Metabolisme Berperan Penting untuk Stabilkan Berat Badan

Fresh | Kamis, 12 Desember 2019 16:12
Metabolisme Berperan Penting untuk Stabilkan Berat Badan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Metabolisme tubuh sangat berpengaruh terhadap keseimbangan berat badan.

Dream - Olahraga dan diet sehat merupakan dua hal utama yang diperhatikan ketika ingin menjaga berat badan. Ada lagi satu hal yang kerap dilupakan, yaitu metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh sangat berpengaruh terhadap keseimbangan berat badan. Jika sistem metabolisme tidak stabil, berat badan akan sulit dikontrol meskipun sudah berolahraga dan diet sehat.

Dilansir dari Times of India, berikut mitos seputar kondisi metabolisme tubuh. Ketahui fakta-faktanya agar tak salah kaprah.

Mitos: Kardio Sangat Baik untuk Metabolisme
Faktanya, Kardio dapat membantu membakar kalori dengan cepat, tetapi mungkin bukan cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme. Sahabat Dream perlu memilih jenis olahraga yang dapat membakar lemak bahkan saat istirahat, seperti latihan pembentukan otot.

Dengan cara yang sama, berolahraga secara ekstrem selama berjam-jam tidak akan meningkatkan metabolisme. Faktanya, tubuh justru akan mengalami stres dan peradangan yang dapat mengacaukan metabolisme.

 

2 dari 9 halaman

Mitos: Makan Sedikit Agar Lebih Sehat

Faktanya: Untuk menurunkan berat badan secara optimal, kamu perlu mempertahankan defisit kalori, atau secara sederhana, makan lebih sedikit dan kemudian meningkatkan metabolisme.

 Timbangan Juga Bisa Sukseskan Program Diet, Caranya?© MEN

Fakta ini tidak berlaku karena suatu alasan. Perubahan dalam diet dan pola makan dapat menyebabkan perubahan berat badan serta regulasi lemak, tetapi itu tidak akan mempercepat metabolisme.

Penurunan tiba-tiba atau lonjakan asupan kalori dapat memperlambat metabolisme. Sebaiknya, berikan tubuh asupan nutrisi tepat di saat yang tepat.

 

3 dari 9 halaman

Mitos: Pria dan Wanita Memiliki Metabolisme yang Sama

Faktanya, Pria dan wanita memiliki perbedaan anatomi dan cara kerja hormon. Diyakini juga bahwa pria dan wanita memiliki cara berbeda dalam menurunkan berat badan. Hal tersebut dikaitkan oleh perbedaan metabolisme.

 Diet Karbohidrat atau Lemak, Pilih Mana?© MEN

Namun kenyataannya, metabolisme bukanlah penyebab di baliknya. Penurunan berat badan sebagian besar disebabkan oleh komposisi otot dan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia. Sehingga, mempengaruhi laju metabolisme.

 

4 dari 9 halaman

Mitos: Teh Hijau Baik untuk Metabolisme Tubuh

 Teh hijau untuk menurunkan berat badan secara alami© Shutterstock

Faktanya, memperbaiki metabolisme merupakan satu dari semua manfaat mengonsumsi teh hijau secara teratur. Beberapa asupan seperti teh hijau memang dapat meningkatkan metabolisme, tapi tetap saja memperbaiki gaya hidup dan berolahraga untuk bisa menurunkan berat badan. Bukan hanya sekadar minum teh hijau.

Sumber: Times of India

5 dari 9 halaman

Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Lebih Sehat, Cocok untuk Diet

Dream - Nasi merupakan makanan pokok di banyak negara. Bahan makanan ini mudah didapatkan, mengenyangkan dan dapat melengkapi hidangan apapun. Sayangnya, kandungan gula pada nasi cukup tinggi.

 Quinoa© Shutterstock

Bagi yang memiliki riwayat penyakit diabetes, tak dianjurkan mengonsumsi nasi putih secara rutin. Begitu pun bagi yang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, nasi mengandung kalori yang cukup tinggi.

Nasi mengandung pati dan karbohidrat yang dapat menyebabkan berat badan bertambah. Dilansir dari Misskyra, berikut beberapa bahan makanan yang lebih sehat dan bisa menggantikan nasi sebagai karbohidrat utama.

6 dari 9 halaman

1. Couscous dari gandum utuh

 Couscous© Shutterstock

Ini merupakan jenis pasta yang banyak digunakan dalam masakan Mediterania dan Timur Tengah. Terbuat dari butiran tepung, kuskus gandum mudah dikonsumsi sebagai pengganti beras. Kuskus juga dapat menambah tekstur unik pada makanan yang disajikan.

 

7 dari 9 halaman

2. Kubis Cincang

 Kubis Brussel© Shutterstock

Kubis brussel merupakan pengganti nasi dengan kalori super rendah dan mengandung jumlah karbohidrat yang tepat. Bahan ini juga merupakan sumber vitamin C dan K.

3. Brokoli Rebus

Brokoli rebus memiliki banyak manfaat. Tidak hanya akan mengonsumsi lebih sedikit kalori, brokoli rebus juga kaya akan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh.

 Brokoli menyebabkan perut kembung saat menjalankan puasa.© Pixabay

Brokoli adalah sumber vitamin yang kaya akan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Kamu bisa mengolahnya dengan memotong beberapa brokoli dan merebusnya agar bertekstur seperti nasi.

 

8 dari 9 halaman

4. Beras Shirataki

Beras shirataki terbuat dari akar konjak yang populer ditemukan di kawasan asia timur. Shirataki sangat rendah kalori dan mengandung glukomanan, yang merupakan serat utama dan ditemukan di akar.

 Shirataki© Shutterstock

Untuk mengolah nasi ini, cuci terlebih dahulu rendam selama beberapa menit, kemudian rebus. Selanjutnya, panaskan nasi dalam wajan sampai benar-benar kering. Setelah itu, konsumsi dengan lauk pauk seperti nasi pada umumnya.

 

9 dari 9 halaman

5. Kembang Kol Rebus

Mencari opsi nasi rendah karbohidrat? Coba kembang kol rebus. Kamu dapat mengonsumsinya dengan apa saja karena rasanya tidak terlalu kuat dan memiliki tekstur yang mirip dengan nasi saat dimasak.

Bahan ini tidak mengandung karbohidrat terlalu tinggi dan kalori sebanyak nasi. Ini adalah pilihan populer bagi banyak orang yang sedang menjalani diet keto.

 Nasi Kembang Kol, Alternatif Sumber Karbohidrat Sehat© MEN

Setengah cangkir kembang kol yang direbus akan memberimu sekitar 13 kalori. Untuk membuatnya, iris kembang kol menjadi beberapa bagian dan rebus. Selanjutnya, masak dengan api sedang dan tambahkan sedikit air hingga kecokelatan.

6. Quinoa

Jadi pilihan untuk mereka yang ingin mendapat asupan protein tinggi dan bebas gluten. Setengah cangkir quinoa yang sudah dimasak akan mengandung sekitar 4 gram protein. Biji ini juga mengandung sembilan asam amino esensial dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik.

 Quinoa© Shutterstock

Quinoa juga merupakan sumber protein yang baik terutama bagi mereka yang diet vegetarian. Kamu hanya perlu memasaknya selama beberapa menit dan gunakan garpu untuk membuatnya lebih mengembang.

Join Dream.co.id