Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Minum Kopi, Bisa Berapa Lama Menahan Kantuk?

Minum Kopi, Bisa Berapa Lama Menahan Kantuk? Minum Kopi

Dream - Minuman dengan kandungan kafein selalu jadi andalan kita ketika harus tetap fokus dan terjaga. Salah satu minuman favorit banyak orang untuk menahan kantuk adalah kopi.

Rasanya nikmat, perpaduan pahit manis apalgi disajika hangat-hangat. Kopi memang mengandung kafein, terutama espresso yang levelnya sangat tinggi. Kopi bagi beberapa orang bisa membuat terjaga dan menahan kantuk.

Setelah minum kopi, dikutip dari KlikDokter, tubuh akan mengalami peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Hal ini membuat tubuh terasa lebih berenergi, dan mood juga akan membaik.

Sejak tegukan pertama, kafein akan melewati jaringan epitel hingga memasuki aliran darah melalui lapisan mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan perut. Ketika kafein berhasil masuk ke dalam tubuh, otak akan bereaksi dengan mengikat senyawa bernama adenosin. Hal inilah yang membuat pikiran Anda terasa lebih segar, sehingga terhindar dari kantuk.

 

Efek kafein pada tubuh kemudian mulai terasa. Hanya dibutuhkan sekitar 45 menit bagi kafein untuk masuk ke dalam membran sel tubuh Anda. Lalu, berapa lama kopi bisa menahan ngantuk?

Durasi kafein untuk bekerja di dalam tubuh adalah 5 jam atau maksimal 9 jam. Meski demikian, durasi tersebut bisa saja berubah, tergantung usia, kondisi medis, dan obat yang dikonsumsi.

Efek dari kafein itu sendiri mencapai puncaknya sekitar 30‒60 menit setelah dikonsumsi. Penting dicatat, selain memengaruhi kerja otak, kafein pada kopi juga dapat memberikan efek lain pada tubuh.

 

Senyawa tersebut bisa menyebabkan kontraksi awal dinding arteri, namun kemudian otot polos akan melemas. Hal ini akan membuka pembuluh darah, sehingga memungkinkan aliran yang lebih deras.

Kamu Pecinta Kopi? Begini Tips Aman Minum Kopi Selama Puasa Ramadhan

Hal tersebutlah yang kemudian membuat pikiran lebih fokus dan merasa bersemangat setelah minum kopi. Itu pula penjelasan kenapa kopi membuat tidak ngantuk.
Dalam 200 mililiter atau segelas kopi terkandung hingga 200 miligram kafein. Jumlah tersebut merupakan sepertiga asupan kafein yang dianjurkan dalam sehari.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Tak Ada Kopi, Minuman Ini Juga Efektif Kurangi Rasa Kantuk

Dream - Bagi Sahabat Dream yang kerap diserang kantuk saat bekerja, mungkin langsung minum kopi. Bisa kopi hitam yang diseduh atau mungkin es kopi susu. Kandungan kafein pada kopi memang bisa membantu mengurangi kantuk dan membuat kita lebih fokus.

Kafein, dikutip dari KlikDokter, merupakan zat stimulan yang bekerja dengan menstimulasi otak dan sistem saraf pusat melalui sejumlah proses yang melibatkan neurotransmiter. Sebenarnya ada banyak minuman lain yang bisa membantu kamu tetap terjaga ketika harus bekerja hingga tengah malam.

Jika sedang tak boleh minum kopi atau tak ada stok di rumah, coba minuman lain yang juga bisa membuat tetap terjaga. Tak ada kopi, minuman ini pun siap jadi penghilang kantuk.

1. Cokelat hangat
Dalam secangkir minuman cokelat, terdapat kurang lebih 5 sampai 10 miligram kafein. Jumlah tersebut memang lebih sedikit dibanding kafein dalam kopi. Namun, kafein yang ada dalam minuman penahan kantuk ini tetap mampu membuat kamu lebih terjaga dan segar kembali.

2. Minuman Berkarbonasi atau Soft Drink
Minuman penghilang ngantuk lainnya adalah soft drink. Minuman jenis ini umumnya mengandung kafein sebanyak 20 hingga 40 miligram. Akan tetapi, kamu perlu waspada karena soft drink cenderung tinggi akan kandungan gula. Oleh sebab itu, pilih jenis soft drink dengan kandungan gula yang sedikit (low sugar) atau tanpa gula.

 

3. Teh kental
Teh juga dapat menjadi alternatif minuman pencegah kantuk dan sumber asupan kafein. Dalam secangkir teh, terdapat 40 hingga 120 miligram kafein; jumlah yang sama bahkan melebihi kopi dengan volume yang serupa.

Perlu diingat, hindari penggunaan gula berlebihan saat menyeduh teh. Jika ingin menambah pemanis, lebih baik menggunakan madu daripada gula pada umumnya.

4. Kombucha
Kombucha juga bisa menjadi minuman pencegah kantuk. Kombucha dapat bantu menyegarkan tubuh sekaligus mengusir kantuk berkat kandungan kafein, yang berpadu dengan L-theanin.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.


Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Minum Kopi Setelah Makan Sebaiknya Dihindari, Ini Sebabnya

Minum Kopi Setelah Makan Sebaiknya Dihindari, Ini Sebabnya

Berhenti meminum kopi setelah makan agar tidak mengalami masalah kesehatan

Baca Selengkapnya
Duh, Ternyata Kopi dan Teh Tak Dianjurkan Dikonsumsi dengan Kue

Duh, Ternyata Kopi dan Teh Tak Dianjurkan Dikonsumsi dengan Kue

Kopi dan teh bisa memberikan efek tertentu saat dikonsumsi bersama jenis makanan lainnya. Ketahui efeknya agar bisa dikonsumsi di saat yang tepat.

Baca Selengkapnya
5 Cara Manfaatkan Kopi Hitam untuk Bantu Turunkan Berat Badan

5 Cara Manfaatkan Kopi Hitam untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Selain membuat tubuh terasa lebih segar, kopi hitam diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Ketahui apa manfaat kopi yang bisa membantu proses tersebut.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami, Hanya dengan Kopi dan Satu Bahan Tambahan

Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami, Hanya dengan Kopi dan Satu Bahan Tambahan

Panduan mudah untuk merawat kulit alami dan efektif, tanpa perlu uang banyak atau perawatan yang rumit.

Baca Selengkapnya
Konsumsi Kopi Agar Lebih Segar dan Fokus Saat Beribadah di Bulan Ramadan

Konsumsi Kopi Agar Lebih Segar dan Fokus Saat Beribadah di Bulan Ramadan

Kopi bisa menjadi solusi saat sering merasa mengantuk di bulan puasa. Mengonsumsi kopi juga dapat membuat ibadah lebih khusyuk dan fokus.

Baca Selengkapnya
Cokelat Bukan Pemicu Munculnya Jerawat, Ini Penjelasan Dokter Kulit

Cokelat Bukan Pemicu Munculnya Jerawat, Ini Penjelasan Dokter Kulit

Ternyata, cokelat tidak menyebabkan munculnya jerawat atau masalah kulit lainnya. Kandungan lain dalam cokelat yang menyebabkan hal tersebut.

Baca Selengkapnya
Cara Tingkatkan Level Energi Meski Tak Konsumsi Kafein

Cara Tingkatkan Level Energi Meski Tak Konsumsi Kafein

Tak harus mengonsumsi kafein, kamu tetap bisa membuat tubuh lebih berenergi dengan cara lebih sehat.

Baca Selengkapnya