8 Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan, Solusi Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

Fresh | Senin, 23 Mei 2022 17:13

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Green coffee adalah kopi yang bisa membantu dalam mendetoks tubuh.

Dream – Apakah kamu pecinta kopi? Minuman dari biji kopi yang mulanya identik dengan laki-laki, kini semakin banyak dinikmati oleh para perempuan. Bahkan di zaman sekarang semakin banyak kafe kopi berdiri, dari yang harganya murah sampai yang mahal selalu dipenuhi oleh muda-mudi, baik laki-laki maupun perempuan.  

Ada banyak sekali jenis kopi yang bisa sahabat Dream nikmati. Salah satunya adalah green coffee atau kopi hijau. Sesuai dengan namanya, biji kopi ini memang berwarna hijau dan tak kalah istimewa dengan kopi hitam pada umumnya.

Selain memiliki cita rasa yang nikmat, manfaat green coffee tidak bisa diremehkan begitu saja. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa green coffee memiliki kandungan berupa asam klorogenat yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang ampuh untuk membantu seseorang menurunkan berat badan.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat green coffee bagi kesehatan sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

8 Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan, Solusi Tepat untuk Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan

 Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan© Unsplash.com

Menurunkan Berat Badan

Manfaat green coffee yang pertama adalah bisa menurunkan berat badan. Kandungan asam klorogenat di dalam green coffee inilah yang memiliki peran besar dalam menurunkan berat badan. Kandungan tersebut berpengaruh dalam penyerapan glukosa di tubuh. Dengan begitu, glukosa yang ada di tubuh bisa tetap terkendali. Selain itu juga mampu mengatur metabolisme yang terjadi di tubuh.

Meski begitu, mengonsumsi green coffee tidaklah bisa secara berlebihan. Hal ini karena green coffee memiliki kandungan kafein yang tinggi. Sehingga jika berlebihan tidak akan baik bagi tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini mampu memicu datangnya berbagai penyakit berbahaya, seperti halnya penyakit stroke. Oleh karena itu, tekanan darah haruslah selalu diperhatikan dengan baik.

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi green coffee. Di mana green coffee memiliki kandungan klorogenat yang ampuh dalam menurunkan tekanan darah. Bahkan hal ini sudah pernah dilakukan penelitian pada tahun 2006 lalu di Clinical and Experimental Hypertension yang membuktikan bahwa seorang pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per harinya mampu menurunkan tekanan darah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan

 Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan© Unsplash.com

Kaya Kandungan Antioksidan

Green coffee memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang mampu mengurangi kerusakan pada organ dikarenakan serangan radikal bebas yang berisiko merusak. Selain itu, keberadaan antioksidan juga berperan untuk menjaga glukosa yang ada dalam darah dan mencegah agar sel kulit tidak mengalami kerusakan.

Hal ini pun telah dilakukan penelitian, di mana green coffee yang mentah dan belum mengalami proses pengolahan memiliki 100 persen asam chlorogenic (CGA) murni. Inilah adalah ester asam caffeic yang bersifat antioksidan cukup kuat.

Detoksifikasi Alami

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa green coffee adalah bahan untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami. Organ hati yang tercemar oleh racun bisa dibersihkan dari kolesterol yang jahat dan lemak-lemak yang menumpuk dengan mengonsumsi green coffee.

Proses detoksifikasi ini sangatlah penting bagi tubuh. Dengan begitu, kotoran-kotoran yang berada di dalam tubuh bisa dibersihkan dan tentunya baik untuk mendukung tubuh tetap sehat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan

 Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Metabolisme

Manfaat green coffee berikutnya adalah bisa meningkatkan metabolisme. Bagi sahabat Dream yang mengonsumsi green coffee, maka setelahnya akan mengalami peningkatan metabolisme basal (BMR) secara signifikan. Di mana hal ini akan membantu dalam meminimalkan pelepasan glukosa yang terlalu banyak dari hati ke dalam darah.

Meredakan Efek Radikal Bebas

Manfaat green coffee yang tak kalah istimewa adalah bisa meredakan efek radikal bebas. Di mana paparan radikal bebas sangatlah berbahaya bagi tubuh dan bisa memancing datangnya penyakit berbahaya seperti kanker. Green coffee yang memiliki kandungan asam cholorgenic mampu mengurangi efek radikal bebas di tubuh sampai 10 kali lipat dibandingkan dengan teh hijau.

Jika green coffee ini tidak dipanggang terlebih dahulu, maka ada beberapa zat antioksidan yang tidak ikut terbuang. Misalnya saja golongan polifenol yang berupa asam ferulic dan sebagainya. Zat-zat itulah yang ampuh untuk memperlambat terjadinya proses penuaan dan menjadikan kulit tampak awet muda.

5 dari 5 halaman

Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan

 Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan© Unsplash.com

Mengurangi Kolesterol Jahat

Manfaat green coffee berikutnya adalah bisa mengurangi kolesterol jahat. Keberadaan kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Inilah yang bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung. Nah, solusi untuk mengurangi kolesterol jahat adalah dengan mengonsumsi green coffee.

Ekstrak biji green coffee ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat. Dengan begitu, sahabat Dream bisa terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular. Mengingat bahwa penyakit kardiovaskular mampu merenggut nyawa seseorang, sehingga sebisa mungkin haruslah dicegah.

Mengatasi Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang biasanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Di mana penyakit ini adalah berupa kelainan mental yang disebabkan oleh saraf otak yang mengalami kerusakan. Namun, dengan mengonsumsi green coffee secara rutin, hal ini mampu untuk mengatasi penyakit Alzheimer yang dialami oleh seseorang.

Join Dream.co.id