Mudah Lelah dan Mengantuk? Ahli Beberkan Sebab dan Cara Mengatasinya

Fresh | Jumat, 14 Januari 2022 15:12

Reporter : Dwi Ratih

Siapa yang suka mengalami hal ini?

Dream - Rasa lelah dan kantuk merupakan hal yang wajar dirasakan setiap orang setelah beraktivitas seharian. Namun, bagaimana jadinya jika rasa lelah dan kantuk selalu datang setiap saat?

Jika hal itu terjadi pada kamu, tandanya Sahabat Dream harus memperhatikan pola tidur, pola makan, dan olahraga.

Bila ketiganya telah kamu lakukan dengan baik namun tetap merasakan rasa lelah dan kantuk, sudah saatnya kamu untuk mulai memperhatikan kesehatanmu.

 Ilustrasi© shutterstock

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Decsa Medika Hartanto, membagikan penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut di Instagram pribadinya, @dokterdecsa.

Mudah Lelah dan Mengantuk? Ahli Beberkan Sebab dan Cara Mengatasinya
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

Sleep Apnea

Gangguan ini membuat kamu tidak mendapatkan oksigen yang cukup saat tidur, hal ini bisa membuat kamu mendengkur keras atau merasa lelah bahkan setelah tidur semalaman.

Sleep Apnea sering terjadi pada orang-orang yang memiliki berat badan berlebih.

Tips yang bisa kamu lakukan jika kamu merasa dalam kondisi ini ialah mengurangi berat badan dan juga hindari rokok.

Apabila dua hal tersebut telah kamu lakukan dan belum juga membaik, segera pergi ke dokter untuk penanganan selanjutnya.

Depresi

Faktanya, depresi merampas serotonin yang mendalikan siklus tidur dan bangun manusia. Depresi juga mengakibatkan keluhan fisik seperti lemas, sakit kepala, dan hilangnya nafsu makan.

Bila kamu berada dalam posisi ini, segera pergi ke dokter psikiatri atau psikologi untuk mendapatkan bantuan yang tepat.

3 dari 4 halaman

Diabetes

Kelelahan merupakan salah satu gejala diabetes yang paling umum. Hal tersebut terjadi karena kondisi gula darah yang tinggi namun tidak dapat digunakan tubuh.

Untuk mencegahnya, kamu bisa melihat riwayat diabetes ataupun obesitas pada keluargamu. Bila terdapat riwayat pada keluargamu maka ada baiknya kamu mengecek gula darah dan kontrol ke dokter untuk mendapatkan terapi.

Dehidrasi

Saat kamu kekurangan air minum, tekanan darah akan turun sehingga menyebabkan sirkulasi yang buruk dan mengurangi aliran darah ke otak, hal itulah yang menyebabkanmu mudah lelah dan mengantuk.

Jagalah asupan air putih dengan jumlah yang direkomendasikan sekitar 8-10 gelas tiap harinya.

4 dari 4 halaman

Kurang atau salah Makan

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan membantu memulihkan glikogen dan menstabilkan kadar insulin. Jika kamu tidak mengisi kembali simpanan glukosa di pagi hari, itu akan membuatmu merasa sangat lapar dan lelah.

Maka dari itu, mulailah sarapan dengan diet seimbang, dan jangan lupa untuk selalu menyertakan protein sayuran serta buah.

Laporan: Anzila Riskia Putri

Join Dream.co.id