Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Level Kolesterol Telur Ayam vs Telur Puyuh, Mana yang Lebih Tinggi?

Level Kolesterol Telur Ayam vs Telur Puyuh, Mana yang Lebih Tinggi? Telur Puyuh

Dream - Telur merupakan sumber protein favorit banyak orang. Bisa diolah dengan berbagai cara, telur biasanya jadi menu andalan untuk sarapan. Zat gizinya juga sangat tinggi.

Bagi Sahabat Dream penyuka telur, mungkin sering menyantap telur ayam atau pun telur puyuh. Pastikan mengonsumsinya dalam porsi yang wajar dan jangan berlebihan. Pasalnya, telur mengandung level kolesterol yang cukup tinggi.

Penasaran telur mana yang lebih tinggi kolesterolnya, ayam atau puyuh? Dikutip dari KlikDokter, walaupun ukurannya lebih kecil, ternyata kolesterol telur puyuh lebih besar dibandingkan telur ayam.

Dalam 100 gram telur puyuh terdapat sebanyak 844 miligram kolesterol. Sementara itu, dalam 100 gram telur ayam hanya terdapat 372 miligram kolesterol. Kandungan kolesterol telur puyuh lebih tinggi, khususnya di bagian kuningnya?

Rasio bagian kuning pada telur puyuh memang lebih besar daripada putihnya. Hal inilah yang membuat kadar kolesterol pada telur puyuh lebih besar dibandingkan telur ayam.

Telur Ayam Kampung, `Idola` Masyarakat Indonesia

Jika dibandingkan per butir, jumlah kolesterol pada telur puyuh jauh lebih kecil, yaitu hanya 75,96 miligram. Sementara itu, 1 butir telur ayam mengandung kolesterol sebanyak 210 miligram.

Dengan kata lain, mengonsumsi 1 butir telur puyuh masih jauh lebih aman. Masalahnya, banyak orang mengonsumsi telur puyuh dalam jumlah banyak mengingat ukurannya yang kecil.

 

Tetap Batasi Konsumsinya

Nutrisi telur memang sangat bermanfaat bagi kesehatan, tapi sebaiknya tetap membatasi porsinya. Sebab, kandungan kolesterol dalam telur ayam saja sudah mencapai 62% dari anjuran asupan harian.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan 1 telur per hari sebagai bagian dari diet sehat. Hal ini biasanya mengacu pada telur besar, yang kira-kira berukuran 50 gram.

Dengan kata lain, bila dalam satu hari sudah mengonsumsi telur, jangan lupa untuk membatasi konsumsi makanan lain yang juga tinggi kolesterol. Bagaimana dengan telur puyuh?

10 Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan Tubuh

Seperti telah diungkap, 1 butir telur puyuh mengandung 75,96 miligram kolesterol. Di sisi lain, batasan asupan kolesterol harian adalah 300 miligram. Berarti, konsumsi aman telur puyuh hanya sekitar 2 butir per hari. Penjelasan selengkapnya baca di sini.

6 Manfaat Telur Bebek yang Lebih Kaya Nutrisi Dibanding Telur Ayam

Dream – Telur menjadi makanan yang paling mudah untuk diolah terutama ketika dalam kondisi sedang terburu-buru. Selama ada stok telur di rumah maka urusan perut tidak akan menjadi masalah. Sahabat Dream bisa mengolah telur menjadi berbagai hidangan lezat, yang paling sederhana saja digoreng.

Bahkan makanan lain jika diberi tambahan telur akan semakin nikmat. Misalnya saja nasi goreng, mi goreng,  cap cay, dan masih banyak lagi. Telur yang biasanya digunakan oleh masyarakat adalah telur ayam. Selain mudah mendapatkannya, harganya pun juga cukup terjangkau.

Selain telur ayam, sahabat Dream juga bisa menggunakan telur bebek. Manfaat telur bebek ini tidak bisa kamu anggap remeh lho, sahabat Dream. Bahkan telur bebek lebih kaya nutrisi dibandingkan telur ayam.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat telur bebek yang perlu kamu ketahui sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui hellosehat.com.

Manfaat Telur Bebek bagi Tubuh

Manfaat Telur Bebek bagi Tubuh

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat telur bebek yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Ya, mata adalah salah satu organ vital yang harus selalu dijaga kesehatannya. Telur bebek bisa menjadi menu pilihanmu untuk menjaga mata tetap sehat. Hal ini karena di dalam telur bebek terkandung lutein dan zeaxanthin yang mampu memelihara kesehatan mata.

Dengan adanya kedua kandungan tersebut, mata sahabat Dream bisa terhindar dari penyakit seperti katarak dan degenerasi makula. Selain itu, mengonsumsi telur bebek juga bisa mengurangi dari risiko mata lelah karena terkena blue light. Apalagi bagi kamu yang setiap harinya bekerja di depan komputer atau gadget. Tentunya mengonsumsi telur bebek sangatlah penting.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat telur bebek yang sayang untuk dilewatkan adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Di mana kekebalan atau imunitas tubub ini sangatlah penting untuk menjaga agar diri kita tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Telur bebek sendiri memiliki kandungan berupa karotenoid dari berbagai jenis. Misalnya saja lutein, zeaxanthin, dan beta karoten. Melalui Cogent Food and Agriculture ditemukan bahwa kandungan karotenoid mampu menjaga tubuh dari serangan penyakit.

Selain itu, ada juga vitamin A yang bisa diandalkan untuk menguatkan imunitas tubuh dari infeksi. Jadi, yuk mulai memasukkan telur bebek dalam daftar belanja selanjutnya untuk kamu konsumsi bersama keluarga di rumah.

