Kurangi Lelah Mata karena Gadget, Lakukan 5 Hal Ini

Fresh | Senin, 14 Oktober 2019 09:36
Kurangi Lelah Mata karena Gadget, Lakukan 5 Hal Ini

Reporter :

Kelelahan mata tak boleh diabaikan.

Dream - Setiap hari kita tak bisa lepas dari gadget. Mulai dari membuka mata di pagi hari, di perjalanan, hingga jelang tidur. Hal ini tentunya membuat mata kelelahan.

Efeknya jadi sangat pegal di area mata, perih hingga kering dan gatal. Kebiasaan terlalu lama menatap layar telepon genggam, komputer atau televisi menjadi salah satu pemicu terjadinya kelelahan pada mata.

Meski kondisi mata seperti ini tidak terlalu mengganggu tapi menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kita tidak boleh mengabaikan mata lelah.

Ada beberapa tips yang dapat Sahabat Dream coba untuk mengurangi kelelahan mata. Berikut ini lima langkah yang bisa diikuti seperti dilansir dari laman Health Fitness Revolution.

2 dari 6 halaman

1. Olahraga mata

Mata juga perlu olahraga, hal tersebut berfungsi untuk meningkatkan penglihatan Anda secara alami. Anda perlu melakukan olahraga ini berbulan-bulan untuk mendapat hasil yang maksimal.

 3 Trik untuk Merias Bentuk Mata Hooded

Olahraga mata juga dapat dilakukan ketika mata mulai teras lelah. Dengan cara mengedip 10 kali dengan cepat, lalu arahkan pandangan ke sudut mata masing-masing. Lakukan cara terseut sebanyak 10 hingga 20 kali.

 

3 dari 6 halaman

2. Sering berkedip

 Bikin Kuas Eyeshadow dari Rambut Sendiri, Berani Coba Beauty Junkie?

Berkedip secara sering akan membantu untuk mengistirahatkan mata. Berkedip juga dapat membantu mempertahankan kelembaban pada mata Anda. Usahakan untuk berkedip sesering mungkin. Terutama jika mulai terasa perih dan kering pada mata.

 

4 dari 6 halaman

3. Atur Pencahayaan dengan baik

Memiliki pencahayaan yang baik saat bekerja atau belajar sangat penting untuk memastikan bahwa Anda dapat melihat dengan baik. Dengan pencahayaan yang baik dapat membuat kinerja otak menjadi berfungsi lebih baik. Perlu diingat pencahayaan lebih baik dalam kondisi sedang, tidak terlalu terang atau gelap yang dapat mengakibatkan ketegangan pada mata.

 

5 dari 6 halaman

4. Atur cahaya komputer tidak terlalu silau

 Aneurisma Otak, Pemicu Strok yang Sulit Dideteksi

Silau pada layar komputer sangat membuat mata Anda menjadi stres. Retina peka terhadap cahaya, jadi cobalah menghindari tetapan tajam ke layar komputer.

 

6 dari 6 halaman

5. Periksa mata rutin

 Periksa mata

Mata merupakan komponen penting pada tubuh, jadi selalu pastikan untuk memeriksakan kesehatannya setiap tahun. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan mata Anda dalam keadaan sehat.

Laporan Eflien Anggelien/ Sumber: Liputan6.com

Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan
Join Dream.co.id