Sarapan Es Krim atau Air Dingin Bikin Otak Lebih Cepat Bekerja?

Fresh | Jumat, 4 Oktober 2019 16:15
Sarapan Es Krim atau Air Dingin Bikin Otak Lebih Cepat Bekerja?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kabar baik bagi para pecinta es krim atau minuman dingin. Tapi baca selengkapnya dulu ya.

Dream - Siapa yang tidak suka es krim? Camilan manis ini selalu jadi sajian penutup favorit bagi banyak orang. Di saat cuaca terik seperti saat ini, menu es krim pasti jadi andalan untuk mengusir rasa panas.

Namun tak semua orang suka dengan es krim. Ini terutama terjadi pada mereka yang sedang melakukan diet karena menghindari penganan yang mengandung banyak gula.

Tapi, tahukah Sahabat Dream kalau mereka yang menyantap es krim untuk sarapan cenderung lebih pintar?

Terdengar kurang meyakinkan namun sebuah penelitian di Kyorin University Tokyo membuktikan hal tersebut.

2 dari 5 halaman

Mengapa Orang yang Makan Es Krim Saat Sarapan Terbukti Lebih Pintar?

Es krim diklaim mampu membangunkan otak terutama saat dikonsumsi setelah bangun tidur. Otakmu akan kaget dan langsung bekerja aktif setelah gigitan pertama es krim masuk dalam mulutmu.

Makanan dingin ini juga meningkatkan kapasitas mentalmu. Jadi, mengonsumsi es krim setelah bangun tidur bisa meningkatkan kerja otak dan kesehatan mental.

 shutterstock

3 dari 5 halaman

Apa Hasil Penelitian Tersebut?

Para peneliti di Universitas Kyorin, Tokyo telah melakukan beberapa percobaan untuk memberikan bukti tersebut. Mereka membagi kelompok objek penelitian ke dalam dua bagian. Satu kelompok partisipan diberi es krim setelah bangun di pagi hari. Sedangkan kelompok lainnya tidak diberi.

Hasilnya, partisipan yang menyantap es krim saat bangun di pagi hari cenderung memiliki performa dan kondisi mental lebih baik sepanjang hari daripada yang tidak diberi es krim.

 shutterstock

Namun, penelitian ini ditantang beberapa orang yang mengatakan jika hal itu terjadi karena efek dingin dari es krim. Sehingga membuat otak terkejut dan menjadi waspada secara mental.

Para peneliti melakukan percobaan lain, kali ini dengan air dingin. Setelah tes, ternyata partisipan yang diberi air dingin setelah bangun tidur juga tampil lebih baik tetapi tidak sebanyak yang diberikan es krim.

4 dari 5 halaman

Bagaimana dengan yang Tidak Sarapan?

Meski hasil penelitian menunjukan bukti orang yang sarapan es krim cenderung lebih cepat teransang otaknya, kamu tetap harus memperhatikan kadar gula pada es krim yang dikonsumsi.

Menurut seorang peneliti psikologi nutrisi terkenal, makanan yang mengandung kadar gula tinggi secara signifikan meningkatkan kapasitas mental, dibandingkan dengan tidak makan sama sekali.

Apalagi, es krim diklaim dapat meningkatkan suasana hati.

5 dari 5 halaman

Es Krim Berkadar Gula Tinggi

Jumlah tambahan kalori dalam bentuk gula bukanlah hal yang baik. Dinginnya es krim dan kadar gula mungkin membuatmu bersemangat, tetapi kesehatanmu dalam jangka panjang akan sedikit terganggu.

Semakin sedikit gula yang dikonsumsi, semakin rendah risiko obesitas atau penyakit jantung lainnya.

 shutterstock

Mengesampingkan semua fakta, jika kamu ingin pergi ke wawancara kerja yang penting, presentasi atau kencan, jangan berpikir tentang hal lain. Satu sendok penuh kebahagiaan manis ini tidak akan membahayakan siapa pun.

(Sah, Sumber: Times of India)

Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir
Join Dream.co.id