Manfaatkan Bumbu Dapur untuk Bersihkan Telinga

Fresh | Senin, 2 November 2015 17:26
Manfaatkan Bumbu Dapur untuk Bersihkan Telinga

Reporter : Dwi Ratih

Ternyata garam dapat bermanfaat untuk membersihkan kotoran telinga.

Dream - Kotoran telinga merupakan gel pelumas yang terdiri dari sel-sel kulit mati, sekresi lemak dan rambut yang berkumpul di dalam telinga. Sehingga memiliki manfaat sebagai zat pelindung dari bahaya sakit telinga, gatal, pusing dan beberapa gangguan pendengaran.

Tapi, sebagai besar orang-orang malah membersihkannya setiap hari dengan menggunakan cotton but. Ternyata cara ini sangat berbahaya karena membuat kotoran semakin terdorong ke dalam dan menyebabkan penyumbatan.

Membersihkan kotoran telinga secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan saluran telinga. Hal itu diakibatkan karena beberapa jenis infeksi atau penyakit kulit, tulang dan jarinngan ikat.

Seperti yang dilansir dari Boldsky pada 2 November 2015, ada beberap bahan rumahan yang dapat digunakan untuk menyingkkirkan kotoran telinga.

1. Baby Oil
Tuangkan beberapa tes baby oil dengan menggunakan pipet untuk melunakan lilin atau kotoran telinga. Biarkan selama beberapa menit dan gunakan bola-bola kapas untuk menghilangkan minyak telinga yang keluar.

2. Garam
Coba terapkan saline solusi sebagai solusi termudah untuk menyingkirkan lilin telinga. Pertama, larutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam 1/2 cangkir air hangat. Rendam bola kapas ke dalamnya dan peras tetesan ke dalam gendang telinga. Kemudian miringkan telinga agar kotoran dapat terbawa keluar.

3. Minyak Mustard
Beberapa tetes minyak mustard dapat melarutkan kotoran telinga secara keseluruhan. Hangatkan minyak ini sebelum memakainya, karena akan membantu melunakan lebih cepat.

4. Cuka Apel
Selain digunakan untuk melunakan kotoran telinga, cuka atau sari apel dapat mengembalikan kadar normal pH telinga. Tambahkan 1,5 sendok teh cuka apel ke dalam secangkir air hangat. Tuang beberapa tetes dan tunggu beberapa menit agar kotoran telinga dapat cepat lunak.

5.Minyak Almon
Ternyata minyak almon merupakan resep lama yang telah digunakan para leluhur. Tuangkan beberapa tetes minyak almon dan miringkan kepala selama lima menit. Setelah itu bersihkan dengan kapas yang lembut. (Ism) 

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id