Kena Beda 'Stalking' dan Kepo, Kamu Termasuk Tipe Mana?

Fresh | Rabu, 2 Juni 2021 12:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bagaimana cara menghindari bahaya 'stalking'?

Dream - Stalking merupakan istilah yang sangat sering digunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang ketika sering memantau kegiatan orang lain.

Meski terkesan wajar dilakukan, stalking pada tingkat yang parah sebenarnya hal yang cukup berbahaya. Bahkan, tindakan tersebut termasuk tindakan kriminal ketika orang yang diawasi merasa terganggu.

Pada tingkat yang mengganggu ini, stalking bukan lagi sekadar mencari informasi tentang orang yang diawasi. Biasanya, para stalker akan mencoba menelepon, mengirim email atau chat terus menerus.

Aksi mereka akan semakin menjadi-jadi ketika tindakannya tidak direspons. Stalker akan berusaha membuntuti, memantau dan sering berada di sekitar korban.

Bahkan, stalker juga tidak segan-segan mencoba menghubungi korban dari teman atau keluarga, memberi ancaman hingga merusak hal yang dimiliki korban.

Dilansir dari Sehatq.com, berikut cara merespons stalker untuk mencegah dan menghentikan tindakan berbahaya.

Kena Beda 'Stalking' dan Kepo, Kamu Termasuk Tipe Mana?
Korban Stalking. (Source: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Jangan terpancing

Jangan terpancing untuk menanggapi apapun perbuatan stalker. Umumnya, stalker akan lebih gencar menghubungi setelah tindakannya direspon.

Jadi, abaikan semua tindakannya dan tetap berusaha menghindari komunikasi dengan stalker.

Memberi tahu orang terdekat

Segera beri tahu orang terdekat untuk mencegah informasi pribadimu sampai ke tangan stalker. Orang terdekat juga bisa melindungimu agar semakin jauh dari jangkauan stalker.

3 dari 3 halaman

Mengumpulkan bukti

Jangan buru-buru menghapus bukti tindakan stalker. Bila perlu, simpan dan tambahkan waktu serta tanggal kejadiannya.

Hal ini bisa menjadi bukti kuat ketika kamu ingin melaporkan stalker ke pihak berwajib dan mengatasi masalah tersebut melalui jalur hukum.

Mencari bantuan hukum

Sebelum melaporkan stalker ke pihak berwajib, cobalah mencari bantuan hukum dari lembaga hukum atau advokat untuk membantu kelancaran prosesnya.

Join Dream.co.id