Penyebab Bibir Jadi Kehitaman yang Sering Tak Disadari

Fresh | Minggu, 26 Januari 2020 15:02
Penyebab Bibir Jadi Kehitaman yang Sering Tak Disadari

Reporter : Mutia Nugraheni

Bibir yang kehitaman dipengaruhi oleh banyak faktor.

Dream - Banyak kaum hawa yang mengeluhkan warna bibir yang gelap dan cenderung kehitaman. Harapannya, bibir memiliki warna merah muda dan tampak kemerahan, sehingga penampilan wajah jadi lebih cantik dan segar.

Bibir yang kehitaman dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Setiap bibir memiliki warna dasarnya masing-masing.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan warna bibir menjadi kehitaman. Apa saja?

Sinar Matahari
Terpapar sinar matahari secara terus menerus membuat tubuh memproduksi melanin sehingga menyerap sinar ultraviolet. Hal ini merupakan cara kulit untuk melindungi dirinya.

Hal ini juga dapat membuat kulit dan bibir berubah jadi kehitaman. Penting untuk menggunakan sun protection, juga di bibir sehingga kulit terlindungi dari dampak negatif sinar matahari.

 

2 dari 5 halaman

Merokok

Nikotin dan benzpyrene dalam asap tembakau juga dapat mendorong adanya produksi melanin pada kulit.

 Menjaga Bibir Tetap Sehat Saat Puasa© MEN

 

Melanin ini kembali memicu perubahan warna pada bibir jadi lebih gelap. Memang, tidak secara langsung namun proses ini secara bertahap akan terjadi, karena adanya produksi melanin tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Obat-obatan

 Ragam Lipstik untuk Bibir Hitam© Dream

Beberapa obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Biasanya adalah obat-obatan antimalaria dan minocycline antibiotik oral. Namun umumnya, warna kulit akan kembali seperti semula setelah obat sudah tidak di konsumsi lagi.

Selengkapnya baca di sini


Laporan Mutia Wella L/ Sumber: Diadona.id

4 dari 5 halaman

Tips Mencegah Bibir Menghitam Akibat Lipstik

Dream - Bibir pucat bisa bikin penampilan kurang menarik. Nggak heran kalau banyak wanita mengandalkan lipstik untuk mempercantik bibir. Tapi tanpa disadari, lipstik menjadi salah satu penyebab bibir menghitam.

Hiperpigmentasi pada bibir disebabkan oleh pemakaian lipstik yang salah. Tak semua produk pewarna bibir mengandung bahan yang aman untuk bibir. Padahal, bibir merupakan salah satu anggota tubuh dengan kulit paling tipis.

" Lipstik biasanya membuat bibir jadi menghitam karena pasti terjadi reaksi kimia. Pada kasus parah dengan zat kimia berbahya bisa menyebabkan bibir gatal, iritasi dan gosong. Misalnya merkuri dan bahan iritan lainnya," kata dr. Maharani Prima, Dipl.AAAM.,CIBTAC, dokter estetika medik MP Skin Care di peluncuran Mahana Lip Cream, Jakarta, Kamis 23 Januari 2020.

 Maharani Prima© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Pastikan untuk memilih produk lipstik yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanannya terjamin. Selain itu, ada juga perawatan khusus untuk jenis lipstik tertentu. Misalnya lipstik matte yang punya formula tahan lama dan sangat pekat.

" Matte lipstick itu kan sifatnya kering di bibir, jadi agar bibir tetap fresh harus dibersihkan dengan lip remover. Kalau tersisa noda bisa bikin kering dan menghitam," tegasnya.

5 dari 5 halaman

Tata Cara Memakai Lipstik yang Tepat

Setelah menggunakan lipstik seharian, jangan lupa untuk membersihkan bibir dengan memakai lip remover. Hindari memakai makeup remover yang tidak dirancang khusus untuk bibir.

Sahabat Dream bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitu sebagai pengganti lip remover. " Setelah itu gunakan lip balm sebelum tidur," kata dr. Maharani.

 Mahana Cosmetic© Instagram Mahana Cosmetic

Foto: Instagram Mahana Cosmetic

Jangan lupa perhatikan umur produk. Tanggal kadaluwarsa kosmetik biasanya berlaku sampai enam sampai dua belas bulan usai produk dibuka. Memakai produk kosmetik yang telah kadaluwarsa bisa memicu reaksi alergi bibir.

Agar bibir lebih terjaga, Sahabat Dream juga bisa memakai lipstick yang juga diformulasikan sebagai skincare. " Salah satu kandungan yang ada di dalam Mahana Lip Cream adalah vitamin E. Selain untuk mempercantik bibir, tapi juga untuk merawat dan menyegarkan bibir agak tidak kering dan menghitam," ujarnya

Join Dream.co.id