Pentingnya Bijak Memilih Asupan Rendah Gula untuk Menghindari Gangguan Kesehatan

Fresh | Sabtu, 13 November 2021 07:01

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Asupan gula berlebih dapat memicu beragam gangguan kesehatan, bijaklah memilih asupan dan kadar gula

Dream - Makanan dan minuman manis memang banyak disenangi, terutama anak-anak. Rasa manis ini pada umumnya muncul dari laktosa, glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Kandungan gula ini sebenarnya dibutuhkan tubuh namun kuantitasnya harus diperhatikan dan sebaiknya tidak berlebihan.

 Milo© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Gula penting sekali sebenarnya untuk sumber energi, namun tidak lebih dari 2-3 sendok makan per hari sesuai anjuran WHO,” jelas Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFOK pada peluncuran virtual Milo Less Sugar pada 11 November 2021.

Mengonsumsi gula lebih dari 50 gr per hari membuat gula menumpuk di dalam tubuh menjadi lemak. Tidak hanya menjadi timbunan lemak, tapi juga memicu berbagai risiko penyakit hipertensi, stroke, diabetes, hingga serangan jantung.

Pentingnya Bijak Memilih Asupan Rendah Gula untuk Menghindari Gangguan Kesehatan
Sumber Foto: Shutterstock
2 dari 3 halaman

Kelebihan Gula

Selain memicu beragam penyakit, mengonsumsi gula yang berlebihan juga akan menganggu kekuatan gigi.

 Milo© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Asupan gula yang tinggi bisa mempengaruhi kekuatan gigi dan mengganggu enamel gigi yang membuat gigi keropos,” tambah dr. Putri.

Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk mengatur asupan gula dan gizi anak sejak dini sesuai dengan kebutuhannya, karena pola makan yang tidak seimbang serta mengonsumsi gula secara berlebihan akan berdampak pada masa depan anak.

“ Selain gula dan gizi, orang tua juga harus memperhatikan aktivitas fisik anak agar tetap seimbang, mengingat saat ini pembatasan kegiatan di luar rumah menjadi tantangan yang dihadapi selama pandemi,” tambah dr. Putri.

3 dari 3 halaman

Perhatikan Informasi Gizi

Penting bagi kita untuk meningkatkan kesadaran dan mulai memperhatikan informasi gizi yang tertera pada produk terutama kandungan gula sebelum membeli. Pilihlah produk dengan kandungan gula yang rendah dan sesuai dengan anjuran WHO.

Mendukung masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula, Milo Less Sugar hadir tanpa penambahan gula pasir. Ini menjadi salah satu pilihan lebih sehat dan lezat bagi keluarga Indonesia, karena memiliki gizi dari ekstrak malt (barli), susu dan juga bubuk kakao untuk bantu penuhi kebutuhan gizi harian dalam mendukung aktivitas.

 milo© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Segelas MILO Less Sugar juga mengandung protein yang membantu membangun, dan memperbaiki jaringan tubuh, serta sebagai sumber serat,” jelas Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia, Eka Herdiana pada kesempatan yang sama.

Peluncuran ini merupakan wujud nyata Milo untuk menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang.

“ Kami berharap MILO Less Sugar dapat menghadirkan pilihan untuk membantu orang tua dalam mengatur konsumsi gula harian anak,” jelas Business Executive Officer Beverages Business Unit PT Nestlé Indonesia, Mirna Tri Handayani pada kesempatan yang sama.

Join Dream.co.id