Manfaat Telur Bebek bagi Tubuh

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat telur bebek berikutnya adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena telur bebek memiliki kandungan berupa kolin yang memiliki pengaruh besar dalam reaksi biokimia pada otak. Bahkan kandungan kolin ini jugalah yang akan mempercepat proses pelepasan protein asetilkolin pada otak.

Keberadaan protein akan membantu untuk menjalankan fungsi-fungsi dasar pada otak. Salah satunya adalah memori. Oleh karena itu, telur bebek sangat baik untuk dikonsumsi. Bahkan telur dengan cangkang berwarna kebiruan ini mampu mencegah seseorang dari penyakit Alzheimer.

Mencegah Anemia

Kekurangan sel darah merah atau anemia biasanya ditandai dengan gejala pusing. Selain menggunakan obat-obatan penambah darah yang dijual di apotek, sahabat Dream juga bisa mengatasinya dengan mengonsumsi telur bebek.

Di mana telur bebek memiliki kandungan berupa vitamin B12 yang menurut National Institutes of Health bisa mengurangi dari risiko terkena anemia megaloblastik. Nah, bagi sahabat Dream yang kerap mengalami anemia bisa mencoba untuk mulai mengonsumsi telur bebek ya.

Manfaat Telur Bebek bagi Tubuh

Mencegah Penyakit Kardiovaskular dan Stroke

Penyakit kardiovaskular dan stroke adalah penyakit yang sangat berbahaya dan bisa menyerang siapa saja. Oleh karena itu, satu hal yang harus diperhatikan adalah makanan yang kita konsumsi. Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa kuning telur pada telur bebek mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Tetapi dari penelitian lainnya menemukan bahwa telur bebek justru bisa menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Hal tersebut karena adanya kandungan berupa asam oleat yang cukup tinggi pada telur bebek. Meski begitu, dalam mengonsumsi telur bebek tetaplah harus dibatasi. Jangan sampai terlalu berlebihan karena kandungan kolesterol tinggi yang dimiliki oleh telur bebek.

Menyehatkan Kulit

Kulit adalah organ paling luar tubuh yang mudah sekali terpapar berbagai benda asing dan sinar matahari. Jika sampai kulit mengalami masalah, hal ini bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri karena kulit biasanya berkaitan dengan penampilan.

Telur bebek sendiri memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang ampuh melindungi kulit dari serangan sinar UV yang berbahaya. Bahkan dijelaskan dalam sebuah artikel Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, bahwa kandungan lutein dan zeaxanthin mampu membuat warna kulit lebih merata setelah 12 minggu. Jadi, buat kamu yang ingin memiliki kulit sehat, mulai mengonsumsi telur bebek dari sekarang ya.

Itulah beberapa manfaat telur bebek yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Meski begitu, jumlah telur bebek yang dikonsumsi harus tetap dibatasi ya, sahabat Dream.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Deretan Teh untuk Turunkan Kolesterol Secara Alami, Intip Cara Buatnya

Deretan Teh untuk Turunkan Kolesterol Secara Alami, Intip Cara Buatnya

Nah, buat yang pengen nyobain resep teh kolesterol-killing ini, gampang banget kok! Yuk, simak resepnya di bawah ini.

Baca Selengkapnya
6 Minuman Rebusan Buah yang Bisa Bantu Stabilkan Level Kolesterol

6 Minuman Rebusan Buah yang Bisa Bantu Stabilkan Level Kolesterol

Kolesterol dan asam urat merupakan dua masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.

Baca Selengkapnya
5 Kebiasaan yang Efektif  Bikin Level Kolesterol Selalu Stabil

5 Kebiasaan yang Efektif Bikin Level Kolesterol Selalu Stabil

i era makanan olah saji dan pengolahan makanan instan, meningkatnya kadar kolesterol menjadi suatu tantangan yang perlu diatasi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tubuh Sering Terasa Lelah Saat Bangun Tidur? Dokter Sarankan Cek Level Kortisol

Tubuh Sering Terasa Lelah Saat Bangun Tidur? Dokter Sarankan Cek Level Kortisol

Tidak selamanya istirahat bisa membuat seseorang merasa lebih segar. Beberapa hal bisa menyebabkan tubuh tetap lelah meski sudah tidur cukup.

Baca Selengkapnya
10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

Berikut ini beberapa daun yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah yang sering dijadikan bahan jamu.

Baca Selengkapnya
Minyak Ikan Bisa Menurunkan Kolesterol? Simak Penjelasannya

Minyak Ikan Bisa Menurunkan Kolesterol? Simak Penjelasannya

Coba konsumsi dengan teratur sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter atau ahli gizi.

Baca Selengkapnya
Curhat Ibu Tak Sadar Anak Lelakinya Terkena Kolesterol dan Pre Diabetes

Curhat Ibu Tak Sadar Anak Lelakinya Terkena Kolesterol dan Pre Diabetes

Anak-anak juga bisa mengalami masalah kolesterol dan diabetes.

Baca Selengkapnya
5 Kebiasaan Saat Sarapan yang Bikin Level Gula Darah Melonjak Drastis

5 Kebiasaan Saat Sarapan yang Bikin Level Gula Darah Melonjak Drastis

Memilih varian sarapan untuk penderita diabetes adalah hal yang krusial karena penting untuk mengatur kadar gula darah, energi, dan juga kesehatan secara umum.

Baca Selengkapnya
Benarkah Tempe Mentah Lebih Sehat? Cari Tahu Faktanya

Benarkah Tempe Mentah Lebih Sehat? Cari Tahu Faktanya

Tempe mentah diklaim lebih sehat daripada yang diolah. Pakar pun menjelaskan fakta seputar kandungan kalori dan nutrisi tempe yang diolah serta mentah.

Baca Selengkapnya