Mengerikan, Artis Ini Bersin Bersama dengan Tulang Hidungnya

Fresh | Rabu, 18 November 2015 15:05
Mengerikan, Artis Ini Bersin Bersama dengan Tulang Hidungnya

Reporter : Sandy Mahaputra

Gara-gara kuman kecil pemakan daging.

Dream - Kisah hidup Lois Temel, 41, artis Inggris yang pernah membintangi Casualty, sungguh mengerikan.

Wajah di bagian hidungnya berlubang setelah terinfeksi necrotising fasciitis atau kuman kecil pemakan daging. Parasit itu bersarang di bawah kulit hidungnya pada 2007.

Dia pun terpaksa menjalani lima operasi untuk membangun kembali hidungnya, setelah parasit itu menghabiskan jaringan lunak di bawah kulit hidungnya.

Temel, dari Ryde di Isle of Wight, mulai sering merasa lelah dan letih, tapi dokter tidak tahu penyebabnya.

Namun ketika dokter memasukkan kamera ke hidungnya, mereka menemukan necrotising fasciitis, parasit mematikan yang menggerogoti jaringan lunak tubuh.

" Awalnya saya tidak merasakan sakit di wajah. Saya hanya merasa lemah dan lelah sepanjang waktu," katanya.

" Selama sekitar satu tahun saya pergi dari dokter ke dokter lainnya dan ketika mereka memutuskan untuk memasukkan kamera ke hidung, baru mereka tahu penyebabnya dan mengatakan 'wajah Anda bolong'."

Namun Temel bersyukur karena hidungnya terlihat normal dari luar.

 Mengerikan, Artis Ini Bersin Bersama dengan Tulang Hidungnya

Pada 2008, ia menjalani operasi untuk mengangkat bakteri dan daging mati dari hidungnya. Dia menjadi orang pertama di Inggris yang menjalani rekonstruksi wajah menggunakan bahan bioaktif.

Namun, setahun kemudian dia merasa ngeri ketika dia bersin dan darah menyembur keluar dari hidung bersama dengan sekat tulang hidungnya.

" Saya bersin dan darah keluar dari hidung. Saya lihat ke tangan dan ada gumpalan tulang yang ternyata adalah sekat hidung saya."

Temel sangat ketakutan hingga dia ingin bunuh diri. Dia juga kehilangan pekerjaannya dan pindah kembali ke rumah orangtuanya untuk sementara sambil melakukan operasi untuk membangun kembali wajahnya.

Setelah menjalani total lima prosedur untuk merekonstruksi hidung dan drainase paru, serta melakukan terapi bicara dan berbagai jenis fisioterapi, dia sekarang dalam masa pemulihan.

Dia bahkan telah mengambil kelas akting di Royal Academy of Dramatic Art di London, dan berharap untuk kembali ke dunia akting satu hari nanti.

(Ism, Sumber: Mynewshub.cc)

2 dari 4 halaman

Idap Penyakit Langka, Tangan Bocah Ini Berukuran Raksasa

Dream - Bocah asal India, Kaleem, menderita penyakit aneh. Tangan bocah laki-laki berusia delapan tahun itu bengkak, hingga berukuran raksasa. Berat masing-masing tangan bocah malang itu delapan kilogram. Sementara, dari telapak tangan ke ujung jari tengah, panjangnya mencapai tiga belas inci.

Laman Mirror, Kamis 21 Agustus 2014, bahkan menulis bocah ini seperti mengenakan sarung tangan kriket. Dengan kondisi itu, dia tidak bisa melakukan sejumlah aktivitas, termasuk mengikat tali sepatu, mengenakan baju dan celana. Hidupnya benar-benar terganggu.

Yang lebih menyedihkan, Kaleem dijauhi banyak teman dan bahkan diolok-olok. " Saya tidak pergi ke sekolah karena guru bilang anak-anak lain takut. Banyak dari mereka mem-bully saya untuk kondisi ini," kata Kaleem.

