6 Manfaat Tanaman Porang yang Istimewa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Fresh | Rabu, 18 Mei 2022 14:36

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh beberapa negara sebagai obat alami.

Dream – Tanaman porang semakin hari semakin populer. Kabarnya, tanaman ini bisa menjadi pengganti beras yang menyehatkan. Porang adalah jenis tanaman umbi-umbian yang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri BI. Ada juga yang menyebut tanaman ini dengan nama iles-iles.

Bagi sahabat Dream yang belum familiar dengan porang, tanaman ini memiliki pohon yang tidak terlalu tinggi dengan daun berwarna hijau. Sedangkan buahnya sendiri berbentuk bulat dan berwarna cokelat dengan ukuran yang berbeda-beda.

Tanaman porang memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Karena manfaat tanaman porang tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga bermanfaat untuk bidang industri bahkan kecantikan. Sehingga tidak mengherankan jika tanaman porang memiliki peminat yang cukup tinggi.

Daripada makin penasaran apa saja manfaat porang bagi kesehatan, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui 99.co.

6 Manfaat Tanaman Porang yang Istimewa untuk Kesehatan dan Kecantikan
(Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Manfaat Tanaman Porang untuk Kesehatan

 Manfaat Tanaman Porang untuk Kesehatan© Shutterstock.com

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat tanaman porang yang pertama adalah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama kolesterol jahat (LDL). Di mana keberadaan kolesterol jahat di dalam tubuh sangatlah tidak baik dan akan memicu berbagai penyakit berbahaya untuk datang.

Oleh karena itu, kadar kolesterol di dalam tubuh haruslah selalu dikontrol dengan baik. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa tanaman porang memiliki kandungan berupa senyawa glucomannan yang mampu menjaga kadar kolesterol supaya tetap stabil.

Menjadi Bahan Obat Alami

Seiring berjalannya waktu, ada banyak sekali obat-obatan yang ditemukan dari alam. Salah satunya melalui tanaman porang. Tanaman ini ternyata mampu menjadi bahan obat alami yang sangat berkhasiat. Bahkan di negara Jepang dang Cina sudah memanfaatkannya di industri kesehatan dan kecantikan. Produk yang dihasilkan dari porang biasanya adalah obat yang berbentuk kapsul dan juga obat jenis lainnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tanaman Porang untuk Kesehatan

 Manfaat Tanaman Porang untuk Kesehatan© Freepik.com

Bisa Mengatasi Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit berbahaya yang harus segera ditangani dengan baik. Biasanya penderita diabetes akan mengikuti anjuran dokter dengan mengonsumsi obat yang diresepkan serta menjaga makanannya dengan sangat ketat. Karena penderita diabetes tidaklah boleh mengonsumsi makanan secara sembarangan, terutama yang mengandung gula.’

Nah, porang sendiri menjadi tanaman yang mampu untuk mengatasi diabetes. Hal ini pun telah dilakukan penelitian dalam Journal of Bioactive Carbohydrates and Dietary Fibre pada tahun 2015 silam. Hasilnya adalah dengan mengonsumsi porang, maka bisa untuk membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Apalagi bagi orang yang sedang menderita penyakit diabetes.

Makanan Alami Serbaguna

Manfaat tanaman porang yang tak kalah istimewa adalah bisa diolah menjadi makanan alami serbaguna yang tentu saja menyehatkan. Misalnya saja di negeri Sakura yang membuat porang menjadi tepung konjac. Di mana tepung ini nantinya diolah menjadi mi shirataki yang sangat lezat.

Bahkan ada juga yang membuatnya menjadi agar-agar karena memang porang memiliki sifat yang tidak berwarna dan mudah larut di dalam air. Jadi, tanaman yang menyerupai umbi-umbian ini jangan dianggap remeh. Tanaman tersebut bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang nikmat dan sudah pasti menyehatkan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tanaman Porang untuk Kesehatan

 Manfaat Tanaman Porang untuk Kesehatan© Freepik.com

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat tanaman porang berikutnya adalah untuk mencegah penyakit kanker. Seperti yang diketahui bahwa kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan serangkaian pengobatan yang harus dilakukan oleh penderitanya pun cukup banyak dan lama. Meski begitu, tidak sedikit juga yang pada akhirnya meninggal dunia karena tubuhnya digerogoti oleh kanker.

Namun, penyakit ini masih bisa dicegah, salah satunya dengan mengonsumsi porang. Hal ini karena adanya senyawa glucomannan di dalam tanaman tersebut. Selain itu, bagi penderita kanker usus alangkah baiknya jika mengonsumsi porang. Karena ususnya akan terjaga dengan baik dari serangan sel kanker yang ganas. Bahkan ini juga akan memberikan perlindungan pada sistem pencernaan.

Merawat Kesehatan Kulit

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit sehat? Merawat kulit memang tidak bisa dikatakan mudah. Apalagi bagi sahabat Dream yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dan harus sering terpapar sinar matahari serta polusi. Ini menjadi ancaman tersendiri bagi kulit dan berisiko memunculkan masalah. Seperti kulit terlihat kusam, muncul jerawat, dan sebagainya.

Nah, salah satu cara merawat kesehatan kulit adalah dengan menggunakan tanaman porang. Hal ini telah dilakukan penelitian yang terdapat di dalam American Journal of Dermatology and Venereology pada tahun 2013 silam.

Dari penelitian ini membuktikan bahwa tanaman porang bermanfaat untuk merawat kulit serta membersihkan jerawat dengan sangat efektif. Ini cocok sekali bagi kamu yang memiliki masalah jerawat dan belum juga terselesaikan sampai sekarang. Kamu bisa mencoba tanaman porang untuk mengatasinya.

Itulah beberapa manfaat tanaman porang yang tidak hanya baik bagi kesehatan. Tetapi juga baik untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit. Bahkan porang bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang lezat dan menyehatkan.

Join Dream.co.id