Manfaat Pisang Kepok dan Pisang Ambon untuk Ibu Hamil

Fresh | Jumat, 13 Desember 2019 18:45
Manfaat Pisang Kepok dan Pisang Ambon untuk Ibu Hamil

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh dan kesehatan ibu hamil

Dream - Pisang merupakan buah yang mudah ditemukan di kawasan tropis, terutama Indonesia. Pisang juga menjadi pilihan banyak orang untuk mengembalikan energi karena mudah diserap tubuh. Selain itu, pisang juga baik digunakan untuk kamu yang sedang menjalani diet.

Memilih pisang tentunya harus memerhatikan warna kulit dari buah tersebut. Pilihlah buah pisang yang memiliki kulit hijau kekuningan disertai dengan bercak cokelat.

Dengan kulit seperti itu, pisang terasa lebih manis dan mempermudah tubuh untuk mengolah glukosa yang ada pada pisang.

2 dari 6 halaman

Manfaat Buah Pisang

 Manfaat Buah Pisang

Selain enak untuk dimakan, pisang ternyata kaya akan manfaat yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan kalori, protein, lemak, karbohidrat, glukosa, kalsium dan fosfor menyebabkan manfaat pisang berguna untuk tubuh.

Baik untuk pencernaan

Konsumsi pisang secara rutin mampu membantu memperlancar pencernaan. Hal ini disebabkan oleh pati anti cerna pada pisang yang akan difermentasi oleh bakteri pada usus sehingga pencernaan menjadi lancar.

Mengatasi kulit wajah kering

Selain baik untuk kesehatan, pisang juga bisa mengatasi kulit wajah yang kering. Caranya kamu cukup menghaluskan buah pisang yang sudah matang, kemudian campurkan dengan madu. Oleskan ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air besih.

Melembutkan rambut

Bagi kamu yang memiliki rambut kering dan kasar, kamu bsia menggunakan masker rambut dari pisang dan minyak kelapa untuk melembutkan

Caranya :

  • Haluskan pisang
  • Campurkan dengan 1 sdm minyak kelapa
  • Cleskan keseluruh helai rambut
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas menggunakan air

Gunakan masker pisang pada rambut sebanyak 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Tak hanya baik dikonsumsi untuk menambah energi, ternyata manfaat pisang juga sangat baik untuk ibu hamil. Beberapa manfaat pisang bagi ibu hamil yaitu mengatasi mual dan muntah pada awal kehamilan.

Mencegah sembelit

Manfaat pisang untuk ibu hamil yaitu mampu mencegah sembelit. Kandungan serat yang tinggi pada buah pisang mampu mengatasi sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk itu ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang sebanyak 2-3 buah per hari.

Menurunkan risiko bayi lahir cacat

Kandungan asam folat yang ada pada pisang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Pisang bisa memberikan asam folat tambahan untuk janin selain suplemen yang diberikan dokter.

Mengurangi morning sickness

Kandungan vitamin B6 pada pisang mampu mencegah terjadinya morning sickness pada masa awal kehamilan. Untuk mencegah morning sickness terjadi secara terus menerus, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang setiap hari sebelum perut terasa mual.

4 dari 6 halaman

Manfaat Kulit Pisang

 Manfaat Kulit Pisang

Kulit pisang sering kali dibuang setelah mengkonsumsi buah bisang. Padahal kulit pisang memiliki banyak nutrisi yang sangat berguna. Kulit pisang dapat digunakan untuk memutihkan gigi dan juga masalah kulit lainnya seperti jerawat hingga kerutan.

Mengatasi jerawat

Manfaat pisang ternyata tidak hanya terletak bada buahnya, tapi kulitnya juga. Untuk kamu yang berjerawat kamu bisa menggunakan treatment kulit pisang untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup mudah, cukup aplikasikan bagian dalam kulit pisang ke wajah dan diamkan selama 5 menit lalu bilas.

Mengurangi kerutan

Untuk mengatasi kerutan, kamu butuh mengeruk bagian dalam kulit pisang kemudian dihaluskan. Setelah itu campur rata dengan madu dan aplikasikan ke wajah. Lakukan secara rutin agar kerutan diwajahmu cepat memudar.

Memutihkan gigi

Manfaat kulit pisang selanjutnya yaitu dapat memutihkan gigi yang kuning. Cukup gosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi dan diamkan selama satu menit lalu bersihkan menggunakan pasta gigi. Lakukan cara ini secara rutin selama seminggu untuk hasil yang maksimal.

5 dari 6 halaman

Manfaat Pisang Ambon

 Manfaat Pisang Ambon

Siapa sangka pisang yang sering diolah menjadi makanan penutup ini ternyata kaya akan manfaat. Yuk cari tahu lebih lengkap manfaat pisang ambon.

Membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi pisang ambon secara rutin mampu menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada pisang bisa membuat kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga bisa menahan untuk mengkonsumsi makanan lain.

Sumber energi

Manfaat pisang selanjutnya yaitu bisa dijadikan salah satu sumber energi utama. Hal ini karena kandungan vitamin dan antioksidan pada pisang yang bisa memulihkan energi setelah berolahraga.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan potasium pada pisang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Cukup konsumsi pisang secara rutin setiap hari agar jantung tetap sehat dan terhindar dari penyakit lainnya.

6 dari 6 halaman

Manfaat Pisang Kepok

 Manfaat Pisang Kepok

Tak kalah dengan jenis pisang lainnya, pisang kepok juga sangat digemari masyarakat Indonesia. Salah satu jenis pisang yang sering diolah sebagai pisang goreng, pisang rebus, dan kolak pisang ini ternyata memiliki banyak manfaat utnuk kesehatan.

Meningkatkan imunitas tubuh

kandungnan vitamin dan mineral serta potasium pada pisang dapat memproduksi sel darah putih. Sel ini berguna untuk membasmi kuman dan bakteri yang masuk ke tubuh sehingga bisa menaikkan sistem imun.

Meredakan penyakit maag

Manfaat pisang kepok selanjutnya yaitu bisa mengatsi sakit maag. Kandungan antacid pada pisang kepok mampu menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Konsumi pisang saat sakit maag juga sangat baik karena teksturnya yang halus sehingga tidak mempersulit kerja lambung.

Menyehatkan mata

Mengkonsumsi pisang secara rutin ternyata juga bisa menyehatkan mata. Hal ini disebabkan kandungan karoten pada pisang yang merupakan pro vitamin A dan akan diubah di hati menjadi vitamin A yang dapat menyehatkan mata.

( Jossi Andriani / dikutip dari berbagai sumber )

Terkait
Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir
Join Dream.co.id