13 Penyebab Kaki Bengkak, Saat Hamil atau Pada Lansia, Serta Cara Mengatasinya

Fresh | Selasa, 17 September 2019 14:36
13 Penyebab Kaki Bengkak, Saat Hamil atau Pada Lansia, Serta Cara Mengatasinya

Reporter : Sugiono

Berikut adalah berbagai penyebab kaki bengkak, baik saat hamil atau pada lansia, dan cara mengatasinya.

Dream - Salah satu kondisi yang membuat aktivitas sangat terganggu adalah kaki bengkak. Saat kaki bengkak tiba-tiba, kita tidak bisa melakukan apapun.

Dipakai berdiri saja sakit, apalagi jika kaki yang tiba-tiba bengkak tersebut digunakan untuk berjalan-jalan. Lebih tambah menyakitkan.

Kaki bengkak ini biasanya menyerang daerah punggung kaki. Namun tidak menutup kemungkinan kaki yang bengkak itu meliputi seluruhnya.

Dalam ilmu medis, kaki bengkak ini disebut dengan istilah Edema perifer. Yaitu sebuah kondisi kesehatan yang terjadi akibat adanya penumpukan cairan di bagian kaki atau pergelangan kaki.

Penumpukan cairan ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali jika kaki bengkak akibat mengalami cedera.

Penyebab kaki bengkak sebenarnya banyak. Namun, penyebab umum kaki bengkak akibat menderita penyakit ginjal dan jantung.

Sementara itu, kaki bengkak pada ibu hamil atau saat hamil adalah kondisi yang normal. Namun penyebab kaki bengkak saat hamil atau pada ibu hamil ini tetap perlu diwaspadai.

Untuk penyebab kaki bengkak pada lansia biasanya karena menderita penyakit seperti ginjal dan jantung. Yang perlu diwaspadai adalah penyebab kaki bengkak yang datangnya tiba-tiba.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 13 penyebab kaki bengkak, baik saat hamil atau pada lansia, dan cara mengatasinya.

13 Penyebab Kaki Bengkak, Baik Saat Hamil atau Pada Lansia, dan Cara Mengatasinya

1. Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Perlu diketahui bahwa kaki bengkak saat hamil atau pada ibu hamil adalah sesuatu yang normal. Pembengkakan pada kaki saat hamil karena pembuluh darah besar di pangkal paha mendapat tekanan dari janin dalam kandungan yang makin membesar. Karena itulah, wanita hamil akan mengalami pembengkakan kaki di bulan-bulan terakhir kehamilannya.

Meskipun demikian, kaki bengkak pada ibu hamil tetap harus diwaspadai. Terutama, ketika betis juga ikut bengkak hingga meninggalkan lekukan ketika ditekan. Jika kondisi ini terjadi di trimester ketiga kehamilan, ada kemungkinan ibu hamil tersebut mengalami preeklamsia.

Ibu hamil juga perlu hati-hati jika mengalami kaki bengkak sebelah kanan atau kiri saja serta betis memerah. Itu tandanya ada gumpalan darah di pembuluh darah. Sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

2 dari 11 halaman

2. Penyebab Kaki Bengkak Pada Lansia

Bagi yang lanjut usia, penyebab kaki bengkak biasanya akibat menderita penyakit berat, misalnya ginjal, jantung, atau hati. Ketika ginjal mengalami gangguan atau terjadi gagal ginjal, akan menyebabkan cairan menumpuk di kaki sehingga menyebabkan kaki bengkak.

 Waspadai Penyakit Mulut dan Gigi di Lanjut Usia

Penyebab kaki bengkak pada lansia lainnya adalah sirosis hati, yaitu adalah kondisi luka yang parah pada hati. Sirosis hati ini seringkali disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol atau infeksi (hepatitis B atau C). Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan sirkulasi yang buruk di kaki, pergelangan dan telapak kaki.

3 dari 11 halaman

3. Limfedema

Penyebab kaki bengkak berikutnya adalah Limfedema. Yaitu kondisi medis akibat gangguan pada pembuluh getah bening yang menghambat peredaran cairan pada kaki. Akibatnya, cairan menumpuk dan membuat kaki bengkak.

4 dari 11 halaman

4. Cedera atau Trauma

 Begini Cara Tepat Menangani Cidera Seperti Choirul Huda

Cedera menjadi penyebab kaki bengkak selanjutnya yang perlu diwaspadai. Cedera ini biasanya menyerang pada pergelangan kaki. Ketika pergelangan kaki cedera karena kecelakaan, olahraga, jatuh, dan lain sebagainya, ligamen (sebuah pita fleksibel yang menghubungkan tulang dengan tulang) akan merenggang melampaui batas normal. Ini akan menyebabkan kaki bengkak tiba-tiba.

