Hubungan Intim Saat Wabah Corona, Ini Jawab Ahli

Fresh | Sabtu, 28 Maret 2020 16:03
Hubungan Intim Saat Wabah Corona, Ini Jawab Ahli

Reporter : Ismoko Widjaya

Apakah boleh melakukan hubungan seksual disaat wabah virus corona?

Dream – Usaha perlindungan diri pasti sudah dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah penularan virus corona COVID-19 ini. Virus corona telah menjadi pandemik di seluruh dunia.

Virus ini seperti api yang terus menyebar dan menyebabkan kematian, sementara obatnya pun belum ada.

Sementara orang mengisolasi diri di dalam rumah. Dan tak sedikit yang menganggap ini sebagai liburan untuk berkumpul bersama keluarga ataupun pasangan di rumah.

Masa social distancing adalah masa yang mungkin menjadi berat bagi pasangan suami istri alias pasutri. Menurut para ahli, berhubungan intim dengan pasangan di rumah dapat menghilangkan stres selama social distancing.

Kemudian, mungkin anda akan bertanya-tanya apakah berhubungan intim dengan pasangan ketika wabah virus corona ini dijamin aman?

Dilansir dari Miss Kyra, mari kita simak ulasannya berikut ini: 

2 dari 6 halaman

Corona Menular Lewat Hubungan Intim?

Para ahli hingga saat ini belum menemukan indikasi, apakah virus corona yang mematikan itu dapat menular melalui hubungan intim ataukah tidak.

Namun, kontak air liur dapat menjadi sarana penularan virus corona, sehingga berciuman dengan pasangan dilarang saat ini.

Para ahli menyebut seks oral memang menjadi potensi penularan virus corona COVID-19. Risiko terinfeksi virus ini akan menjadi lebih besar dengan tindakan oral seks.

Lebih baik selama wabah belum pergi, harap menghindari oral seks demi keselamatan bersama.

Perlu dipahami ya, ketentuan ini hanya diberikan kepada mereka yang negatif COVID-19. Jika di antara salah satu dari keduanya dinyatakan positif COVID-19, maka berhubungan seksual tidak boleh dilakukan sama sekali.

3 dari 6 halaman

Dilarang Ganti Pasangan!

 Ilustrasi berhubungan seks dengan pasangan sendiri© Pexels

Ketika situasi seperti sekarang ini bukan berarti anda dilarang untuk berhubungan intim dengan pasangan, ketika mengisolasi diri di rumah.

Para ahli mengatakan Anda masih bisa melakukan hubungan seks, dengan syarat dengan pasangan yang sehat dan sudah anda ketahui riwayat kesehatannya. Berhubungan seks dengan pasangan di rumah jauh lebih aman selama periode isolasi.

Tetapi jika pasangan anda sudah terpapar virus corona maka jalan terbaik adalah menghindari aktivitas seksual untuk saat ini, hingga pasangan anda dinyatakan sembuh oleh dokter.

4 dari 6 halaman

Bukan Waktunya Mencari Pasangan Baru

Bagi Sahabat Dream yang mungkin belum memiliki pasangan, dan sedang mencari, maka saat ini bukanlah waktu yang tepat.

Social Distancing adalah aktivitas yang melarang kita untuk bertemu orang banyak di luar sana. Apalagi dengan orang yang baru anda kenal.

Fix, ini bukanlah waktu yang tepat untuk mengenal pasangan baru. Kontak fisik saja dilarang, apalagi kontak seksual.

Namun anda bisa memilih opsi video call atau telepon jika mungkin anda merindukan kekasih anda.

5 dari 6 halaman

Menjaga Kebersihan

 Ilustrasi membersihkan tangan© Pexels

Para ahli menyarankan kepada anda yang hendak melakukan hubungan intim dengan pasangan di rumah, harus dipastikan menjaga kebersihan.

Selalu gunakan air hangat dengan sabun untuk membersihkan anggota tubuh sebelum dan sesudah melakukannya.

Mencuci tangan dan anggota tubuh lain sesering mungkin di saat seperti ini memang sangat diperlukan.

Karena kita tidak pernah mengetahui apakah di tangan kita ada virus atau tidak. Sehingga anda harus rajin membasuhnya dengan sabun atau gunakan hand sanitizer.

Jika anda dan pasangan secara bersama dapat menjaga kebersihan, maka berhubungan seksual diperbolehkan. Dengan syarat salah satu atau keduanya positif virus corona.

6 dari 6 halaman

Lakukan Hobi Menarik Selain Kontak Seksual

Jika khawatir melakukan hubungan seksual, namun tidak ingin hubungan anda dengan pasangan semakin memburuk, maka anda bisa melakukan hobi lain.

Menurut dokter dari Universitas Columbia Jessica Justman, cara yang dapat merekatkan hubungan pasangan suami istri selain hubungan seks adalah dengan olahraga dan melakukan hobi bersama.

Disarankan melakukan aktivitas yang menarik, bernyanyi bersama atau memasak bisa menjadi pilihan lain selain kontak seksual.

Sahabat Dream sebaiknya mengikuti anjuran untuk melakukan social distancing, dan anjuran lain dari WHO dan Kemenkes RI.

Semakin banyak masyarakat yang mengikuti aturan, maka semakin cepat pula virus corona ini pergi dari bumi ini.

Hingga saat itu tiba, cari hobi seperti berolahraga, makan bergizi seimbang, tidur nyenyak, dan berpikir positif bahwa masa sulit ini akan segera berlalu.

PSBB Jakarta Ditambah Sampai 4 Juni, Anies Baswedan- Bisa Jadi yang Terakhir
Join Dream.co.id