Level Stres Meningkat? Segera Mandi Air Hangat

Fresh | Rabu, 11 Desember 2019 14:12
Level Stres Meningkat? Segera Mandi Air Hangat

Reporter : Cynthia Amanda Male

Saat pikiran dikuasai stres, kita akan lebih sulit berpikir bahkan melakukan sesuatu.

Dream - Beban pikiran yang sangat banyak, mulai dari pekerjaan, finansial hingga persoalan pribadi, kadang muncul bersamaan. Stres pun muncul dan tak bisa dihindari. Tubuh selalu terasa lelah padahal sudah tidur cukup lama.

Saat pikiran dikuasai stres, kita akan lebih sulit berpikir bahkan melakukan sesuatu. Maka dari itu, Sahabat Dream perlu meredakan stres terlebih dahulu sebelum melanjutkan kegiatan.

Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan mandi air hangat. Menurut Veronica Adesla, seorang psikolog klinis, mandi air hangat 1-2 jam sebelum tidur dapat menurunkan gelombang theta. Gelombang tersebut berkaitan erat dengan kondisi mental yang tak stabil akibat stres.

" Air hangat bisa mengaktifkan pineal gland untuk memproduksi melatonin, jadi tidur juga akan lebih berkualitas setelah mandi air hangat," kata Veronica di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat, Selasa 10 Desember 2019.

 

2 dari 6 halaman

Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Jika Sahabat Dream suka berendam, lakukanlah dengan air bersuhu hangat untuk memperbaiki suasana hati. Berendam dengan air hangat bisa melancarkan peredaran darah serta membantu mengeluarkan zat sisa metabolisme tubuh.

 Mandi Pagi Pakai Air Dingin Bikin Sehat

" Jadi setelah berendam, tubuh dan pikiran kita akan terasa lebih segar. Stres pun akan hilang seusai berendam," tambahnya.

Perhatikan juga suhu air yang digunakan saat mandi atau berendam. Saat mandi dengan shower, pastikan suhunya jangan melebihi 41 derajat.

 

3 dari 6 halaman

Pakai Pelembap Setelah Mandi

" Sedangkan saat berendam, jangan melebihi 44 derajat," kata Arini Astasari Widodo seorang dokter kulit.

 Akibat Jika Pakai Pelembap Terlalu Banyak

Suhu yang terlalu panas bisa merusak kelembapan kulit dan bisa membuat masalah baru. Saat mandi air hangat, pastikan juga tak terlalu lama.

" Jangan terlalu lama agar tidak merusak kelembapan alami kulit. Mandi atau berendam sebaiknya dilakukan hanya selama 5-10 menit saja. Setelahnya, pakai pelembap supaya kulit tetap lembap," pesan Arini.

4 dari 6 halaman

Tanda-Tanda Stres Akibat Polusi dan Cara Mencegahnya

Dream - Polusi yang kita temukan di kehidupan sehari-hari ternyata tak hanya membahayakan organ tubuh. Para peneliti meyakini polutan juga menjadi salah satu pemicu munculnya stres

Datangnya stres tak hanya menimpa kalangan pekerja kantor yang sudah berusia dewasa

Sejumlah penelitian menunjukan jika polusi dapat meningkatkan gejala kegelisahan kecemasan serta depresi pada anak 12 tahun.

 shutterstock

Pada kalangan remaja dan dewasa, polusi dapat menyebabkan mereka rentan terhadap gangguan kecemasan bahkan sampai kecenderungan melakukan perbuatan bunuh diri.

5 dari 6 halaman

Tanda-Tanda Stres Karena Polusi

 shutterstock

Gejala stres akibat polusi bisa dikenali dari tanda-tanda berupa kesulitan mengingat, susah berkonsentrasi, berpikirab negatif, suasana hati yang cenderung tidak stabil, atau mudah tersinggung.

Gejala fisik orang yang mengalami stres terlihat dari tubuh yang merasa kewalahan, depresi, sakit, nyeri, diare, demam, detak jantung cepat, sering flu, makan lebih banyak atau sedikit, atau suka menunda pekerjaan serta merasa gugup.

" Nafas terasa sesak, kepala pusing dan merasa kurang nyaman merupakan tanda stres karena polusi," jelas Veronica Adesla, Psikolog Klinis di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Desember 2019.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Stres Karena Polusi

Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mengatasi stres ako akibat polusi, seperti menjalani gaya hidup sehat, mencukupi waktu tidur, berolahraga, meditasi serta mandi air hangat 1-2 jam sebelum tidur selama 5-10 menit.

 shutterstock

" Bisa diatasi dengan cara memiliki manajemen stres yang sehat dan menemukan hal yang bisa membuat kita tenang seperti mandi air hangat 1-2 jam sebelum tidur," tutupnya.

Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir
Join Dream.co.id