Manfaat Buah Kiwi untuk Diet dan juga Ibu Hamil

Fresh | Minggu, 15 Desember 2019 07:03
Manfaat Buah Kiwi untuk Diet dan juga Ibu Hamil

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Ada banyak manfaat kiwi yang bisa kamu dapatkan, terutama untuk ibu hamil.

Dream - Buah-buahan memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain memiliki banyak vitamin, buah juga bisa menjadi sumber serat yang baik. Salah satu buah yang kaya akan vitamin adalah kiwi.

Buah ini berasal dari negara Selandia Baru. Selain kaya akan vitamin, buah kiwi juga memiliki rasa yang enak dan segar. Buahnya yang berwarna hijau segar memang sangat menggiurkan untuk dikonsumsi.

Ada banyak manfaat kiwi yang bisa kamu dapatkan, terutama untuk ibu hamil. Bisa juga untuk diet. Penasaran manfaat lainnya? Yuk intip.

2 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kiwi

 Manfaat Buah Kiwi

Banyak sekali manfaat dari buah kiwi yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat kiwi.

Melancarkan pencernaan

Manfaat kiwi yang pertama yaitu dapat melancarkan pencernaan. Seperti buah-buahan pada umumnya, kiwi mengandung jumlah serat yang tinggi dan bagus untuk pencernaan. Kiwi juga mengandung enzim actinidin, yang bisa meningkatkan pencernaan.

Membuat jantung dan arteri menjadi sehat

Kiwi dinobatkan sebagai salah satu pengencer darah alami paling efektif, yang pada dasarnya mengurangi pembentukan gumpalan, pembentukan trigliserida, dan meningkatkan sirkulasi. Maka dari itu, salah satu manfaat kiwi yaitu dapat membuat jantung dan arteri menjadi sehat.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat kiwi berikutnya yaitu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah kiwi mengandung vitamin C dosis tinggi yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Kandungan itu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kamu dapat melawan penyakit.

Meningkatkan mood dan energi ekstra

Meningkatkan mood dan juga energi ekstra merupakan salah satu dari manfaat kiwi. Enzim aktif yang terkandung dalam kiwi ternyata bisa meningkatkan tingkat energi metabolisme dan membantu neurotransmiter untuk meningkatkan energi.

Membantu tidur nyenyak

Bagi Sahabat Dream yang susah untuk tidur, cobalah mengonsumsi kiwi. Buah ini memiliki banyak kandungan baik seperti antioksidan dan serotonin yang berguna untuk orang yang sulit tidur.

3 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

 Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Buah kiwi juga memiliki manfaat yang banyak untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat kiwi untuk ibu hamil.

Mengatasi mual

Rasa asam pada kiwi dapat mampu membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Bukan hanya karena kandungan vitamin C saja yang mampu untuk mengurangi mual, vitamin B yang ada pada kiwi pun bisa mengatasi rasa mual.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat kiwi selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C yang ada pada buah kiwi ini mampu untuk menambah sistem imun pada tubuh. Apalagi vitamin C pada satu gelas jus kiwi pun cukup banyak. Sehingga kekebalan tubuh ibu hamil pun dapat terjaga dengan baik. Selain itu, manfaat kiwi lainnya yaitu dapat menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan janin dalam kandungan.

Melindungi DNA bayi

Melindungi DNA bayi juga merupakan salah satu manfaat kiwi untuk ibu hamil. Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah kiwi ini bermanfaat untuk melindungi DNA bayi. Bukan hanya untuk melindungi DNA dan jaga kesehatan ibu hami, nyatanya antioksidan pun memiliki manfaat untuk mencegah munculnya sel kanker pada tubuh.

Asam folat tinggi

Jika memiliki asupan asam folat yang cukup selama masa kehamilan, maka bayi pun dapat tercegah dari spina bifida atau kelainana pada tulang belakang dan juga anencephaly atau kelainan di mana otak tidak terbentuk dengan sempurna. Salah satu manfaat kiwi adalah mencegah hal tersebut karena buiah kiwi memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi.

4 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kiwi untuk Diet

 Manfaat Buah Kiwi untuk Diet

Kiwi juga bisa dimanfaatkan untuk diet. Berikut ini beberapa cara manfaat kiwi yang bisa kamu gunakan untuk diet.

Minum air sambil makan kiwi

Cara melakukan diet ini cukup mudah. Ketika bangun pagi, siapkan buah kiwi yang sudah dikupas dan segelas air putih. Jadikan buah kiwi tersebut sebagai sarapan sambil meminum air putih. Lebih baik jika air putih yang dikonsumsi dalam keadaan hangat untuk mengaktifkan saluran pencernaan di pagi hari.

Maksimal mengonsumsi 3 buah kiwi dalam sehari.

Manfaat kiwi memang sangat banyak dan baik untuk tubuh. Tetapi, bukan berarti mengonsumsi buah kiwi dilakukan secara berlebihan.

Terlalu banyak mengonsumsi kiwi juga bisa membuat gemuk. Kiwi adalah jenis buah yang mengandung gula. Mengonsumsi buah kiwi terlalu sering sama saja memakan terlalu banyak gula yang dapat mengakibatkan obesitas. (mut)

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

5 dari 7 halaman

Rahasia Kiwi Bikin Kulit Tampak Sempurna

Dream - Ada yang tahu nggak sih manfaat buah kiwi selain untuk imunitas itu apa saja?

Buah yang pertama kali ditemukan di abad ke-19 di wilayah China ini ternyata punya sejuta manfaat untuk kecantikan kulit.

 20 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Kehamilan

Kiwi sendiri memiliki kandungan vitamin C, vitamain B6, kalsium, zat besi, dan magnesium yang mampu menopang kesehatan tubuh manusia.

Untuk kecantikan kulit, kiwi kaya dengan anti-oksidan yang dapat memberi perlindungan pada kulit.

Lalu apa saja sejuta khasiat yang dimiliki kiwi? Ini daftarnya:

6 dari 7 halaman

1. Tinggi Vitamin C

 shutterstock

Vitamin C tentu saja sangat dibutuhkan untuk kulit, karena dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang berguna sebagai penyembuh luka dan mencegah keriput. Vitamin C juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

2. Menyembuhkan Kulit

 shutterstock

Kiwi bukan hanya buah lezat, tetapi penuh unsur penyembuhan kulit. Pada dasarnya vitamin E yang ada dalam buah ini mampu menyembuhkan kulit dan memperbaiki kerusakan kulit.

Selain itu vitamin E dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

7 dari 7 halaman

3. Membilas Racun

 shutterstock

Tidak banyak yang tahu bahwa kiwi penuh dengan serat makanan yang membuatnya menjadi pencahar sempurna.

Cobalah makan kiwi agar sistem pencernaan tubuh semakin lancar. Mengonsumsi kiwi secara teratur dapat membantu menghilangkan racun pada tubuh dan menjadikan kulit sehat bersinar.

4. Anti-aging

 shutterstock

Vitamin C yang ada di dalam kiwi bisa membantu dalam produksi kolagen karena sangat diperlukan untuk menjaga kulit tetap lembut dan kencang.

5. Mencegah Jerawat

 shutterstock

Kiwi memiliki kandungan antibakterial yang dapat malewan jerawat dan juga masalah kulit lainnya.

(Sah, Laporan: Ava Haprin/ Sumber: Times of India)

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id