Pakar UGM Sebut Ada Gejala Ringan Covid-19 yang Jarang Disadari Masyarakat

Fresh | Kamis, 17 September 2020 16:24
Pakar UGM Sebut Ada Gejala Ringan Covid-19 yang Jarang Disadari Masyarakat

Reporter : Ulyaeni Maulida

Malaise menyebabkan seseorang merasa lelah tanpa sebab tertentu.

Dream – Saat virus covid-19 bersarang di tubuh seseorang biasanya timbul gejala-gejala yang menyertainya. Beberapa gejala umum yang diketahui masyarakat seperti demam, batuk, tenggorokan gatal, dan gejala ringan lainnya.

Namun tak banyak orang yang menyadari gejala ringan Covid-19 seperti malaise. Malaise adalah perasaan tidak nyaman, pegal-pegal, dan lelah tanpa alasan yang jelas. Tubuh seperti kekurangan energi untuk beraktivitas atau melakukan interaksi.

“ Malaise ini muncul sebagai respons imun tubuh melawan infeksi,” ungkap Dokter spesialis THT Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Anton Sony Wibowo, Sp.THT-KL, M.Sc., FICS.

2 dari 3 halaman

Perbedaan malaise dan fatigue

Ilustrasi© Dream

Ia menambahkan malaise tidak hanya muncul pada covid-19. Namun, juga pada penyakit lain yang disebabkan adanya infeksi.

Malaise sering disamakan dengan fatigue. Namun, nyatanya diantara keduanya memiliki ciri yang cukup signifikan.

“ Kalau fatigue lebih cenderung terkait fisik,” jelas dr. Anton.

Malaise merupakan respons imun terhadap suatu penyakit. Sedangkan fatigue lebih kearah kelelahan akibat penyakit tertentu seperti animea, diabetes, dan lainnya.

3 dari 3 halaman

Kapan harus ke dokter?

Ilustrasi© Dream

Namun, Anton juga mengungkapkan seseorang yang merasakan gejala malaise hanya perlu melakukan pemeriksaan bila disertai dengan gejala covid-19 yang lain. Terlebih bila pernah melakukan kontak dengan pasien covid-19.

“ Apabila merasa mengalami malaise dan ada gejala lain atau ada riwayat kontak erat dengan pasien covid-19, sebaiknya segera memeriksakan diri di rumah sakit,” ungkapnya kembali.

(Sumber: ugm.ac.id)

Join Dream.co.id