Manfaat Luar Biasa Air Putih untuk Kesehatan Organ Vital

Fresh | Kamis, 17 Desember 2015 13:29
Manfaat Luar Biasa Air Putih untuk Kesehatan Organ Vital

Reporter : Dwi Ratih

Air putih dapat berfungsi sebagai pelindung organ-organ vital.

Dream - Tatanan tubuh manusia, 75 persen terdiri dari air yang hadir di dalam sel, ruang di antara sel-sel dan pembuluh darah. Saat melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya, akan mengeluarkan keringat yang menyebabkan tubuh kehilangan sejumlah cairan.

Air sendiri bertugas untuk mendinginkan tubuh agar tetap terhidrasi. Menurut Amerikan College of Sport Medicine (ACMS), saat tubuh kehilangan air lebih dari dua persen akan menurunkan kinerja fisik dan mental. Terutama saat berada di daerah yang panas.

Banyak mengonsumsi air putih juga membantu untuk mengembalikan air dan natrium yang hilang selama berolahraga.

Seperti dilansir dari Stylecraze pada Kamis, 17 Desember 2015 ada beberapa manfat air putih yang perlu Anda ketahui. Simak langsung yuk penjelasannya di bawah ini: 

1. Mengatur Suhu Tubuh
Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu mengatur suhu tubuh. Terutama dalam suhu hangat, tubuh memerlukan pasokan air lebih banyak karena cenderung berkeringat. Bertambahnya usia juga mengurangi kemampuan mengatur suhu tubuh.

2. Mengatasi Jantung Berdebar
Kekurangan cairan dapat menyebabkan jantung palpitasi atau berdebar. Jantung harus berupaya lebih keras memompa darah ke seluruh tubuh.

Air dapat membantu melancarkan sirkulasi darah secara tepat ke seluruh tubuh sehingga detak jantung akan kembali normal karena sirkulasi oksigen dan nutrisi juga menjadi lebih mudah.

3. Mencegah Kram Otot
Kekurangan air setelah olahraga dapat menyebabkan kejang otot. Jumlah air yang sedikit dalam jaringan otot dapat menyebabkan kram. Sehingga sangat penting untuk minum air agar menggantikan cairan yang hilang.

4. Menghilangkan Mual
Kekurangan cairan setelah olahraga dapat menyebabkan rasa mual. Sehingga sangat disarankan untuk banyak minum air putih untuk mencegah hal ini terjadi.

5. Pusing dan Kebingungan
Saat tubuh hanya memiliki sedikit kandungan air akan menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Menghambat senyawa masuk dari darah ke dalam otak. Kemudian hal ini akan menyebabkan kebingungan (tidak fokus) dan pusing.

6. Menghambat Kinerja
Kekurangan air dapat menghambat kemampuan fisik dan mental seseorang. Kemudian dapat menyebabkan penurunan kinerja.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan
Banyak minum air setelah olahraga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Setelah olahraga rutin, seseorang akan merasa lapar dan mulai makan banyak yang membuat kalori menumpuk.

Dengan banyak mengonsumsi air putih, akan membuat tubuh menjadi kenyang dan tingkat kalori akan terkurangi. Kurang minum juga menyebabkan metabolisme menjadi tidak lancar. Sehingga perlu dibedakan apakah tubuh sedang lapar atau hanya merasakan haus saja.

8. Melindungi Organ Vital
Keseimbangan cairan tubuh bertindak sebagai pelindung organ-organ vital. Sehingga sangat disarankan untuk banyak minum agar kalium dan natrium yang hilang terbawa keringat dapat dikembalikan.

Yang paling penting diperhatikan, air harus dalam suhu normal, dan tidak boleh terlalu dingin. Sebab, air es dapat mengejutkan sistem tubuh. (Ism) 

Join Dream.co.id