Pengertian, Tanda-tanda, Cara Mengatasi dan Mencegah Insecure

Fresh | Senin, 26 Oktober 2020 11:55
Pengertian, Tanda-tanda, Cara Mengatasi dan Mencegah Insecure

Reporter : Arini Saadah

Kondisi mental dengan merasa cemas yang terlampau berlebih adalah tanda bahwa kamu sedang mengalami insecure.

Dream – Sesekali Sahabat Dream merasakan ketakutan dan cemas adalah hal yang wajar. Dalam kehidupan sehari-hari merasa cemas merupakan hal biasa.

Akan tetapi jika kamu terus-menerus merasakan kecemasan yang berlebihan, sebaiknya kamu mulai memerhatikan kondisi mentalmu.

Kondisi mental dengan merasa cemas yang terlampau berlebih adalah tanda bahwa kamu sedang mengalami insecure.

Kamu akan sangat hati-hati banget untuk melangkah melakukan sesuatu. Bahkan kamu sering curiga dengan lingkungan sekitarmu.

Lantas bagaimana tanda-tanda orang mengalami insecure? Kemudian bagaimana cara mengatasinya?

Kali ini Dream akan mengulas pengertian insecure, tanda-tandanya, hingga cara mengatasinya, melansir dari Halodoc dan Dosen Psikologi. Berikut ulasannya: 

2 dari 8 halaman

Apa Pengertian Insecure?

Ilustrasi© Pixabay

Dalam ilmu psikologi, arti insecure adalah emosi yang terjadi bila seseorang menilai dirinya inferior dari orang lain.

Jika kamu mengalami insecure, kamu akan merasa tidak aman, merasa malu, selalu merasa bersalah, merasa rendah, dan merasa kekurangan.

Biasanya semakin kamu merasa tidak percaya diri, semakin besar rasa insecure yang ada di dalam pikiran.

Hasilnya, kamu jadi takut berhubungan dengan orang lain. Padahal berinteraksi dengan orang lain sangat diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

Rasa malu dari pribadi yang insecure bisa disebabkan oleh warna kulit, berat badan, dan kekurangan fisik lainnya, atau berkaitan dengan kemampuan mengendalikan emosi di dalam diri kita.

Hal inilah yang membuat  seseorang merasa canggung, malu, takut, dan merasa rendah dari orang lain.

3 dari 8 halaman

Mengenali Tanda-tanda Orang Insecure

Banyak orang mengalami insecure, namun tidak menyadari bahwa dirinya merasa insecure. Karena rasa cemas dan takut sangat umum dirasakan oleh siapapun. Maka dari itu, Sahabat Dream perlu mengenali tanda-tanda orang insecure di bawah ini, melansir dari Halodoc.

Ilustrasi Hijab cantik© Ilustrasi Hijab cantik (Foto: Shutterstock)

Merasa Rendah Diri

Tanda yang paling menonjol dari jiwa yang insecure adalah merasa rendah diri. Hal disebabkan karena seseorang kurang mengenal dirinya sendiri, dan kurang mencintai dirinya sendiri.

Sebaiknya jika kamu merasa rendah diri, kamu harus mengenali diri kamu, kemampuanmu, dan cintailah dirimu apa adanya. Karena sejatinya setiap orang memang memiliki kekurangan dan kelebihan. Jika kondisi ini terus berjalan, akan menyebabkan gangguan psikologis pada kesehatan kamu.

 Mengalami Ketakutan yang Berlebihan

Seseorang yang mengalami insecure juga akan mengalami ketakutan yang berlebihan. Ketakutan ini berupa kecemasan yang berlebihan akan sesuatu hal, bahkan hal-hal yang kecil sekalipun, yang sebenarnya tidak perlu ditakuti.

Rasa takut pada diri seseorang memang wajar, akan tetapi seseorang perlu melakukan control dan memikirkan solusi untuk ketakutan yang dialami.

 Tidak Mau Keluar Dari Zona Nyaman

Orang yang memiliki insecure, akan selalu nyaman dengan zona nyaman. Hal ini disebabkan ketakutan dan kecemasan yang berlebihan, sehingga dia tidak berani menghadapi tantangan. Sehingga orang insecure akan sangat enggan untuk keluar dari zona nyaman itu.

 Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Tanda-tanda orang yang insecure selanjutnya adalah ketika seseorang sangat sering membandingkan diri mereka dengan orang lain. Mereka selalu merasa bahwa kehidupan orang lain selalu lebih baik dari dirinya. Sehingga ia merasa bahwa kehidupannya-lah yang paling buruk.

4 dari 8 halaman

Penyebab Insecure

Ilustrasi© Freepik

 

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari insecure, diantaranya:

Temperamen

Kualitas kepribadian bawaan dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap kecenderungan insecure. Ini bisa termasuk introversi vs ekstroversi dan menjadi reaktif vs tenang.

Orang tua 

Orang tua memainkan peran penting dalam tahun-tahun pembentukan anak. Orang tua yang terlalu kritis dan memiliki harapan terlampau tinggi dapat membuat seorang anak merasa rendah diri atau gagal sejak usia sangat dini. Hal ini tentu dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.

Bullying

Seseorang yang kerap mendapat tindakan bullying akan sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan dirinya. Mereka yang terkena bullying lebih sering menyendiri, sehingga kehidupan sosialnya pun cenderung tertutup.

Citra tubuh

Standat kecantikan yang diterapkan di masyarakat luas, membuat seseorang yang tidak memenuhi standar tersebut merasa insecure.

Kegagalan hidup 

Rasa frustrasi dalam hidup tidak mendukung kepercayaan diri. Perceraian, kehilangan pekerjaan, dan tujuan yang tidak terpenuhi dapat membuat seseorang merasa rendah diri terhadap orang-orang sukses di sekitarnya.

Trauma

Pengalaman traumatis dapat dengan cepat menghilangkan rasa aman dalam diri. Mereka yang mengalami gangguan stres pascatrauma (PTSD) sering kali takut untuk menghidupkan kembali pengalaman dan perasaan tertekan yang ditimbulkannya. Penarikan diri dan pengucilan ini dapat membuat mereka merasa rendah diri dan kurang terhubung dengan orang lain.

 

5 dari 8 halaman

Jenis-Jenis Insecure

 

Menurut Psychology Today, ada tiga jenis insecure yang umum dialami oleh seseorang, yaitu:

Ilustrasi© Freepik

Insecurity karena kegagalan atau penolakan

Kegagalan atau penolakan yang terjadi dalam hidup dapat mengurangi rasa percaya diri. Hal tersebut dapat membuat penilaian kemampuan terhadap diri sendiri menjadi berkurang.

Insecurity karena kecemasan sosial

Kehidupan sosial seseorang sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan dirinya. Akibatnya, seseorang mungkin menghindari situasi sosial, mengalami kecemasan saat mengantisipasi acara sosial, atau merasa tidak nyaman saat proses sosialisasi berlangsung.

Insecurity yang didorong oleh perfeksionisme

Rasa ingin memperlihatkan diri dalam versi terbaik menjadi salah satu faktornya. Bila, hal tersebut nyatanya tidak dapat dipenuhi akan membuat diri merasa minder atau rendah diri.

6 dari 8 halaman

Cara Mengatasi Insecure Terhadap Diri Sendiri

Ilustrasi© Pixabay

Merasa insecure sangatlah tidak baik untuk kesehatan mental, karena hal ini akan berdampak pada hubungan sosial yang dijalani oleh seseorang.

Untuk menghindarinya, kamu perlu melakukan beberapa tips di bawah ini. Berikut cara mengatasi insecure terhadap diri sendiri:

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Cara mengatasi insecure yang pertama adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri. Percaya dirimu akan terbangun jika kamu mengenali dirimu sendiri. Maka dari itu mulailah untuk menyelami ke dalam dirimu yang lebih dalam. Jika kamu mengetahui kemampuan dan kamu bisa mengendalikannya, maka rasa percaya diri itu akan tumbuh dalam dirimu.

