Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Saat Buka Puasa dan Sahur

Fresh | Rabu, 14 April 2021 11:11

Reporter : Dwi Ratih

Padahal untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh selama berpuasa, kita sangat dianjurkan lebih banyak mengonsumsi air putih.

Dream - Memang, minuman dingin dan manis sangat menggiurkan saat siang hari kala berpuasa. Bahkan, nggak jarang minuman dingin dan manis itu dijadikan santapan utama ketika berbuka puasa.

Padahal untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh selama berpuasa, kita sangat dianjurkan lebih banyak mengonsumsi air putih atau mineral kala buka puasa hingga sahur, karena kita kehilangan banyak cairan tubuh.

Konsumsi air putih hangat saat perut dalam keadaan kosong dinilai bermanfaat bagi pencernaan. Hal ini dapat membuat pencernaan tidak 'kaget' saat mencerna makanan.

Berikut beberapa manfaat minum air putih hangat saat sahur dan buka puasa. Yuk simak sampai habis!

Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Saat Buka Puasa dan Sahur
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

Sehatkan pencernaan

Manfaat minum air hangat saat buka puasa yang pertama adalah dapat menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Air adalah pelumas alami yang membuat pencernaan terus berjalan.

Saat air mengalir melalui perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan limbah secara efektif.

 Ilustrasi© Shutterstock

Menenangkan Sistem Saraf Pusat

Sistem saraf pusat akan lebih tenang dan air dapat melumasi tubuh, merupakan manfaat minum air putih hangat saat buka puasa. Sistem saraf yang tidak terhidrasi dengan baik akan mudah meradang dan menimbulkan nyeri.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan migrain dan sakit kepala. Minum air hangat saat berbuka dapat mengatasi masalah ini dengan cepat.

3 dari 4 halaman

Hidrasi tubuh

Air putih, baik dingin maupun hangat bisa membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Manfaat minum air hangat saat buka puasa bisa membantu mencegah dehidrasi setelah menahan haus seharian.

Berfungsi menjaga keseimbangan dalam tubuh, air menjadi hal yang diperlukan.

Membiasakan minum air secara teratur dalam keadaan perut kosong dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi.

 Ilustrasi© Shutterstock

Cegah sembelit

Ketika perut kosong, minum segelas air dapat membantu menghilangkan akumulasi limbah dan memungkinkan penyerapan nutrisi lebih cepat.

Minum air hangat juga bisa membantu usus berkontraksi. Sehingga bisa membuat limbah dalam pencernaan bergerak keluar dengan cepat, sehingga mengatasi sembelit.

4 dari 4 halaman

Turunkan Stres

Karena minum air hangat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, ia dapat menenangkan tubuh. Manfaat minum air hangat saat buka puasa dapat membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi tingkat stres.

Konsumsi segelas air hangat untuk membantu mengelola stres dan kecemasan.

Kurangi racun dalam tubuh

Air hangat juga bisa berperan sebagai detoksifikasi tubuh. Ketika air cukup panas untuk menaikkan suhu tubuh seseorang, ia bisa menyebabkan keringat.

Berkeringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori. Racun tubuh juga bisa keluar melalui urin. Semakin banyak minum air, semakin banyak pula urin yang dikeluarkan untuk mendetoksifikasi tubuh.

 Ilustrasi© Shutterstock

Bantu kembalikan energi

Selama puasa kita sering merasa letih dan lemah, dengan minum air hangat hal itu dapat diatasi. Minum air putih saat perut kosong bisa membuat tubuh langsung aktif.

Akibatnya, air putih dapat merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat yang menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

Join Dream.co.id