Manfaat Black Sapote, Buah yang Rasanya Mirip Puding Coklat

Fresh | Selasa, 4 Agustus 2020 15:32
Manfaat Black Sapote, Buah yang Rasanya Mirip Puding Coklat

Reporter : Ulyaeni Maulida

Black sapote belum begitu familiar di Indonesia. Namun, buah yang dikenal dengan sawo hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dream – Nama buah black sapote mungkin belum begitu familiar. Di Indonesia buah ini biasanya disebut sawo hitam.

Black sapote memiliki nama latin Diospyros digyna, merupakan buah yang berasal dari pantai Meksiko dari Jalisco hingga Chiapas.

Buah yang terasa mirip puding cokelat ini adalah sumber vitamin C dan rendah lemak. Buah black sapote dapat dimakan segar atau digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat eskrim. Banyak juga yang mengolahnya menjadi jus buah.

Manfaat Black Sapote, Buah Yang Rasanya Mirip Puding Coklat© MEN

Black sapote memiliki batang berkerut dan kulit berwarna hitam. Pohonnya dapat tumbuh subur diberbagai jenis tanah. Mulai dari tanah berpasir lembab hingga tanah kapur.

Pohon black sapote tumbuh cukup lambat. Selama 3-4 tahun pertama, hanya tumbuh sekitar 30 centimeter. Daunnya berbentuk bulat panjang dengan meruncing diujung dan terlihat sedikit mengkilap.

Buahnya mirip tomat dengan kulit yang berwarna hijau cerah dan mengkilap. Kemudian saat matang warnanya akan berubah menjadi lebih gelap bahkan hampir berwarna hitam.

Rasanya manis dan lezat. Bahkan banyak yang mengatakan rasanya mirip seperti puding cokelat.

Selain itu, black sapote juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja kandungan dan manfaat black sapote? Simak informasinya berikut ini: 

2 dari 6 halaman

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Imun© Pexels.com

 

Black sapote memiliki banyak kandungan vitamin C yang membantu tubuh melawan berbagai jenis racun. Dan membantu menjaga tubuh terlindungi dari risiko gangguan penyakit.

Selain itu black sapote juga kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A memiliki peran dalam membantu mengoptimalkan produksi sel darah putih.

Sel darah putih sendiri merupakan ‘garda terdepan’ tubuh dalam menangkal serangan bakteri, virus, maupun mikroorganisme jahat lainnya yang hendak menyerang dan menimbulkan penyakit.

3 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

 

Black sapote juga dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah organ penglihatan ini dari sejumlah gangguan seperti rabun senja.

Kandungan vitamin A pada balck sapote-lah yang menjadi faktor utama buah ini dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Black sapote menyediakan pasokan vitamin A alami yang berlimpah. Sehingga sangat baik untuk membantu penglihatan.

4 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kesehatan© Shutterstock

 

Black sapote terdiri dari kalsium, fosfor, zat besi, dan kalium. Kandungan inilah yang membantu memperkuat tulang dan gigi.

Mengonsumsi buah ini sangat dianjurkan, terutama untuk wanita yang sudah memasuki periode menopause. Pasalnya pada periode ini, massa tulang akan mengalami penurunan. Dan sangat berisiko mengalami osteoporosis.

5 dari 6 halaman

Meminimalisir Risiko Kanker

 

Manfaat black sapote untuk mencegah kanker ini dihasilkan oleh kandungan vitamin C. Kanker adalah penyakit mematikan yang terjadi ketika sel tubuh mengalami kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Vitamin C merupakan vitamin yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk merawat kesehatan sel tubuh dan membantu menangkal serangan radikal bebas yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

6 dari 6 halaman

Membantu Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan© Shutterstock

 

Black sapote mengandung serat yang terbilang cukup banyak. Serat inilah yang sangat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, buah yang rasanya manis ini juga dapat mencegah sembelit. Buah ini bekerja sebagai pencahar dan mengurangi asam di dalam perut.

Buah ini juga dapat membantu tubuh terhindar dari naiknya berat badan. Karena mempertahankan gerakan peristaltik dan meningkatkan kerja usus.

 

 

(Sumber: healthbenefitstimes.com)

Join Dream.co.id