Lerak dan Daun Sirih, Alternatif Sabun yang Ramah Lingkungan

Fresh | Jumat, 24 April 2015 15:05
Lerak dan Daun Sirih, Alternatif Sabun yang Ramah Lingkungan

Reporter : Kusmiyati

Cuci tangan memang cara sederhana yang berdampak besar untuk kesehatan. Namun ada beberapa hal yang disayangkan dari kebiasaan cuci tangan yakni penggunaan sabun.

Dream - Cuci tangan memang cara sederhana yang berdampak besar untuk kesehatan. Namun ada beberapa hal yang disayangkan dari kebiasaan cuci tangan yakni penggunaan sabun.

Menurut Kepala Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya Kemenkes RI, Zainal Nampira, kebiasaan cuci tangan dengan sabun dapat mencemari lingkungan.

" Banyak lembaga yang menyerukan cuci tangan pakai sabun, namun tanpa disadari penggunaan sabun malah dapat mencemari lingkungan. Sebaiknya mulai dipikirkan percuma juga kalau tubuh sehat tetapi merusak lingkungan," ungkap Zainal, Jumat 24 April 2015.

Maka dari itu Zainal menghimbau para produsen sabun lebih memikirkan hal ini dengan tidak menggunakan bahan kimia pada proses pembuatan sabun.

" Kami sedang komunikasikan dengan para produsen sabun untuk menggunakan bahan dari lerak dan daun sirih. Lerak merupakan tumbuhan bijinya dapat dipakai sebagai detergen tradisional ramah lingkungan," ujarnya. (Ism)

Terkait
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id