New Normal dan 5 Tips Keluar Rumah Saat Pandemi Corona

Fresh | Minggu, 31 Mei 2020 17:02
New Normal dan 5 Tips Keluar Rumah Saat Pandemi Corona

Reporter : Arini Saadah

Kini Indonesia harus bersiap memasuki era new normal meskipun kasus virus corona masih belum mencapai puncaknya.

Dream – Memilih di rumah saja dan menghindari kerumunan adalah pilihan terbaik di saat kondisi pandemi virus corona seperti sekarang ini.

Akan tetapi, kondisi perekonomian negara yang semakin merosot, maka pemerintah Indonesia memperingatkan masyarakat untuk mengahadapi era new normal.

Kini Indonesia harus bersiap memasuki era new normal meskipun kasus virus corona masih belum mencapai puncaknya.

Kementerian Kesehatan RI juga telah menerbitkan panduan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di tempat kerja, perkantoran, dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.

Era new normal ini adalah sebuah era yang memaksa kita untuk beradaptasi dan membiasakan diri pada kebiasaan baru. Tentu saja masyarakat masih banyak yang khawatir dengan era new normal ini, karena virus adalah penyakit yang tak terlihat.

Sehingga jika nanti kasus Covid-19 di Indonesia sudah menurun, tapi belum tentu virus ini sudah pergi dari Indonesia.

Kita sebagai masyarakat harus pandai melindungi diri dari virus ketika zaman new normal nanti tiba.

Berikut Dream berhasil merangkum dari Liputan6, terdapat beberapa tips yang bisa kita lakukan saat keluar rumah saat pandemi Covid-19:  

2 dari 6 halaman

Membiasakan Diri Hidup Bersih dan Sehat

 Ilustrasi© Pixabay

Selama wabah virus corona merajalela, Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan. Ketika era new normal nanti tiba, maka kebiasaan ini jangan sampai hilang dari kehidupan kita sehari-hari.

Kita tidak tahu keberadaan virus itu dimana, makanya meskipun nanti sudah era new normal, namun kita harus tetap mempraktikkan sering mencuci tangan. Apalagi saat kita keluar rumah. Maka selalu membawa hand sanitizer sangat disarankan.

Sebuah penelitian membuktikan, virus bisa hidup cukup lama hingga beberapa jam bahkan beebrapa hari di permukaan benda.

Sangat berbahaya apabila kita menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi virus, lalu kita menyentuh area wajah kita. Karena bisa menjadi media masuknya virus ke area hidung, mulut, dan mata.

Kebiasaan lama menyentuh wajah inilah yang harus dihindari mulai dari sekarang. Jika hendak menyentuh wajah, ingatkan diri untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

3 dari 6 halaman

Berada di Luar Ruangan

 Ilustrasi© Liputan6.com

Tips keluar rumah saat pandemi virus corona dan demi menyongsong era new normal nanti adalah usahakan berada di luar ruangan. Hal ini disarankan bagi kamu yang terpaksa ke luar rumah saat pandemi.

Jika kamu bisa melakukannya di luar ruangan, maka lakukanlah. Sebisa mungkin menghindari aktivitas di dalam ruangan.

Karena virus corona menyebar dengan mudah melalui droplet yang mengambang di udara lalu mendarat di permukaan benda yang biasa disentuh tangan. Aktivitas di luar ruangan menjadi solusi untuk menghindari penyebaran virus semacam itu.

Sehingga hindarilah aktivitas di dalam ruangan yang berdesakan dengan orang lain dalam waktu yang cukup lama. Sebuah penelitian dari China menggambarkan virus bisa tersebar terjadi di dalam ruangan.

Penelitian lain di Jepang menemukan, penularan Covid-19 terjadi di lingkungan tertutup 18,7 kali lebih besar daripada di tempat terbuka.

4 dari 6 halaman

Hindari Kerumunan

 Ilustrasi© Pixabay

Tips keluar rumah saat pandemi dan saat era new normal yang bisa kita lakukan adalah usahakan selalu menghindari kerumunan. Kebiasaan berkerumun benar-benar harus dihindari saat Indonesia tiba pada new normal nanti.

Jaga jarak aman hingga 2 meter dari orang lain. Semakin dekat jarak, maka semakin dekat pula risiko tertular dan menulari virus.

Menghindari kerumunan ini berlaku di dalam maupun di luar ruangan. Meskipun berada di luar ruangan lebih aman daripada di dalam ruangan, akan tetapi lebih baik tetap menghindari kerumunan seperti di taman kota, pantai, dan tempat terbuka lainnya.

Jika terpaksa harus berkerumun karena harus menghadiri suatu acara di luar rumah, maka tetap jaga jarak, hindari bersalaman, pelukan dan berciuman. Jika harus menggunakan transportasi umum, maka hindari transportasi yang sudah sesak, pilihlah yang masih longgar.

5 dari 6 halaman

Selalu Pakai Masker

 Ilustrasi© Pixabay

Pakai masker adalah suatu kewajiban baru sejak pandemi virus corona menyebar. Pemakaian masker dimanapun berada adalah hal yang mutlak. Bahkan sekarang banyak apparat yang menertibkan masyarakat untuk memakai masker hingga melakukan Razia orang yang tidak pakai masker.

Penggunaan masker di luar rumah ini bisa menghalangi kita dari percikan dari mulut orang lain yang bisa masuk ke hidung kamu. Jika kita pakai masker, mulut dan hidung kita akan terlindungi dari percikan virus.

6 dari 6 halaman

Hindari Menyentuh Permukaan Benda

 Ilustrasi© Liputan6.com

Selain melalui droplet, virus corpna juga bisa menyebar melalui permukaan benda yang suah terkontaminasi virus. Cara untuk menghindari tertular virus corona adalah dengan menghindari menyentuh berbagai permukaan benda semaksimal mungkin.

Hal ini penting kita lakukan saat kita sedang berada di luar rumah. Ini menjadi tips keluar rumah saat pandemi virus corona dan untuk menghadapi era new normal.

Hindari menyentuh benda-benda yang sering disentuh orang banyak, seperti gagang telepon, gagang pintu, kursi di lobi, atau setidaknya bersihkan dulu benda-benda itu sebelum kamu sentuh.

Selain itu, jika kamu bertemu orang yang tiak tinggal bersamamu, maka hinari penggunaan alat secara bersamaan, seperti pemakaian gelas, piring, atau berbagi makanan bersama.

Padahal kebiasaan makan dan minum bersama adalah hal yang biasa, namun saat era new normal, kamu harus menghindari kebiasaan lama tersebut sebisa mungkin.

Itulah beberapa tips keluar rumah saat pandemi virus corona dan menyongsong era new normal yang bisa kita bagikan ke Sahabat Dream. Selalu jaga kesehatan dan tingkatkan daya imunitas tubuh kamu dengan berbagai makanan bergizi. Sehingga risiko tertular virus akan lebih minim saat kita harus beraktivitas di luar rumah.

Join Dream.co.id