Pemakaian Sabun Mandi di Area Kulit Sensitif

Fresh | Selasa, 24 September 2019 09:36
Pemakaian Sabun Mandi di Area Kulit Sensitif

Reporter : Cynthia Amanda Male

Termasuk pada kulit kelamin

Dream - Beberapa area kulit memiliki sensitivitas. Buat bagian kulit yang lebih sensitif diwajibkan untuk kamu merawat lebih ekstra, termasuk pada kulit kelamin.

Banyak sabun yang diperuntukkan khusus area tersebut agar terhindar dari jamur maupun bakteri. Padahal menurut Spesialis Kulit dan Kelamin, Inneke Jane, area kelamin tidak membutuhkan perawatan maupun sabun tertentu.

" Sebenarnya nggak perlu perawatan khusus karena Tuhan sudah menciptakan sedemikian rupa sehingga ada bakteri, jamur dan kelenjar tertentu yang kalau jumlahnya seimbang, area kelamin akan tetap normal," ujar Inneke di Youth & Beauty Clinic, Jakarta Selatan, Senin 23 September 2019.

2 dari 6 halaman

Jangan Berlebihan

Kondisi kulit kelamin mulai tidak seimbang ketika lembap dan jamurnya semakin banyak, atau saat area tersebut terlalu bersih serta bakterinya mati.

Oleh karena itu, disarankan untuk tetap membersihkan area kelamin dengan cara yang tidak berlebihan agar tetap lembap.

" Untuk membersihkannya nggak ada yang khusus sih. Ada yang enggak pakai sabun sama sekali, dibersihkan doang. Pakai sabun mandi juga nggak apa-apa, asal enggak perih atau terlalu over," tuturnya.

 shutterstock

3 dari 6 halaman

Celana Dalam yang Serap Keringat

Selain membersihkan secara teratur, pemakaian celana dalam maupun pantiliner juga harus diperhatikan. Penggunaan pantiliner secara berlebihan juga tidak bagus.

" Dokter selalu mengingatkan untuk pakai celana dalam yang menyerap keringat, tapi kalau dilapisi pantiliner kan enggak menyerap," pungkas Inneke.

 shutterstock

4 dari 6 halaman

Cegah Kulit Kering dengan 3 Tips Mandi

Dream - Cuaca lembap serta dingin, terkadang membuat tubuh terasa kurang nyaman dan ingin segera mandi air hangat.

Walau mandi air hangat terasa sangat nyaman, tapi hal tersebut bisa mengurangi kelembapan kulit. Apalagi ditambah dengan udara dingin yang menyebabkan kulit makin mengering.

Supaya terhindar dari kulit kering, berikut tips menjaga kelembapan tubuh yang dilansir Dream dari Times of India.

5 dari 6 halaman

Mengganti Sabun

Daripada sabun batangan, sabun cair lebih lembut untuk kulit. Sabun cair mengandung bahan yang melembapkan dan tidak membuat kulit mengering seperti memakai sabun batangan.

 shutterstock

Kamu tidak harus membeli sabun di pasaran. Campuran tepung kacang dan susu juga bisa digunakan untuk mandi. Bilaslah sebelum campurannya mengering.

6 dari 6 halaman

Memijat kulit dengan Oil Sebelum Mandi

Gunakan minyak kelapa, minyak zaitun, mustard oil atau almond di seluruh tubuh 30 menit sebelum mandi. Hal ini bisa mencegah keringnya kulit dan kamu tidak perlu menggunakan krim pelembap.

 shutterstock

Menggunakan Susu

Sebagian orang tidak ingin menggunakan susu untuk perawatan kulitnya karena kemungkinan besar akan dibutuhkan dalam jumlah banyak dalam sekali pakai.

 shutterstock

Tapi, kamu tidak perlu menggunakan sekotak susu setiap mandi. Kamu hanya perlu memakainya pada kulit dan gosok perlahan agar kulitmu cerah dan lembap.

Selamat mencoba, ya!

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id