Stop Menghakimi Diri Sendiri

Pikiran negatif yang berlebihan tentang kualitas diri yang buruk berdasarkan penilaian kamu sendiri akan membuatmu terjebak dalam insecure.

Lebih baik kamu fokus untuk memperbaiki diri sendiri, bukan malah fokus menghakimi diri sendiri. Karena jika kita merasa buruk, maka tugas kita adalah bagaimana memperbaikinya dan berdamai dengan diri sendiri.

7 dari 8 halaman

Cara Mengatasi Insecure Selanjutnya

Ilustrasi Hijab Cantik© Ilustrasi Hijab Cantik (Foto: Shutterstock)

Pilih Lingkungan dengan Suasana Baik

Supaya kamu terhindar dari perasaan insecure, kamu harus memilih lingkungan dengan suasana yang baik. Lingkungan yang bisa membangun rasa percaya diri kamu akan membantumu membangun body image kamu supaya terhindar dari perasaan insecure.

Minta Masukan Dari Orang Lain

Jangan takut untuk selalu meminta pendapat dan masukan dari orang lain. Karena kamu sendiri tiak selalu mengenal dirimu. Dan orang lain lah yang bisa menilai diri kamu. Dari situ kamu akan mendapatkan masukan untuk menghindari hal-hal yang membuatmu menjadi insecure.

Ketahui Kondisi Dinamika Keluarga

Keluarga adalah tempat kamu belajar banyak hal yang pada akhirnya akan berpengaruh hingga dewasa. Beberapa keluarga akan memperkokoh kehidupan seseorang sewaktu dewasa, namun beberapa yang lain akan menjadi tantangan yang luar biasa. Rasa insecure bisa muncul dari hubungan yang Sahabat Dream alami dalam keluarga. Dan itu akan memengaruhi bentuk-bentuk hubungan yang kamu cari di masa dewasa.

Melakukan Eksplorasi Terhadap Hubungan Pertemanan

Teman menjadi tempat berlabuh dari segala permasalahan hidup selain dari keluarga. Seseorang akan menjadi lebih dekat dengan teman-temannya daripada dengan anggota keluarganya. Akan tetapi, jika kamu memiliki rasa insecure yang berlebihan, kamu akan sulit menjalani hubungan dengan teman-temanmu.

Maka dari itu, kenali teman-temanmu, dan tunjukkan empati kepada mereka supaya hubungan pertemanan kamu lebih kuat. Setiap orang pastinya membutuhkan dukungan yang suportif dari orang terdekat seperti, teman, sahabat, pacar, yang mana bisa menumbuhkan lagi rasa percaya diri kamu.

8 dari 8 halaman

Cara Mencegah Insecure Terhadap Diri Sendiri

Ilustrasi© halodoc

Lawan Dengan Pikiran Positif

Cara mencegah insecure yang ada di dalam diri kamu sendiri bisa kamu lakukan dengan syarat kemauan yang kuat. Lawan pikiran negatifmu dengan pikiran-pikiran yang positif.

Temukan Kelebihan Yang Kamu Miliki

Setiap orang pasti memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Maka dari itu temukan kelebihan yang kamu miliki. Jangan selalu fokus pada kekurangan diri, akan tetapi fokuslah untuk memperbaiki kekurangan itu.

Konsultasikan ke Professional

Jika kamu sudah tak mampu mengatasi sendiri, maka konsultasikan dengan orang terdekat yang kamu percaya. Kamu juga bisa mengkonsultasikannya kepada psikolog dan juga dokter.

Itulah pengertian, tanda-tanda, cara mengatasi dan cara mencegah insecure yang terjadi pada diri seseorang. Akan tetapi jika kamu sudah tidak mampu lagi mengatasinya, kamu bisa meminta bantuan professional seperti psikolog dan dokter untuk membantumu.

Karena jika tidak diatasi, itu akan menimbulkan masalah gangguan kesehatan mental. Percayalan Sahabat Dream, dengan kemampuan yang kita miliki, dan usaha untuk memperbaiki diri sendiri, kita semua bisa setara dan bahkan lebih mampu dari orang lain.

Join Dream.co.id