8 Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur

Fresh | Jumat, 5 Februari 2016 10:02
8 Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur

Reporter : Kusmiyati

Padatnya aktivita dan tumpukan pekerjaan membuat sebagain orang membiarkan jam tidurnya berkurang. Padahl kurang tidur bisa berdampak pada kesehatan.

Dream - Padatnya aktivita dan tumpukan pekerjaan membuat sebagian orang membiarkan jam tidurnya berkurang. Padahal kurang tidur bisa berdampak pada kesehatan.

Ada yang beranggapan tidur dengan waktu empat hingga enam jam sehari, sudah mencukupi kebutuhan tidur. Namun dikutip Allwomenstalk, Jumat 5 Febuari 2016, disarankan untuk tidur 8 hingga 10 jam dalam sehari. 

Kurangnya jam tidur dapat mempengaruhi beberapa hal, yakni :

1. Kemampuan Belajar

Kurang tidur dapat menghalangi kemampuan berkonsentrasi. Hal ini juga sangat penting untuk anak-anak terutama yang masih sekolah dan mahasiwa, atau orang-orang yang memerlukan tingkat konsentrasi tinggi di pekerjaannya.

2. Mempengaruhi Mood

Seseorang akan lebih mudah kesal atau bahkan terharu ketika lelah akibat kurangnya jam tidur. Kurang tidur sangat memperngaruhi suasana hati.

3. Naiknya Berat Badan

Tubuh mencoba untuk menghentikan keinginan lebih banyak mengonsumsi karbohidrat. Namun kurang tidur membuat keinginan makan bertambah.

Seseorang yang kurang tidur kerap berkeinginan mengonsumsi minuman manis atau camilan untuk menghilangkan ngantuk.

Hal ini yang membuat tubuh dipenuhi timbunan lemak. Cobalah tidur dengan waktu yang cukup sesuai anjuran dokter, dan biasakan sarapan sehat seperti jus, roti dan buah.

4. Fungsi Memori

Memori tidak akan bekerja sebaik mungkin jika terlalu lelah. Biasakan untuk tidur tepat waktu agar fungsi memori tetap terjaga sehingga tidak mudah lupa dengan sesuatu hal yang penting.

5. Sistem Imun

Tidur cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selama musim dingin dan flu, orang yang tidak cukup tidur rentan terkena flu. Dianjurkan untuk tidur 8 hingga 10 jam dalam sehari.

6. Meningkatnya Stres

Ketika lelah, situasi bisa berubah menjadi lebih stres. Kurang tidur pun meningkatkan kadar stres dan menciptakan ketegangan fisik di otot dan mental.

7. Sabar

Tidur cukup di malam hari dapat memberikan tingkat toleransi jauh lebih tinggi dan dapat meningkatkan kesabaran.

8. Baik Untuk Kulit

Rahasia untuk kulit indah tidak melulu dengan dengan produk kecantikan, yang dibutuhkan hanya tidur dengan jumlah waktu yang cukup.

Kurang tidur dapat menimbulkan wajah pucat serta kulit kendur, sehingga mempercepat proses penuaan dini.

(Ism) 

Terkait
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id