Mitos dan Fakta Khasiat Madu dan Jeruk Nipis

Fresh | Senin, 28 September 2020 16:33
Mitos dan Fakta Khasiat Madu dan Jeruk Nipis

Reporter : Cynthia Amanda Male

Ini manfaat yang telah terbukti oleh penelitian.

Dream - Madu dan jeruk nipis merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Keduanya diyakini dapat membuang racun, mengatasi jerawat dan infeksi pernapasan.

Manfaat madu dan jeruk untuk kesehatan telah terbukti dalam penelitian. Namun benarkan dua bahan alami ini memiliki banyak manfaat seperti diyakini sebagian besar orang.

Dilansir dari Sehatq.com, berikut manfaat madu dan jeruk nipis.

2 dari 3 halaman

Manfaat Madu dan Jeruk Nipis

Membuat berat badan tetap ideal

Mengukur Berat Badan© Pexels.com
Perpaduan madu dan jeruk nipis dapat membantu menjaga berat badan ideal dan stabil. Selain membuatmu kenyang lebih lama, madu dan jeruk nipis bisa mencegah penambahan kalori jika dikonsumsi sebelum makan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah infeksi serta membantu stimulasi leukosit.

Antioksidan pada madu juga dapat menangkal radikal bebas serta memperkuat imunitas tubuh. Kamu juga bisa mengonsumsi madu untuk membantu mengatasi batuk berdahak.

Menjaga kesehatan pencernaan

Penelitian menyatakan bahwa madu bermanfaat bagi bakteri baik pada pencernaan. Mengonsumsinya sebagai cairan juga membantu memperlancar pencernaan.

Namun, madu tidak disarankan untuk dikonsumsi anak di bawah usia 1 tahun karena bisa berisiko botulisme.

3 dari 3 halaman

Mitos Manfaat Madu dan Jeruk Nipis

Mengencerkan lemak

Mengukur Lingkar Perut© Shutterstock.com
Kamu tidak bisa mengurangi berat badan dan lemak hanya dengan madu maupun jeruk nipis. Berolahraga dan menjalani diet sehat merupakan cara efektif untuk mengurangi lemak serta berat badan.

Membuang racun

Madu dan jeruk nipis belum terbukti dapat menghilangkan racun di dalam tubuh. Tapi secara alami, tubuh memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi melalui kulit, usus, ginjal, liver, saluran pernapasan serta sistem daya tahan tubuh.

Menghilangkan jerawat

Zat asam pada jeruk nipis dan antioksidan pada madu mampu menyehatkan kulit. Namun, belum terbukti keduanya dapat mengatasi jerawat dengan cara diminum atau dipakai. Bahkan, memakai madu pada wajah justru membuat jerawat lebih rentan meradang.

(Sumber: Sehatq.com)

Join Dream.co.id