Tak hanya menolok-olok dan menyebut Kaleem dengan julukan si tangan besar, teman-teman sekolah itu bahkan menyerangnya. " Beberapa di antara mereka benar-benar memukul dan sering mengejar saya."

 Idap Penyakit Langka, Tangan Bocah Ini Berukuran Raksasa

Tangan Kaleem. Sumber: Mirror

Kaleem ingin dokter mengoperasi tangannya. Bahkan dia rela jika dokter harus memotong tangan besarnya tersebut. " Saya tidak masalah jika mereka melakukannya tanpa suntikan. Operasi kecil tak jadi soal," kata dia.

Orangtua Kaleem termasuk kalangan miskin papa. Penghasilan keluarga ini hanya sekitar Rp 230 ribu perbulan. Sehingga, tak ada biaya untuk mengobati penyakit yang diderita putra tercinta mereka. Mereka bahkan sudah berusaha keras untuk mencari bantuan, namun upaya mereka tak membuahkan hasil.

Ibu Kaleem, Haleema, mengatakan putranya memang sudah terlihat mengidap kelainan sejak lahir. Perempuan berusia 27 tahun itu mengatakan ukuran tangan putranya itu berbeda dengan bayi-bayi lainnya. " Ketika Kaleem lahir, ukuran tangannya dua kali lipat bayi normal," tutur Haleema.

" Tangannya besar dan jari-jarinya panjang. Awalnya punggung telapak tangannya kecil, tapi mulai tumbuh besar juga dan jari-jarinya juga terus berkembang," tambah Haleema.

 Idap Penyakit Langka, Tangan Bocah Ini Berukuran Raksasa

Kaleem. Sumber: Mirror

Sang ayah, Shamin, yang hanya bekerja sebagai buruh, khawatir anaknya menjadi tak bisa hidup mandiri. Untuk makan saja susah, Kaleem harus disuapi. " Dengan menggunakan dua jari, dia bisa mengangkat sesuatu seperti gelas untuk minum."

Sebenarnya, Shamim sangat ingin membawa anaknya itu berobat ke rumah sakit. Namun apa daya, penghasilannya yang untuk makan saja pas-pasan tak akan cukup untuk membayar biaya.

" Kami ingin membawanya ke rumah sakit, namun ada saatnya ketika uang terlalu rendah, istri saya terpaksa pergi mengemis. Dalam kondisi finansial seperti itu, mendapatkan pengobatan untuk Kaleem sulit dilakukan," tambah Shamim.

Kini, kedua tangan Kaleem terus membesar. Dikhawatirkan semakin membesarnya ukuran tangan itu juga menyebabkan meningkatnya tekanan pada sistem peredaran darah, yang berpotensi memperpendek usia Kaleem.

Menurut ahli kesehatan anak dari Fortis Memorial Research Institute, Krishan Chaugh, penyakit yang diidap kaleem itu aneh dan membingungkan. Namun dia yakin Kaleem menderita penyakit Lymphangioma atau Hamartoma. Keduanya bisa diobati.

 Idap Penyakit Langka, Tangan Bocah Ini Berukuran Raksasa

Kaleem. Sumber: Mirror

Lymphangioma merupakan tumor jinak yang disebabkan dari malformasi kongenital sistem limfatik. Tumor ini biasanya terjadi di kepala, leher, dan ketiak, namun kadang terjadi pada mediastinum, retroperitoneum, dan paha. Sementara, Hamartoma adalah suatu kelainan perkembangan yang ditandai oleh proliferasi abnormal dari jaringan atau organ yang berasal dari bagian jaringan.

" Kondisi ini terlihat sangat langka dan saya telah menemukan seperti ini sebelumnya. Tanpa pemeriksaan dan tes medis yang bagus, saya tidak bisa yakin 100 persen apa yang terjadi," ujar Chaugh.

Mendengar penjelasan dokter ini, orangtua Kaleem seperti memperoleh semangat baru. Mereka semakin optimis penyakit yang diderita Kaleem bisa disembuhkan. Sehingga mereka bekerja lebih giat untuk mengumpulkan uang, sehingga bisa membiayai pengobatan Kaleem.

