Penelitian: Minum Alkohol Bisa Bikin Bodoh

Fresh | Rabu, 25 Februari 2015 07:02
Penelitian: Minum Alkohol Bisa Bikin Bodoh

Reporter : Ahmad Baiquni

Seorang peneliti, Sara Sjolund mendapat temuan penurunan IQ sebanding dengan tingkat konsumsi alkohol.

Dream - Terlalu banyak mengonsumsi alkohol ternyata memiliki dampak jangka panjang. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan konsumsi alkohol bisa berakibat turunnya tingkat kecerdasan.

Mengutip jurnal kesehatan terbitan Stockholm's Karolinska Institute berjudul Alkoholisme: Penelitian Klinis dan Ekperimen'. Penelitian dalam artikel tersebut melibatkan responden sebanyak 50.000 orang Swedia dengan pelbagai latar belakang ekonomi, status sosial, dan pendidikan.

Hasilnya menunjukan kecenderungan sebagian besar responden memiliki masalah dengan alkohol. Hal itu turut menyumbang menurunnya tingkat kecerdasan atau IQ seseorang.

" Kajian ini mencakup populasi yang umum, kecerdasan mungkin muncul setelah perilaku, dalam kasus ini, konsumsi alkohol dan pola minum saat akhir remaja," ujar Pakar Kesehatan Masyarakat institut tersebut, Daniel Falkstedt, seperti dikutip Dream.co.id dari dailymail.co.uk, Rabu, 25 Februari 2015.

Seorang peneliti, Sara Sjolund membenarkan temuan penurunan IQ sebanding dengan tingkat konsumsi alkohol. Dirinya berharap hasil penelitian yang sudah dilakukannya bisa menjadi acuan bagi pilihan gaya hidup sehat.

Tak cuma penurunan kecerasan, penelitian ini juga menemukan kecenderungan pesta minuman keras menimbulkan kecenderungan buruk di sekolah, perilaku seks yang beresiko, memakai narkoba, hingga memicu tindakan bunuh diri.

Di Inggris, para dokter menyarankan pria tidak mengonsumsi alkohol lebih dari setengah gelas bir. Sedangkan bagi wanita, disarankan untuk mengonsumsi alkohol tidak lebih dari dua gelas wine ukuran 125 ml.

 

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id