjaga gula darah agar tetap stabil dan menghasilkan energi.

8. Nanas

Selain mengandung air, nanas juga bersifat anti-peradangan.

9. Mangga

Tah hanya mencukupi cairan, mangga memiliki banyak vitamin yang membuat tubuh tetap bugar. Di setiap buahnya mengandung 135 kalori, serat, vitamin A, B6, dan vitamin C.

Itulah sembilan buah-buahan yang mampu mencegah dan mengatasi dehidrasi. Sahabat Dream bisa mengonsumsi dua atau tiga buah setiap hari.

Join Dream.co.id