" Kami telah mencoba beberapa tempat tapi tidak ada solusi. Tapi saya punya perasaan ada cara untuk mendapatkan sumber daya untuk memberikan kehidupan normal kepada anak saya," demikian kata Shamim.

3 dari 4 halaman

Penyakit Aneh, 19 Anggota Keluarga Ini Berjalan Merangkak

Dream - Sebuah kelainan aneh diderita satu keluarga di Turki. Cacat langka ini telah menghambat gerakan normal mereka. Sehingga tak bisa menjaga keseimbangan untuk berdiri tegak, sehingga untuk berjalan mereka harus merangkak menggunakan tangan dan kaki.

Laman Emirates 24l7, Kamis 24 Juli 2014, memberitakan jumlah anggota keluarga di Turki yang menderita kelainan aneh ini ada 19 orang. Mereka dianggap sebagai contoh penderita penyakit langka " evolusi mundur" .

Namun, studi bio-mekanik terhadap kebiasaan jalan mereka, para ilmuan tidak menemukan kelainan ini karena gangguan fisik yang disebabkan karena lemahnya keseimbangan. Kelainan ini tidak ada sangkut-pautnya dengan bentuk manusia primitif.

Lima saudara kandung dari keluarga ini telah berjalan merangkak sejak kecil. Mereka kebanyakan mengurus diri mereka sendiri, sebab memang sangat susah untuk menjalani hidup dengan kondisi seperti itu.

Para perempuan dari keluarga ini sebagian besar sibuk merajut sesuatu di dekat rumah mereka. Namun, dengan merangkak, satu di antara 19 bersaudara ini sudah berkeliling hingga ke kampung tetangga untuk berinteraksi dengan masyarakat lainnya. (Ism)

4 dari 4 halaman

Idap Penyakit Aneh, di Tubuh Wanita Ini Tumbuh Kuku

Dream - Kondisi aneh menyebabkan tubuh seorang wanita di Amerika tidak ditumbuhi bulu tapi kuku.

Sejak 2009, Shanyna Isom menderita penyakit kulit yang aneh. Tubuhnya tidak ditumbuhi bulu tapi kuku. Misteri penyakit wanita asal Maryland ini juga mengherankan para dokter. Hingga lima tahun, mereka masih bingung bagaimana menyembuhkan penyakit Shanyna.

Menurut dokter yang menangani Shanyna di Johns Hopkins Medical Center, Baltimore, Shanyna adalah satu-satunya pasien di dunia yang menderita penyakit aneh tersebut.

Menurut Shanyna, awalnya dia mengalami serangan asma yang hebat. Dia kemudian dibawa ke ruang gawat darurat dan diberi steroid dengan dosis tinggi.

Segera setelah itu, ia merasakan reaksi alergi terhadap steroid dan kulitnya mulai gatal tak terkendali. Meskipun diberi Benadryl dan obat alergi lainnya, kondisinya terus memburuk.

" Rasanya sangat gatal dan kita tidak tahu apa itu. Kemudian muncul semacam luka kering warna hitam," Kathy Gary, ibu Shanyna menjelaskan.

" Tak lama kemudian, tumbuh kuku yang panjang dan setiap diambil akan tumbuh lagi. Kakinya juga menghitam."

Menurut Kathy, sejak itu kondisi putrinya semakin tak terkendali. Luka warna hitam semakin banyak bermunculan di seluruh tubuhnya.

Penyakit tersebut mulai mempengaruhi tulang dan penglihatannya. Shanyna tidak bisa jalan jika tanpa kruk dan dia kehilangan banyak berat badan dalam seminggu.

Serangkaian tes pun dilakukan tapi tidak ada hasilnya. Dokter tidak tahu penyakit apa itu dan akhirnya menyerah. " Dia bilang putriku akan seperti itu selamanya," kata Kathy. " Tapi aku tidak bisa menerima itu."

(Sumber: Odditycentral.com)

Terkait
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id