Pengobatan dan Obat yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Fresh | Rabu, 18 Maret 2020 19:12
Pengobatan dan Obat yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Reporter : Cynthia Amanda Male

Beliau menganjurkan beberapa obat serta pengobatran agar segera sehat kembali.

Dream - Saat terkena penyakit, cara mendapatkan kesembuhan adalah dengan melakukan pengobatan. Tentu saja ikhtiar yang dilakukan manusia itu harus dibarengai denan tawakal dengan memohon penyembuhan kepada Allah SWT. 

Di masa Rasulullah, banyak umatnya yang kerap kali terserang sakit. Kemudian Beliau menganjurkan beberapa obat agar mereka segera sehat kembali.

Berikut adalah obat dan pengobatan yang dianjurkan Rasulullah:

Kompers dengan air

Ketika menderita sakit panas atau demam, Rasulullah menganjurkan diobati dengan dikompers dengan air. Dari Ibnu Umar, Rasulullah bersabda, " Panas demam itu berasal dri didihan api neraka Jahanam. Karena itu dinginkan panasnya dengan air" . (HR Bukhari dan Muslim).

Ruqyah

Ummu Salamah, istru Rasulullah SAW bercerita, Rasulullah berkata tentang budak perempuan berada di rumah Ummu Salamah. wajah budak itu terdapat bercak hitam sisa perubahan warna kulit. Beliau bersabda, " Dia terkena penyakit karena pandangan mata hasud, maka mintakanlah bacaan ruqiyah baginya" . Beliau bermaksud agar kulit wajah budak tersebut kuning kembali. (HR Muslim).

Aisyah bercerita, Jibril meruqiyah Nabi Muhammad ketika sakit dan berdoa, " Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku meruqiyahmu dari segala sesuatu yang menyakitimu, dan dari keburukan hasudnya orang-orang yang hasud dengan matanya" . (HR Muslim dan Ahmad).

Selain itu, Aisyah juga berkisah jika mereka sakit maka Rasulullah membaca Muawwidzat (surah Al falaq dan An Nas0 lalu meniupkannya (kemudian mengusap wajah dan tubuhnya). (HR Bukhari).

 

2 dari 4 halaman

Bekam

Diriwayatkan Ibnu Abbas mengatakan, bahwa Rasulullah dalam keadaan berihram Beliau dibekam di bagian kepalanya karena merasa sakit di bagian tersebut. (HR Bukhari).

Selain itu, Anas bin Malik ditanya tentang penghasilan seorang pembekam, dia menjawab " Rasulullah SAW pernah berbekam, beliau dibekam oleh Abu Thaibah diberi dua sha makanan dan berbicara kepada keluarganya, lalu mereka mengurangi sebagian dari pajaknya. Kemudian Beliau bersabda, " Sebaik-baik obat yang kamu gunakan adalah berbekam" . (HR Bukhari dan Muslim).

3 dari 4 halaman

Minum Madu

Abu Said Al Khudri berkisah, seorang laki-laki menemui Rasulullah SAW untuk memberitahu kondisi saudaranya yang sakit perut dan diare.

Rasulullah bersabda, " Berilah dia minum madu" . Lalu, dia kembali menemui Rasulullah dan berujar " Wahai Rasulullah SAW, saya sudah memberinya madu namun malah bertambah diare" . Rasulullah pun berkata, " Beri dia minum madu" . Sahabat itu lagi-lagi menemui Nabi SAW dan berkata, " Wahai Rasulullah SAW, saya sudah memberinya madu lagi namun malah bertambah diare" .

Rasulullah pun bersabda, " Allah itu benar dan perut saudara kamu sudah bohong. Berikanlah dia madu" . Sahabat tersebut kembali memberikan madu, dan saudaranya pun sembuh. (HR Tirmidzi).

 

4 dari 4 halaman

Minum Habba Sauda

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, " Sesungguhnya pada Habba Sauda (jintan hitam) itu terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali kematian" . (HR Bukhari dan Muslim).

(Sumber: Merdeka.com/Desi Aditia Ningrum)

Join Dream.co.id