Rutin Minum Teh Hijau Bisa Perpanjang Usia 15 Bulan

Fresh | Senin, 20 Januari 2020 14:12
Rutin Minum Teh Hijau Bisa Perpanjang Usia 15 Bulan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apakah kamu green tea lover?

Dream - Teh telah dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selan itu, sebuah penelitian terbaru menyatakan konsumsi teh hijau tiga kali seminggu dapat memperpanjang usia dan menyehatkan tubuh.

Kebiasaan minum teh hijau secara teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian ini menyertakan 100.902 orang dan tidak satupun dari mereka memiliki riwayat serangan jantung, stroke atau kanker.

Peserta sample dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mereka yang minum teh hijau tiga kali seminggu dan yang jarang mengonsumsinya.

 shutterstock

2 dari 6 halaman

Hampir 1,26 tahun lebih lama

Mereka dipantau selama hampir tujuh tahun. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa orang yang minum teh hijau tiga kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung dan stroke 20 persen lebih rendah dibandingkan yang jarang minum teh.

Orang yang terbiasa minum teh juga berpotensi untuk hidup hampir 1,26 tahun lebih lama, sekitar 15-16 bulan. dibandingkan mereka yang tidak terlalu sering mengonsumsinya.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

Peneliti mengungkapkan bahwa mereka tidak menemukan hubungan yang serupa dengan teh lain, seperti teh hitam. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki hubungan ini.

 

3 dari 6 halaman

Kamu suka?

Maka, para peneliti berspekulasi teh hijau mengandung sifat penyembuhan, seperti polifenol yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

" Penelitian ini adalah studi observasional dan karena itu hanya dapat menjelaskan asosiasi, bukan hubungan biasa," ujar Gunter Kuhnle, profesor ilmu gizi dan makanan di University of Reading.

" Belum bisa dijelaskan apakah ada manfaat dari asupan teh yang lebih tinggi, dan karena itu tidak ada manfaat dari peningkatan asupan teh oleh mayoritas masyarakat Inggris," tambahnya.

Sumber: Miss Kyra

4 dari 6 halaman

Sama-Sama Daun Teh, Ini Beda Matcha dan Green Tea di Dunia Kecantikan

Dream - Banyak orang masih bingung membedakan green tea dengan matcha. Masih banyak orang yang menganggap kedua bahan itu sama karena berasal dari daun teh.

Tahukah kamu di mana letak perbedaannya? Beda paling besar dari green tea dan matcha terletak pada proses pembuatan dan hasil akhirnya.

 shutterstockFaisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani

" Proses pembuatannya jauh berbeda. Kalau green tea, diambil pucuknya, dikeringkan dan bisa langsung diseduh. Kalau matcha, prosesnya panjang sekali," ungkap Cahyani Prajaningrum, Education & Beauty Training Manager Jafra Indonesia di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat, 23 Agustus 2019.

5 dari 6 halaman

Tidak boleh dikeringkan terlalu lama

Proses pembuatan matcha membutuhkan waktu lebih dari sebulan. Sebelum digunakan, daun teh hijau ditutup selama 20-30 hari agar klorofilnya menjadi lebih hijau serta kandungan asam aminonya lebih tinggi.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

Setelah dipanen, daun teh hijau tidak boleh dikeringkan terlalu lama. Lalu dipisahkan antara daun dan urat-uratnya, sehingga benar-benar mendapatkan daun yang terpilih.

6 dari 6 halaman

Disebut matcha karena..

Daun terpilih itulah yang akan ditumbuk untuk dijadikan matcha.

" Proses yang jauh berbeda ini menjadikan matcha memiliki kandungan yang jauh lebih baik daripada greentea. Kandungan kafein dan antioksidannya jauh lebih tinggi serta mampu membantu pertumbuhan sel kulit," imbuhnya.

Sebagian produk perawatan kulit telah menggunakan matcha sebagai bahan dasarnya. Biasanya, matcha digunakan agar kulit pemakainya terasa lebih segar dan membantu meremajakan sel kulit sehingga tidak cepat menua.

Salah satu produk yang menggunakan matcha adalah Jafra Royal Boost Ritual. Meskipun berfungsi untuk mencegah penuaan, produk ini bisa digunakan para millenials untuk pearawatan kulit

 Jafra Royal Boost RitualJafra Royal Boost Ritual © dream.co.id

Foto: Jafra Royal Boost Ritual/Dream.co.id-Cynthia Male

Cara pengapliksiannya bisa dilakukan dengan dengan praktis hanya dengan empat langkah saja. Dimulai dari membersihkan, merawat menggunakan masker, melembapkan serta melindungi dengan suncreen.

Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis
Join Dream.co.id