Lapar Setelah Berolahraga, Sebaiknya Makan Apa?

Fresh | Jumat, 19 Desember 2014 15:32
Lapar Setelah Berolahraga, Sebaiknya Makan Apa?

Reporter : Ervina

Lapar setelah berolahraga merupakan suatu fenomena alami karena tubuh membutuhkan asupan untuk menggantikan kalori yang terbakar. Namun, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi setelah berolahraga?

Dream - Rasa lapar setelah berolahraga memang wajar. Karena saat itu tubuh bereaksi terhadap pembakaran kalori yang dilakukan selama berolahraga sehingga memicu rasa lapar.

Sayangnya, rasa lapar yang muncul setelah berolahraga kerap membuat Anda kalap untuk melahap menu apapun. Mengutip laman Boldsky, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dimakan untuk menggantikan kalori yang hilang setelah berolahraga.

Cairan
Olahraga membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Sehingga sebaiknya jangan biarkan tubuh merasa dehidrasi dengan mengisi kembali cairan yang hilang. Minum air 2 hingga 3 liter sehari sangat baik untuk menjaga sel-sel tubuh tetap terhidrasi dan meningkatkan metabolisme.

Konsumsi Buah-buahan
Buah-buahan merupakan salah satu asupan efektif untuk mengurangi rasa lapar setelah berolahraga. Selain bisa memberi rasa kenyang, buah-buahan juga memiliki khasiat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Makanan Berprotein
Salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi setelah berolahraga yakni makanan berprotein tinggi. Anda bisa berkonsultasi dengan pelatih pribadi mengenai jumlah latihan dan kadar protein untuk mengimbangi asupan kalori yang masuk dan keluar dari tubuh.

Serat
Pada dasarnya makanan berserat bukan hanya melancarkan proses pencernaan, tetapi juga bisa membantu mengatasi rasa lapar pasca berolahraga. Serat memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dalam tubuh dan juga baik untuk menurunkan berat badan.

Terkait
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id