Makanan Kaya Kalium Bisa Kontrol Tekanan Darah

Fresh | Senin, 20 Mei 2019 12:43
Makanan Kaya Kalium Bisa Kontrol Tekanan Darah

Reporter :

Tidak mendapatkan cukup kalium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Dream - Demi memenuhi asupan nutrisi tubuh, pasti Sahabat Dream akan mengonsumsi makanan kaya vitamin. Saat merasa kebutuhan vitamin tak terpenuhi dengan baik, multivitamin bisa jadi solusi.

Ada satu lagi kebutuhan tubuh yang kerap diabaikan padahal sangat dibutuhkan, kalium. Kalium membantu saraf dan otot 'berkomunikasi' satu sama lain, memindahkan nutrisi lain ke dalam sel, dan menjaga kadar natrium tetap terkendali.

Tidak mendapatkan cukup kalium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko batu ginjal. Ada banyak makanan yang tinggi kalium.

Mulai sekarang, demi tekanan darah dan ginjal yang lebih sehat, konsumsi beberapa makanan berikut yang tinggi kalium.

- Ubi
Kandungan kalium pada ubi cukup tinggi, yaitu 542 mg. Umbi-umbian ini juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan serat. Jika ingin mengonsumsinya, lebih baik direbus atau dipanggang tanpa memberikan gula atau bumbu tambahan.

- Kentang
Satu kentang panggang medium memiliki 941 mg kalium. Tapi ada syaratnya, tidak dibumbui dengan garam ada penyedap rasa yang banyak. Panggang saja kentang atau rebus dan jadikan camilan.

-Semangka
Dalam dua irisan semangka yang menyegarkan, kamu akan mendapatkan 641 mg potasium. Semangka juga merupakan sumber likopen, serta vitamin A, C, dan B6. Konsumsi semangka secara teratur. Bisa juga mengolahnya menjadi jus, tapi ingat jangan tambahkan gula.

- Air kelapa
Air kelapa juga sangat kaya kalium. Mengandung 350 mg per 8 ons cairan. Jadi alternatif yang pas sebagai minuman yang segar setelah olahraga.

(ism, Sumber: Prevention)

2 dari 2 halaman

Asupan Lainnya

- Kentang 
Satu kentang panggang medium memiliki 941 mg kalium. Tapi ada syaratnya, tidak dibumbui dengan garam ada penyedap rasa yang banyak. Panggang saja kentang atau rebus dan jadikan camilan.

 Konsumsi Semangka, Cara Rasul Cegah Sakit Lambung

-Semangka
Dalam dua irisan semangka yang menyegarkan, kamu akan mendapatkan 641 mg potasium. Semangka juga merupakan sumber likopen, serta vitamin A, C, dan B6.

Konsumsi semangka secara teratur. Bisa juga mengolahnya menjadi jus, tapi ingat jangan tambahkan gula.

- Air kelapa
Air kelapa juga sangat kaya kalium. Mengandung 350 mg per 8 ons cairan. Jadi alternatif yang pas sebagai minuman yang segar setelah olahraga.

(ism, Sumber: Prevention)

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id