Menu Sushi Tak Selalu Sehat, Awas Salah Pilih

Fresh | Selasa, 28 September 2021 19:24

Reporter : Mutia Nugraheni

Kamu penggila sushi?

Dream – Hidangan khas Jepang, sushi, termasuk favorit banyak orang. Rasanya begitu khas dan tentunya nikmat. Merupakan perpaduan ikan, nasi dan rumput laut yang dikeringkan atau nori.

Sushi memang tampak seperti makanan sehat dan bergizi karena mengandung nasi, sayuran, dan ikan segar. Setelah itu, ada banyak variasi tentang bagaimana sushi dihidangkan dan bahan yang digunakan.

Dilansir dari Health, biasanya ada tiga jenis sushi termasuk nigiri, maki, dan temaki. Nigiri adalah ikan mentah, telur salmon, udang matang, atau irisan telur di atas nasi. Maki adalah sushi gulung, sementara temaki atau handroll atau sushi yang digulung dengan tangan menjadi bentuk kerucut.

“ Untuk membuat sushi, nasi dicetak dengan tangan dan diberi ikan mentah atau makanan laut lainnya. Cuka ditambahkan ke nasi. Tergantung preferensi koki, beberapa suka menambahkan rasa manis pada nasi mereka untuk membuatnya lebih enak. Itulah mengapa bahan lain seperti gula atau garam dapat dimasukkan,” ujar Ella Davar seorang ahli gizi dan konselor kesehatan di Manhattan.

 Menu Sushi Jangkrik Mulai Tersedia, Mau Coba?© MEN

Davar menjelaskan bahwa dalam varian Maki, nori khusus digunakan untuk melilitkan nasi dan isiannya. Menurutnya, nori mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, niasin dan asam folat namun, kandungan vitamin C dapat berkurang pada produk yang dikeringkan.

Meskipun sushi memiliki banyak elemen sehat, persiapan dan bumbunya dapat menghilangkan nutrisi tersebut. Ahli gizi di Atlanta, Marisa Moore, memberi contoh roti gulung yang dicelupkan ke dalam tempura dan digoreng. Kemudian ditutup dengan saus krim, tidak sama dengan yang hanya dibungkus dengan nori, ikan, nasi, dan sayuran.

 

Menu Sushi Tak Selalu Sehat, Awas Salah Pilih
Makan Sushi/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Jenis sushi seperti apa yang sehat?

Dalam hal kesehatan dan umur panjang, pola makan orang Jepang secara signifikan berkontribusi pada rentang hidup yang lebih lama karena sebagian dari mereka makan ikan yang mengandung tinggi asam lemak EPA dan DHA.

 Ilustrasi sushi© shutterstock.com

Jika mencari apa yang harus dipesan, Davar merekomendasikan nigiri atau irisan ikan mentah di atas bola-bola kecil nasi cuka dan sashimi atau irisan tipis ikan mentah. Selain itu, pesan juga salad sayuran matang sebagai sumber serat dan zat gizi mikro.

“ Idenya adalah untuk melihat lebih banyak warna dari berbagai ikan dan sayuran serta lebih sedikit warna putih dari nasi cuka,” kata Davar.

Jika menginginkan sushi gulung, coba pilih ikan yang sehat seperti salmon dan mackerel. Hindari mencelupnya pada kecap tinggi sodium, lebih baik pilih penambah rasa seperti wasabi atau acar jahe (gari).

Laporan: Elyzabeth Yulivia

3 dari 5 halaman

Rahasia Nasi Sushi Sangat Kaya Rasa

Dream - Nasi jadi bahan penting dalam hidangan sushi khas Jepang. Bagi Sahabat Dream yang suka dengan sushi pasti bisa membedakan rasa nasi sushi dan nasi biasa. Nasi sushi cenderung lebih lengket dan kaya rasa.

Dalam bahasa Jepang, nasi sushi disebut sushimeshi. Sushi yang sempurna dimulai dengan nasi yang sempurna. Bagaimana cara membuatnya?

 Rahasia Nasi Sushi Sangat Kaya Rasa© MEN

Pertama, gunakan beras yang memang diperuntukkan untuk membuat sushi. Beras sushi saat saat dimasak teksturnya seperti ketan agak lengket tapi tak terlalu padat.

Lebih bertepung dan bulat daripada varietas beras yang berbiji panjang. Kamu bisa membelinya secara online.

 

4 dari 5 halaman

Bahan Nasi Sushi

Siapkan juga cuka beras yang halal. Bahan ini juga banyak yang menjualnya secara online. Untuk lebih jelas, berikut bahan-bahannya

- 3 gelas beras Jepang
- 3 1/4 gelas air
- 1/3 cangkir cuka beras halal
- 3 sendok makan gula
- 1 sendok teh garam

 Amankah Konsumsi Sushi?© MEN

Cara membuat:
- Masukkan beras dalam mangkuk besar dan cuci dengan air dingin. Ulangi mencuci sampai tidak ada lagi pati yang keluar dan air menjadi hampir jernih. Saring airnya sampai benar-benar kering.

- Tempatkan nasi di penanak nasi dan tambahkan air. Biarkan beras terendam dalam air selama setidaknya 30 menit. Pencet tombol cook. Saat nasi matang, biarkan tanak selama sekitar 15 menit.

- Siapkan cuka sushi dengan mencampurkan cuka beras, gula, dan garam dalam wajan kecil. Masak dalam api kecil sampai semuanya larut. Setelah itu, dinginkan.

- Taruh nasi yang telah tanak ke dalam wadah besar, tuang campuran cuka beras dan aduk rata. Nasi pun siap diolah menjadi sushi.

Sumber: The Spruce

5 dari 5 halaman

Sushi Box Seharga Rp11 Juta Laris Manis Saat Pandemi

Dream - Industri kuliner, khususnya restoran berbintang di masa pandemi saat ini terus berjuang untuk bertahan. Jika sebelumnya menu-menu restoran bergengsi tak bisa dibungkus untuk dibawa pulang, kini justru banyak yang membuat menu khusus.

Salah satunya restoran berbintang tiga Michelin di New York, Masa. Restoran ini biasanya menyajikan menu makanan khas Jepang seperti sushi berkualitas tinggi. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang restoran tak bisa buka seperti biasa.

 Sushi Masa© BigSeven Travel

Akhirnya, Masa membuat menu sushi box. Bukan sushi biasa, tapi bertabur kaviar dan harganya selangit. Mencapai US$800 atau sekitar Rp11 juta. Menu ini pun jadi perbincangan di kalangan penyuka sushi di New York.

Tak disangka, meski harganya sangat mahal pembeli harus ikut antrean lewat email yang cukup lama. Pasalnya, restoran ini hanya menjual 20 box sushi per hari secara eksklusif.

Isian di dalamnya antara lain kanpachi, toro, salmon, akami tuna, tai sea bream, dan toro sashimi. Sepertinya banyak orang yang kangen sushi dan rela membayar berapa pun untuk bisa memakannya.

Sumber: Big Seven Travel

Join Dream.co.id