5 dari 11 halaman

5. Infeksi

Penyebab kaki bengkak sering disebabkan karena infeksi. Biasanya kaki bengkak akibat infeksi dialami oleh penderita diabetes atau yang memiliki masalah saraf pada kaki. Jadi, jika Sahabat Dream menderita penyakit tersebut, sebaiknya memerhatikan kondisi kaki, terutama ketika terjadi lecet dan luka.

6 dari 11 halaman

6. Insufisiensi vena

Kondisi ketika darah tidak bisa bergerak naik dari pembuluh darah di kaki ke jantung juga bisa menyebabkan kaki bengkak. Kondisi seperti ini disebut dengan Insufisiensi vena. Jika tidak ditangani, Insufisiensi vena dapat menyebabkan borok kulit, infeksi, dan perubahan kulit.

7 dari 11 halaman

7. Pembekuan darah

Pembekuan darah di pembuluh darah di kaki bisa menyebabkan aliran darah dari kaki ke jantung terhambat. Ketika terjadi penumpukan darah beku di kaki, maka bisa memicu kaki bengkak.

8 dari 11 halaman

8. Thrombophlebitis

Jika terjadi peradangan pembuluh darah yang memengaruhi proses pembekuan darah maka bisa menyebabkan kaki bengkak secara tiba-tiba. Karena aliran darah di area tersebut melambat sehingga membentuk gumpalan kecil dalam pembuluh darah.

Peradangan pembuluh darah dapat menyebabkan area kulit tersebut terasa sakit, kemerahan, dan bengkak, terutama di lengan atau kaki.

9 dari 11 halaman

9. Sindrom nefrotik

Penyebab kaki bengkak berikutnya adalah Sindrom nefrotik. Ini adalah bentuk lain dari penyakit ginjal. Yaitu ketika ginjal mengeluarkan terlalu banyak protein dalam urin yang keluar dari dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan (edema), terutama pada kaki dan pergelangan kaki serta meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya.

10 dari 11 halaman

10. Efek samping obat

Penyebab kaki bengkak selanjutnya adalah penggunaan obat-obatan tertentu. Beberapa obat bisa menyebabkan kaki bengkak di antaranya obat diabetes, obat antiinflamasi non-steroid, obat antidepresan, obat steroid, obat untuk tekanan darah, dan penggunaan alat kontrasepsi oral.

11 dari 11 halaman

Kelebihan berat badan dan Melakukan aktivitas terlalu lama

11. Perubahan hormon

Penyebab kaki bengkak lainnya adalah pengaruh hormon. Wanita yang sedang dalam siklus menstruasi mungkin bisa mengalami kaki bengkak.

12. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan dapat menurunkan sirkulasi darah, menyebabkan penumpukan cairan di kaki, pergelangan dan telapak kaki

13. Aktivitas yang terlalu lama

Selain itu, penyebab kaki bengkak lainnya adalah berdiri terlalu lama. Mengendarai mobil atau melakukan perjalanan dengan pesawat dalam waktu lama juga bisa menjadi faktor pemicu bengkak pada kaki. Masalahnya kaki tidak dapat memompa cairan tubuh kembali ke jantung karena ototnya tidaklah aktif pada saat itu.

Demikian tadi 13 penyebab kaki bengkak, baik saat hamil atau pada lansia. Berikutnya adalah beberapa cara mengurangi kaki bengkak yang bisa dilakukan di rumah.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Ada beberapa cara mudah mengatasi kaki bengkak yang bisa dilakukan di rumah. Tujuannya untuk mengurangi risiko terjadinya pembengkakan pada kaki.

  1. Menurunkan berat badan yang berlebihan.
  2. Mengompres kaki yang bengkak dengan es batu yang dibalut handuk.
  3. Cukup dengan berbaring lalu angkat kaki ke atas.
  4. Mengurapi konsumsi garam.
  5. Memakai stoking kompresi yang biasa dipakai para atlet.
  6. Menghindari melakukan aktivitas terlalu lama, seperti duduk, jongkok, bersila, atau berdiri.
  7. Melakukan olahraga ringan yang menggerakkan kaki.
  8. Tidak memakai pakaian yang terlalu ketat, terutama pada bagian paha.
  9. Jika penyebab kaki bengkak akibat obat-obatan, jangan langsung berhenti mengonsumsinya tanpa seizin dokter. Kamu harus menemui dokter kembali untuk meminta alternatif obat.

Begitulah cara mengatasi atau mengurangi kaki bengkak yang bisa dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

{NATIVE VIDEO TOP}
Join Dream.co.id