10 Lagu Ini Cocok Buat Relaksasi Musik Pengantar Tidur

Fresh | Rabu, 1 Juli 2020 19:33
10 Lagu Ini Cocok Buat Relaksasi Musik Pengantar Tidur

Reporter : Arini Saadah

Salah satu cara mengatasi kesulitan tidur ini adalah dengan mendengarkan lagu pengantar tidur.

Dream – Kesulitan tidur sering dialami oleh banyak orang. Kesulitan tidur di malam hari membuat kita terjaga semalaman.

Permasalahan tidur di malam hari ini sering dialami karena berbagai alasan seperti kebiasaan, gaya hidup, kondisi medis, depresi, dan stres.

Salah satu cara mengatasi kesulitan tidur ini adalah dengan mendengarkan lagu pengantar tidur. Cara ini dianggap efektif untuk membuat kita cepat memgantuk dan tertidur pulas.

Lagu pengantar tidur membuat tubuhmu akan menjadi rileks baik secara fisik maupun psikis. Lagu pengantar tidur juga memiliki efek menenangkan pada otak sehingga dapat meredakan stres dan cemas.

2 dari 6 halaman

Musik Bertempo Rendah

 Ilustrasi© freepik.com

Musik tertentu dapat memperlambat detak jantung, pernapasan dan menurunkan tekanan darah yang menyebabkan otot menjadi rileks. Mendengarkan musik sebelum tidur menjadi pilihan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Penelitian menunjukkan mendengarkan musik sebelum tidur membantu memperpanjang durasi tidur dan mengurangi gangguan tidur. Susah tidur seringkali dikaitkan dengan stres dan cemas yang membuat pikiran terjaga.

Musik pengantar tidur ini bekerja sebagai pengalihan perhatian dan sarana relaksasi. Para ahli merekomendasikan memilih lagu-lagu yang bersifat sedative, yaitu bertempo 60-80 BPM.

3 dari 6 halaman

Musik Klasik dan Klasik Kontemporer

 Ilustrasi© Pixabay

Musik Klasik

Salah satu genre musik yang cocok untuk pengantar tidur adalah musik klasik. Tapi tidak semua musik klasik tepat dijadikan lagu pengantar tidur. Hanya lagu klasik yang memiliki tempo rendah saja yang bisa dijadikan musik pengantar tidur.

Lagu yang didominasi dengan instrument piano sangat tepat untuk musik pegantar tidur karena memiliki efek relaksasi yang membantumu cepat tidur.

Klasik Kontemporer

Musik klasik kontemporer memiliki tempo yang lambat dan menenangkan. Tidak ada nada yang naik turun secara signifikan pada lagu dalam genre ini. alunan musik ini pun juga dapat membuatmu rileks sehingga cocok dijadikan lagu pengantar tidur.

4 dari 6 halaman

Genre Musik Pengantar Tidur

 Ilustrasi© Pixabay

Musik Santai

Banya genre yang tergolong dalam kategori musik santai, seperti blues, jazz, pop, folk dan masih banyak lagi. Mendengarkan musik ini bertujuan menciptakan suasana rileks sehingga kamu tidak banyak pikiran. Dengan pikiran yang rileks akan mempermudah kamu untuk tidur.

Musik Akustik

Permasalahan susah tidur dapat diatasi dengan mendengarkan musik akustik. Lagu ini biasanya memiliki tempo yang lambat dan menenangkan. Kamu juga bisa memilih musik akustik yang diaminkan tanpa vokal.

Alunan alat musik berupa gitar atau piano, tanpa diiringi vokal memiliki efek chill yang dapat membuat kamu lebih mudah untuk terlelap.

Musik Meditasi

Musik meditasi menjadi pilihan sebagai lagu pengantar tidur. Melodi musik meditasi secara khusus memang dibuat untuk membantu menenangkan pikiran dan rileks.

5 dari 6 halaman

Rekomendasi Lagu Pengantar Tidur

 Ilustrasi© Pixabay

Penelitian membuat kesimpulan terdapat 10 lagu yang paling efektif untuk mengurangi stress dan kecemasan sehingga membuatmu tidur lebih nyenyak. Beberapa lagu pengantar tidur yang direkomendasikan di antaranya sebagai berikut:

  • Adele – Someone Like You
  • Mozart – Canzonetta Sull’aria
  • Café del Mar – We Can Fly
  • DJ Shah – Mellomaniac (Chill Out Mix)
  • Enya – Watermark
  • Coldplay – Strawberry Swing
  • Barcelona – Please Don’t Go
  • All Saints – Pure Shores
  • Marconi Union – Weightless
  • Airstream – Electra
6 dari 6 halaman

Penggabungan Metode Relaksasi

 Ilustrasi© freepik.com

Cobalah untuk mendengarkan lagu pengantar tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kamu bisa merasakan adanya dampak positif yang dapat terbentuk dari waktu ke waktu karena mendengarkan lagu pengantar tidur. Sehingga bisa menjadi kebiasaan yang memberi isyarat tubuh kamu untuk bersiap tidur.

Akan tetapi, jika kamu tidak mendapatkan manfaat dari mendengarkan musik pengantar tidur ini, sebaiknya kamu mencoba menggabungkan musik yang menenangkan dengan teknik relaksasi. Penggabungan dua metode itu dapat membantu kamu mengatasi permasalahan susah tidur.

Sumber: SehatQ

Join Dream.co.id