Mengenal Penyakit Autoimun yang Diidap Ashanty, dari Penyebab dan Pengobatannya

Fresh | Selasa, 22 Oktober 2019 06:12
Mengenal Penyakit Autoimun yang Diidap Ashanty, dari Penyebab dan Pengobatannya

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Istri Anang Hermansyah mengaku syok mendengar diagnosa tersebut. Menurut Ashanty, autoimun merupakan sebuah penyakit mengerikan yang tidak pernah ia bayangkan.

Dream - Ashanty tengah menghadapi cobaan. Istri Anang Hermansyah itu mengaku mengidap penyakit autoimun usai menemui dr. Terawan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) pada awal Oktober lalu.

Ibu dua anak dari pernikahannya bersama Anang mengaku syok saat pertama kali mendengar diagnosa tersebut. Menurut Ashanty, autoimun merupakan sebuah penyakit mengerikan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Wanita berusia 34 tahun itu telah menjalani serangkaian tes untuk memeriksa kondisi tubuh. Lewat keterangan Instagram, Ashanty akan melakukan sejumlah terapi demi mencegah penyakit berkembang lebih lanjut.

Dilansir dari Hellosehat, autoimun adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normal. Imun mengalami kegagalan dalam melaqan infeksi virus, bakteri dan benda asing yang masuk ke tubuh.

Hal ini menyebabkan imun menyerang tubuh dan memicu penyakit lain. Meski termasuk penyakit langka, autoimun dapat memicu kerusakan organ dan kematian jika dibiarkan.

2 dari 6 halaman

Jenis Penyakit Autoimun

Secara garis besar, autoimun terbagi menjadi dua kategori dengan penyakit yang berbeda. Autoimun organ spesifik hanya menyerang satu organ tubuh saja. Seperti vitiligo, kondisi hilangnya pigmentasi pada sebagaian area kulit.

Jenis lainnya adalah autoimun spesifik yang menyerang seluruh organ tubuh. Misalnya lupus dan rheumatoid arthritis yang dapat menyebabkan cacat sendi dan kerusakan permanen jika dibiarkan.

Autoimun memiliki gejala berbeda tergantung dari jenis yang diderita. Beberapa diantaranya yakni perubahan warna kulit, penebalan kulit, badan lemas, nyeri sendi dan kaku tulang.

Pada kasus yang dialami Ashanty, pelantun 'Jodohku' mengalami gejala berupa sulit tidur, mudah cemas dan stres, pelupa serta sakit kepala. Belum diketahui apa jenis autoimun yang didapati, namun wanita 34 tahun itu tengah mengikuti rangkain tes kesehatan.

3 dari 6 halaman

Penyebab Autoimun

Diduga dialami oleh Ashanty, 80 persen pasien autoimun didominasi dari kalangan wanita. Penyakit ini berjalan lambat dan sulit dideteksi pada awal kemunculan.

Salah satu faktor pemicu autoimun adalah genetik, di mana orang dengan riwayat keluarga autoimun berisiko lebih tinggi mengalami hal serupa. Selain genetik, infeksi bakteri dan virus juga memperbesar potensi autoimun.

 

4 dari 6 halaman

Apakah Bisa Disembuhkan?

Penyakit autoimun bisa dikendalikan dan diringankan gejalanya dengan pengobatan tepat. Semakin cepat penyakit didiagnosis, semakin cepat pula pemulihan pasien.

Sampai saat ini, Ashanty masih mendapat penanganan tepat dari para dokter. Ia membagikan pengalamannya itu lewat sebuah unggahan foto.

" Semua dokter disini sangat2 menenangkan, meyakinkan bahwa bisa sembuh dengan terapi.. semoga masiu tahap awal yaaa, supaua penyembuhan nya ngga susah.. untung cepet kesini dan untung ikut check kl ngga aku ngga akan pernah tau," tulis Ashanty di keterangan foto.

5 dari 6 halaman

Dikira Sakit Biasa, Ashanty Syok Didiagnosa Idap Penyakit Autoimun

Dream Ashanty tak pernah menduga jika rasa sakit yang dialami selama ini ternyata berasal dari penyakit yang dicemaskan banyak orang. Usai menemui dr Terawan Agus Putranto, istri Anang Hermansyah itu didiagnosa mengidap penyakit autoimun.

Untuk diketahui, penyakit autoimun adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sela sehat di dalam tubuh pengidapnya. Beberapa penyakit autoimun diantara lupus, Rheumatoid arthritis, Diabetes tipe 1, Multiple sclerosis (MS), Penyakit Graves, dan Psoriasis.

Mengutip akun Instagramnya, @ashanty_ash, ibu dua anak dari pernikahannya dengan Anang itu tidak menjelaskan dengan detail jenis penyakit autoimun yang diidapnya.

Wanita berusia 34 tahun itu menceritakan sudah sejak lama mendengar nama dr Teawan yang bertugas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD). Namun dia berulang kali membatalkan rencana menemui dokter tersebut. 

Hingga akhirnya Ashanty yang mengantarkan Anang berobat ke dr Terawan diminta untuk ikut memeriksakan diri. 

"  Tiba2 disuru juga check up supaya sehat.. dan ternyata yg selama ini selalu aku keluhkan ketahuan, kalo ngga karna dokter Terawan,"  kata Ashanty dikutip Dream, Selasa 8 Oktober 2019.

 ashanty

foto : @ashanty_ash

Ibu empat anak ini menjelaskan selama ini tak pernah bisa mengetahui penyakit apa yang diidapnya. Padahal wanita pemilik tinggi badan 1,7 meter itu sering mengeluh sakit kepala, sering jadi pelupa, mudah cemas, dan stress.

Namun deretan keluhan yang dijabarkannya tersebut tak pernah diketahui penyebabnya. 

"  Diagnosa awal kaget banget, aku kena ‘auto immune’ sesuatu yg ngga pernah saya bayangkan, denger nya aja serem,"  kata Ashanty yang membubuhkan emoji menangis.

Mendengar diagnosa dr Terawan, ibu dari putri bernama Arsy Addara Musicia Nurhermansyah itu mencoba mencari informasi tentang penyakit autoimun.

Lagi-lagi Ashanty terkejut dengan informasi yang diperoleh dari beberapa artikel tentang penyebab penyakit autoimun ini.

6 dari 6 halaman

Ashanty Ngeri Baca Soal Penyakit Autoimun

Wanita yang dinikahi Anang tahun 2012 itu baru bisa merasa lega setelah dr Terawan menyatakan penyakit autoimunnya bisa disembuhkan dengan menjalani terapi.

Dia juga yakin akan sembuh karena metode yang digunakan dokter terawan sangat lengkap.

"  googling aja tadi ngeri2 banget.. tapi semua dokter disini sangat2 menenangkan, meyakinkan bahwa bisa sembuh dengan terapi.. bahkan ngga nyangka peralatan nya dan metode penyembuhan nya terbaik di dunia.. 3 hari lagi hasil darah aku keluar.. semoga masih tahap awal yaa, supaya penyembuhan nya ngga susah,"   ungkapnya.

 unggahan ashanty

Mengetahui penyakit autoimun lebih dini, Ashanty merasa beruntung bertemu dr Terawan. Dia juga memuji cara penanganan yang dilakukan dokter yang sempat menjadi buah bibir karena metode pengobatannya yang sempat menjadi viral.

"  Bangga banget Indonesia punya dokter sepintar ini, orang nya ngga kaku malah sangat menyenangkan, sangat2 kekinian, yg jelas benar2 membuat kt nyaman dan semua detail penjelasannya,"  tuturnya.

Terkait
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik
Join Dream.co.id