Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Manfaat Pala untuk Kesehatan hingga Kecantikan, Penting Buat `Nutrisi` Otak

7 Manfaat Pala untuk Kesehatan hingga Kecantikan, Penting Buat `Nutrisi` Otak Manfaat Pala Untuk Kesehatan (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Dream – Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Berbagai jenis rempah tumbuh dengan subur di berbagai wilayah Indonesia. Tak mengherankan jika hampir setiap masakan Indonesia memiliki cita rasa yang sangat kaya dan membuat mereka yang pernah mencicipi selalu merindukannya.

Salah satu tanaman rempah-rempah itu adalah pala yang berasal dari biji Myristica fragrans yang merupakan pohon cemara asli dari tanah Indonesia. Pala memiliki rasa yang pedas dan memberikan efek hangat, serta aroma yang terasa manis. Beberapa makanan yang kerap menggunakan pala adalah kari. Bahkan ada juga minuman yang mencampurkan pala seperti teh chai.

Di samping sebagai penyedap rasa, manfaat pala bagi kesehatan juga sangat banyak Sahabat Dream. Pala memiliki senyawa yang kuat sehingga ampuh dalam mencegah berbagai penyakit serta membantu meningkatkan kesehatan.

Daripada makin penasaran, berikut adalah beberapa manfaat pala sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com dan klikdokter.com.

Manfaat Pala untuk Kesehatan

Manfaat Pala untuk Kesehatan

Mengatasi Insomnia

Apakah sahabat Dream ada yang mengalami insomnia? Ya, insomnia adalah kondisi sulit tidur. Hal ini membuat seseorang kerap begadang di malam hari karena memang tidak bisa tidur dalam waktu yang cepat. Namun, masalah tidur ini bisa sahabat Dream atasi dengan menggunakan pala.

Pala memilik efek yang menenangkan jika kamu konsumsi dengan dosis yang kecil saja. Bahkan dalam pengobatan kuno telah melakukan pengujian bahwa efek dari pala bisa menginduksi tidur serta menghilangkan stres.

Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan cara menyediakan sejumput pala dan mencampurkan pada segelas susu. Bisa juga dengan menambahkan kapulaga dan almond.

Mengatur Tekanan Darah

Manfaat pala selanjutnya adalah mengatur tekanan darah. Hal ini dijelaskan oleh National Institutes of Health melalui panduan komprehensif menurunkan tekanan darah, bahwa dianjurkan untuk memberikan rempah-rempah dalam jumlah yang banyak, misalnya di dalam makanan yang dikonsumsi. Mengingat bahwa tekanan darah haruslah selalu dijaga. Jika sampai terlalu tinggi, maka akan memicu hadirnya penyakit berbahaya, seperti jantung.

Selain itu, ekstrak dari buah pala juga memberikan efek signifikan pada tingkat tekanan darah. Dengan begitu, masih membutuhkan penelitian lebih dalam lagi terkait efek dari buah pala untuk darah manusia.

Manfaat Pala untuk Kesehatan

Manfaat Pala untuk Kesehatan

Menghilangkan Rasa Sakit

Manfaat pala bagi kesehatan berikutnya adalah bisa menghilangkan rasa sakit. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa buah pala memiliki kandungan minyak atsiri, seperti esensial, eugenol, elemicin, myristicin, dan safrole.

Bahkan dalam sebuah buku DK Healing Foods menjelaskan kalau minyak atsiri pada buah pala mengandung sifat antiinflamasi yang ampuh mengobati nyeri otot dan sendi. Caranya adalah dengan meneteskan minyak esensial di daerah yang sakit. Lalu minyak tersebut akan mengobati masalah nyeri sendi, nyeri otot, peradangan, sampai luka.

Mencegah Kanker

Kanker menjadi penyakit yang berusaha dihindari oleh setiap orang. Oleh karena itu, pola hidup sehat sangatlah penting, seperti memperhatikan menu makanan, istirahat, serta olahraga. Namun perlu sahabat Dream ketahui, bahwa dalam mencegah kanker juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah pala yang adalah rempah-rempah sekaligus menjadi obat tradisional.

Bahkan dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa buah pala memiliki sifat kemopreventif. Selain itu bisa juga untuk menginduksi kematian sel apoptosis dalam sel leukemia. Sehingga, buah pala pun mampu untuk mencegah dari tumbuhnya sel kanker serta metastasis leukemia yang biasanya menyerang anak-anak.

Manfaat Pala untuk Kesehatan

Manfaat Pala untuk Kesehatan

Membantu Pencernaan

Buah pala sangat baik untuk membantu pencernaan berupa gangguan pada pencernaan sampai sakit perut. Manfaat pala ini berasal dari aromanya yang khas dari biji pala. Jadi, bagi sahabat Dream yang memiliki keluhan pada pencernaannya, cobalah untuk menggunakan buah pala sebagai obat.

Menyehatkan Otak

Otak adalah organ vital yang memiliki peranan penting dalam proses berpikir. Oleh karena itu, kesehatan otak haruslah selalu dijaga, salah satunya dengan menggunakan buah pala. Bahkan pemanfaatan buah pala sudah dilakukan sejak zaman dulu lho, sahabat Dream.

Di mana pala memiliki afrodisiak yang menstimulasi saraf di bagian otak yang biasanya digunakan sebagai tonik otak oleh orang-orang Yunani dan Romawi kuno. Selain itu, dalam pala juga memiliki bahan yang efektif untuk mengatasi depresi serta kecemasan. Hal ini karena adanya minyak esensial dalam buah pala yang mampu mengurangi rasa lelah dan stres. Jadi, buah pala ini pun juga baik untuk kesehatan mental.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat pala ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja. Tetapi bisa juga sahabat Dream andalkan untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena buah pala memiliki sifat antimikroba dan antiperadangan. Sehingga buah pala mampu mengatasi masalah kulit, seperti jerawat, komedo, dan pori-pori yang tersumbat. Cara menggunakannya adalah dengan menjadikan buah pala sebagai masker dan mengoleskan di area jerawat.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

Beberapa buah terkenal karena kandungan vitamin, serat, mineral dan senyawa pelindungnya yang jauh lebih tinggi. Yuk, simak 15 buah yang paling menyehatkan!

Baca Selengkapnya
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Memaksimalkan energi dalam tubuh membutuhkan pola makan yang holistik. Yuk, simak jenis-jenis makanan yang bisa memaksimalkan energi tubuh ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Alasan Olahraga Lebih Baik Dilakukan Pagi Hari

5 Alasan Olahraga Lebih Baik Dilakukan Pagi Hari

Anjuran untuk olahraga di pagi hari bukan tanpa sebab. Ketahui manfaat berolahraga di pagi hari untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Selengkapnya
7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya segar, buah naga kaya akan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit ringan hingga kronis.

Baca Selengkapnya
6 Manfaat Sholat Tarawih untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Baik untuk Jantung

6 Manfaat Sholat Tarawih untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Baik untuk Jantung

Sholat tarawih mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Baca Selengkapnya