Penelitian Terbaru Yoga Ungkap Hasil Mengejutkan

Fresh | Minggu, 24 Juni 2018 07:03
Penelitian Terbaru Yoga Ungkap Hasil Mengejutkan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Para peneliti di University of Manheim melakukan dua eksperimen.

Dream - Yoga adalah salah satu jenis senam yang mulai tren beberapa tahun terakhir. Yoga telah merambah hampir semua kalangan. Mulai dari remaja, orang dewasa hingga ibu-ibu hamil.

Umumnya, orang-orang ikut kelas yoga agar memiliki jiwa yang tenang dan damai. Namun, para peneliti di University of Manheim di Jerman memperlihatkan fakta yang bertolak belakang.

Studi terbaru mengungkapkan, yoga akan meningkatkan ego seseorang. Bukan membuat jiwa merasa tenang seperti yang diyakini selama ini.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science, peneliti melakukan analisis terhadap asumsi tentang efek yoga dan meditasi.

 yoga

Foto: Shutterstock

Mereka membandingkannya dengan prinsip-prinsip pemusatan diri yang mengatakan, aktivitas apa pun yang terkait dengan pemusatan diri akan menghasilkan penguatan diri.

Para peneliti di University of Manheim melakukan dua eksperimen. Pertama, mereka memantau 93 orang yang mengikuti kelas yoga selama 15 minggu. Selama itu, para peneliti mencatat tingkat penguatan diri orang-orang tersebut sebelum dan sesudah melakukan yoga.

Hasilnya, para peneliti menemukan, orang-orang tersebut memperlihatkan tingkat penguatan diri yang lebih tinggi beberapa jam setelah melakukan yoga, dibandingkan mereka yang tidak melakukannya dalam 24 jam terakhir.

 yoga

Foto: Shutterstock

Ekperimen berikutnya melibatkan 162 pelaku meditasi, bagian dari yoga yang diambil dari berbagai grup meditasi di Facebook. Para peneliti kemudian memantau mereka selama empat minggu dan mendapatkan kesimpulan yang sama.

Para pelaku meditasi memperlihatkan tingkat penguatan diri yang lebih tinggi setelah melakukan meditasi, dibandingkan mereka tidak melakukannya dalam 24 jam terakhir. Menariknya, para peneliti juga menemukan adanya peningkatan kesejahteraan hidup dari orang-orang yang melakukan yoga atau meditasi.

 yoga

Foto: Shutterstock

Kesejahteraan hidup seseorang ikut meningkat seiring dengan naiknya tingkat penguatan diri seseorang. Penguatan diri terlihat lebih tinggi jika seseorang melakukan yoga atau meditasi.

" Selain itu, penguatan diri yang lebih besar akan memberikan manfaat bagi tingkat kesejahteraan hidup, baik tubuh dan pikiran. Sehingga, fungsi yoga dan meditasi, bukan untuk membuat ego menjadi tenang, tetapi agar mental semakin baik," tulis para peneliti. (ism)

Terkait
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim
Join Dream.co.id