Alergi Susu Sapi Bisa Serang Segala Usia

Fresh | Jumat, 20 September 2019 17:12
Alergi Susu Sapi Bisa Serang Segala Usia

Reporter : Cynthia Amanda Male

Hati-hati, ya, Sahabat Dream!

Dream - Lactose intolerant atau yang biasa dikenal dengan alergi susu sapi seringkali jadi dilema bagi setiap orang, terutama para ibu.

Biasanya, lactose intolerant mulai dialami di usia dini. Namun ternyata kondisi tersebut juga bisa muncul ketika beranjak dewasa.

Hal ini disebabkan kurangnya kebiasaan minum susu sehingga produksi enzim untuk memecah laktosa pun berkurang seiring bertambahnya usia.

" Di Asia, sekitar 80-100 persen penduduknya mengalami lactose intolerant. Dan sebagian besar adalah lactose intolerant primer yaitu yang enzimnya cukup ketika lahir tapi karena nggak minum susu, tubuh berhenti menghasilkan enzim laktase," ungkap Nutrisionist, Haekal Anshari di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 19 September 2019.

2 dari 7 halaman

Minum Susu Sampai Dewasa

Oleh karena itu, disarankan untuk tetap mengonsumsi susu hingga dewasa. Konsumsi susu di usia dewasa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta meningkatkan daya tahan tubuh.

 shutterstock

3 dari 7 halaman

Tak Suka Susu? Ini Gantinya

Jika tidak menyukai susu, kamu bisa menggantinya dengan yogurt. Selain meningkatkan kesehatan pencernaan, bakteri baik yang terkandung pada yogurt mampu menurunkan risiko lactose intolerant.

 shutterstock

" Karena bakterinya memecah laktosa, jadi bisa menurunkan risiko lactose intolerant. Selagi tetap mendapatkan manfaat yang sama seperti susu seperti vitamin dan mineral untuk kesehatan tulang dan gigi serta meningkatkan daya tahan tubuh," tutupnya. (ism)

4 dari 7 halaman

Orang Dewasa Butuh Minum Susu?

Dream Susu dapat diminum oleh semua kalangan umur. Tidak hanya untuk anak-anak orang dewasa pun memerlukan susu untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Kandungan kalsiumnya juga sangat penting untuk kesehatan tulang.

" Susu penting untuk dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi," ujar peneliti dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Dr. drg. Amaliya, saat ditemui di Four Point Jakarta, pada Rabu, 7 November 2018.

Untuk pemenuhan nutrisi, susu juga bisa diandalkan. Terutama ketika berat badan menurun drastis atau tak kunjung bertambah. Jangan sampai tubuh terasa lemas dan mood terganggu karena kurang asupan nutrisi berkualitas.

" Kekurangan nutrisi dapat membuat gangguan jantung, kurangnya berat badan, dan depresi karena kekurangan vitamin D dan kalsium," jelas Amaliya

Untuk menyeimbangkannya jaga pola asupan yang baik. Konsumsi karbohidrat, sayur dan buah, protein nabati dan hewani, serta minyak, dan lemak dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

" Untuk orang dewasa yang merasa sudah tidak butuh susu sebenernya kita masih membutuhkan susu. Jika tidak ingin mengkonsumsi susu mungkin bisa diganti jenis susunya seperti yogurt," kata Amalia.

(ism, Laporan: Ava Haprin)

5 dari 7 halaman

4 Manfaat Menggunakan Susu Sebagai Skincare

Dream - Kalsium dan protein dalam susu sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya itu, dua kandungan tersebut juga bisa bermanfaat untuk kulit.

Kulit yang kasar dan kusam bisa lebih cerah jika dirawat dengan susu. Hal ini mengingat, susu mengandung zat yang bisa menghaluskan dan mencerahkan.

Sahabat Dream hanya perlu memakaikan susu pada kulit untuk mencegah penuaan dan menutrisi kulit. Dilansir dari Times of India, berikut manfaat susu untuk kulit.

 shutterstock

6 dari 7 halaman

1. Membersihkan Wajah

Menggunakan susu sebagai pembersih wajah memiliki banyak manfaat. Susu dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Pijat kulit dengan 1 sendok makan susu dan bersihkan menggunakan tisu basah.

2. Melawan Tanda Penuaan

Susu mengandung asam laktat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Ini membantu untuk memperbarui produksi kolagen yang membuat kulit tetap kencang. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, gunakan susu murni untuk membuat masker wajah.

 shutterstock

 

 

7 dari 7 halaman

3. Menenangkan Kulit yang Terbakar

Jika kulit terbakar akibat sinar matahari, susu bisa memulihkannya. Kaya akan antioksidan, susu dapat membantu menenangkan peradangan sekaligus melembapkan kulit.

4. Pelembap

Susu murni bisa menjadi pelembap yang bagus untuk kulit karena mengandung asam laktat. Gunakan susu dingin dan celupkan kapas. Lalu terapkan pada kulit selama 10 menit sebelum dicuci. (mut)

 shutterstock

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id