7 Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Mulut yang Bersih dan Segar

Fresh | Sabtu, 7 Mei 2022 07:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Jeruk purut kaya vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh.

Dream – Selama ini tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang menggunakan jeruk purut sebagai bumbu masakan agar rasanya lebih sedap dan segar. Jeruk purut salah satunya dicampurkan pada sambal yang membuatnya memiliki cita rasa pedas yang menyegarkan.

Jeruk yang memiliki nama latin Citrus hystrix ini ternyata tidak hanya cocok dijadikan sebagai campuran pada masakan saja lho, sahabat Dream. Manfaat jeruk purut untuk kesehatan sangatlah istimewa. Hal ini karena adanya kandungan gizi serta nutrisi yang sangat diperlukan tubuh.

Ada beberapa kandungan gizi yang dimiliki oleh jeruk purut di antaranya seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B6, zat besi, kalsium, dan kalium. Tak hanya itu saja, kalori yang dimiliki oleh jeruk purut pun tergolong rendah. Jadi, bagi sahabat Dream yang sedang berusaha menurunkan berat badan bisa mengonsumsi jeruk purut yang ditambahkan pada makananmu.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat jeruk purut untuk kesehatan sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui hellosehat.com.

7 Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Mulut yang Bersih dan Segar
Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)
2 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan

 Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jeruk purut yang pertama adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di mana sistem kekebalan tubuh yang baik sangatlah penting untuk bisa melindungi diri dari serangan bakteri maupun virus yang menyebabkan berbagai penyakit. Itulah kenapa seseorang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun akan mudah sakit.

Nah, cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi jeruk purut. Karena jeruk ini memiliki senyawa bioaktif, seperti citronellol dan vitamin C. Kandungan tersebut bersifat antioksidan dan antibakteri yang ampuh dalam melawan radikal bebas. Jadi, sahabat Drean bisa terhindar dari penyakit. Sedangkan yang sedang sakit bisa sembuh lebih cepat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jeruk purut yang tak kalah istimewa adalah menjaga kesehatan jantung. Jantung adalah salah satu organ vital yang ketika mengalami masalah, maka hal tersebut sangatlah berbahaya. Jeruk purut sendiri memiliki sifat antiinflamasi dari senyawa bioaktif yang mampu memberikan perlindungan pada jantung dan pembuluh darah dari terjadinya peradangan.

Selain itu, jeruk purut juga memiliki kandungan serat yang bisa menurunkan koletserol jahat dan mengontrol tekanan darah. Secara tidak langsung hal ini pun memberikan efek pada kesehatan jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan

 Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan© Freepik.com

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang baik berhubungan dengan makanan yang sahabat Dream konsumsi setiap hari. Jika sampai sistem pencernaan mengalami masalah, maka hal ini akan membuatmu tidak nyaman dan menghambat setiap aktivitas yang akan dilakukan.

Salah satu makanan yang bisa menyehatkan sistem pencernaan adalah jeruk purut. Karena di dalamnya terdapat kandungan senyawa limonene, nerol, dan citronellol yang bersifat antiinflamasi. Jadi bisa diandalkan untuk meredakan masalah yang berhubungan dengan pencernaan, misalnya perut kembung dan sembelit.

Menjaga Kesehatan Sendi

Manfaat jeruk purut yang jangan sampai dilewatkan adalah bisa menjaga kesehatan sendi. Hal ini berasal dari ekstrak jeruk purut yang hanya perlu sahabat Dream aplikasikan ke bagian tubuh yang mengalami radang sendi serta bisa meredakan rasa nyeri.

Selain dengan cara diaplikasikan, sahabat Dream juga bisa mengonsumsinya untuk dijadikan jus. Hal ini akan membantu untuk meredakan peradangan yang terjadi di tubuh, meskipun tidak memberikan dampak secara signifikan. Namun, tidak ada salahnya jika dicoba bukan?

4 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan

 Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jeruk purut juga sangat baik untuk mendukung kesehatan kulit. Menyadari bahwa kulit adalah bagian terluar tubuh yang perlu mendapatkan perlindungan khusus. Karena kulit mudah sekali terpapar polusi dan sinar matahari yang dalam jangka panjang tidak baik bagi kesehatannya.

Nah, jeruk purut memiliki senyawa antioksidan yang mampu melindungi kulit dari terjadinya kerusakan oleh radikal bebas. Selain itu juga bisa memperlambat dari kerusakan sel dan meminimalkan penuaan kulit, seperti keriput, bitnik-bintik, noda, hingga jerawat. Sehingga wajar saja jika jeruk purut juga kerap kali dijadikan sebagai bahan pembuatan kosmetik maupun produk-produk untuk membersihkan kulit.

Meredakan Stres

Stres bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya saja tekanan pekerjaan atau masalah-masalah lainnya yang membuatmu terus memikirkannya. Jeruk purut bisa menjadi solusi untuk meredakan stres yang kamu alami.

Biasanya jeruk purut dibuat menjadi minyak esensial yang sudah terbukti ampuh menghilangkan stres, kecemasan, dan membuat pikiran menjadi lebih jernih. Bahkan jeruk purut bisa menjadi aromaterapi yang membuat ruangan di rumahnya terasa menyegarkan.

Menyehatkan Mulut

Setiap makanan yang sahabat Dream konsumsi tentu akan meninggalkan sisa-sisa makanan di dalamnya. Jika tidak dibersihakn secara benar, maka sisa makanan tersebut akan memicu hadirnya bakteri yang menyebabkan gangguan pada kesehatan mulut.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa jeruk purut, baik itu ekstrak buahnya, kulitnya, atau daunnya mampu menyehatkan rongga mulut. Hal itu karena adanya sifat antibakteri yang mampu memusnahkan bakteri di mulut dan menghindarkan dari terjadinya infeksi. Bahkan jeruk purut bisa membuat mulut menjadi lebih bersih dan segar.

Join Dream.co.id