Manfaat Micin untuk Kambing yang Patut Dicoba, Para Peternak Harus Tahu!

Fresh | Minggu, 8 Mei 2022 10:48

Reporter : Arini Saadah

Micin bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan pada kambing.

Dream - Manfaat micin untuk kambing masih asing di telinga orang awam. Namun bagi para peternak kambing, manfaat micin untuk kambing mungkin sudah banyak diketahui.

Bagi para peternak, memelihara kambing bisa dikatakan gampang-gampang susah. Perlu dilakukan perawatan yang tepat agar ternak bisa tumbuh besar dan memberikan keuntungan bagi para peternak.

Nah, salah satu perawatan terbaik kepada ternak kambing adalah dengan memberikannya micin. Manfaat micin ternyata bukan hanya untuk penyedap masakan saja, melainkan bisa berkhasiat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan pada kambing, seperti gairah makan hingga mengurangi risiko kematian pada hewan ternak tersebut.

Lantas apa saja manfaat micin untuk kambing? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

Manfaat Micin untuk Kambing yang Patut Dicoba, Para Peternak Harus Tahu!
Ilustrasi Hewan Ternak Kambing. (Foto: Unsplash.com)
2 dari 5 halaman

1. Menambah Nafsu Makan dan Mempercepat Pertumbuhan

 Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat micin untuk kambing yang pertama ialah bisa membantu menambah nafsu makan dan mempercepat pertumbuhannya. Tak jarang bagi para peternak kambing mengalami masalah karena nafsu makan hewan ternaknya yang buruk.

Hal ini tentu menghambat pertumbuhan tubuh kambing. Jika Sahabat Dream memiliki hewan ternak berupa kambing dan sedang mengalami masalah tersebut, maka tidak ada salahnya mencoba mengatasinya dengan micin.

Micin mengandung zat yang bisa menambah nafsu makan pada kambing. Jika nafsu makannya baik, maka kambing akan tumbuh dengan gemuk. Hal ini juga berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya.

3 dari 5 halaman

2. Membantu Mengurangi Risiko Penyakit

Penyakit bisa menyerang siapa saja, termasuk hewan ternak kambing. Kambing memiliki risiko tinggi terserang berbagai penyakit. Inilah mengapa para peternak harus memerhatikan kesehatan kambing yang dipelihara. Tak jarang banyak peternak merugi karena kambingnya terserang penyakit hingga berujung kematian.

Maka dari itu, untuk mengurangi resiko serangan penyakit, kamu bisa mencoba memberikan micin pada minuman atau makannya.

Manfaat micin untuk kambing yang satu ini bisa membantu mengurangi risiko terserang penyakit. Lantaran micin mengandung zat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh pada kambing. Memberikan micin secara rutin juga akan membuat kambing menjadi lebih sehat.

4 dari 5 halaman

3. Mengurangi Tingkat Stres

Tak hanya manusia, hewan pun juga bisa mengalami stres termasuk kambing. Jika kambing stres yang berlebihan, ia akan cenderung mudah terserang penyakit.

Biasanya kambing yang stres akan lebih banyak diam, malas bergerak, dan berkurangnya nafsu makan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memberikan micin.

Manfaat micin untuk kambing diyakini bisa mengatasi stresnya. Kamu bisa mencampurkan micin ke air minumnya atau pakan basah khusus. Micin diberikan secara berkala sampai kambing terhindar dari risiko stres yang berlebihan.

 

5 dari 5 halaman

4. Mengurangi Angka Kematian

Manfaat micin untuk kambing juga bisa membantu mengurangi angka kematian. Telah disinggung sebelumnya, bahwa micin bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada kambing. Sehingga kambing jadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Memberikan micin secara berkala kepada kambing bisa memperpanjang usianya. Sehingga angka kematian kambing pun bisa berkurang. Bukankah hal ini akan memberikan keuntungan besar bagi para peternak?

Itulah beberapa manfaat micin untuk kambing yang mungkin jarang diketahui oleh masyarakat, khususnya para peternak. Namun demikian, kamu tidak boleh memberikan micin untuk kambing secara berlebihan. Karena apapun yang berlebihan pasti tidak baik akibatnya.

Join Dream.co.id