Kenapa Susah Sekali Berhenti Merokok?

Fresh | Senin, 1 Mei 2017 11:37
Kenapa Susah Sekali Berhenti Merokok?

Reporter : Dwi Ratih

Saat Anda menghisap rokok, asap yang mengandung nikotin dan racun lainnya akan masuk ke dalam paru-paru dan kemudian terserap dalam darah dan mengalir ke seluruh tubuh.

Dream – Sudah tahu rokok tidak sehat, berbahaya, bahkan merugikan orang di sekeliling Anda. Tapi kenapa sulit sekali meninggalkan kebiasaan merokok?

Jawabannya karena nikotin.

Zat alami yang terdapat dalam tembakau inilah yang menimbulkan rasa kecanduan.

Saat Anda menghisap rokok, asap yang mengandung nikotin dan racun lainnya akan masuk ke dalam paru-paru dan kemudian terserap dalam darah dan mengalir ke seluruh tubuh. Nikotin secara ilmiah terbukti mencapai otak sangat cepat. Nikotin juga menimbulkan sensasi yang membuat Anda merasa rileks dan bebas stress.

Tapi kenikmatan ini berlangsung sementara. Setelah batang rokok habis dihisap, tubuh Anda akan menunjukkan tanda-tanda kecanduan seperti gelisah, sakit kepala, mulut kering, yang akhirnya mendorong Anda untuk menyulut rokok lagi. Inilah yang kemudian menjadi lingkaran setan.

Berhenti merokok tidaklah gampang, namun Anda dapat melakukannya. Untuk berhasil berhenti, Anda perlu mengetahui apa yang Anda ingin hindari, apa saja pilihan Anda, dan ke mana Anda harus mencari bantuan.

 Ilustrasi© Dream

 Sebagai langkah awal, coba lakukan hal-hal berikut ini:

1. Kurangi kafein

Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan kerja jantung dan perasaan bersemangat. Efeknya, Anda akan merasa gelisah dan ini bisa menjadi pemicu Anda untuk merokok lagi.

2. Minum air putih

Air putih 2 liter sehari bisa mempercepat tubuh mengeluarkan racun.  Selain itu air putih dalam jumlah yang cukup juga bisa membuat Anda merasa berenergi.

3. Bernafas lebih dalam

Dengan mengambil nafas dalam-dalam, oksigen akan masuk ke dalam paru-paru dan membuat tubuh menjadi lebih segar karena kaya akan oksigen.

4. Berolah raga

Kegiatan fisik dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang mengendap dalam darah. Selain itu juga dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stress.  

5. Menjemur diri di bawah sinar matahari

Mulai terbit sampai jam sembilan pagi, sinar matahari mengandung gelombang infra merah jarak jauh yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh sekaligus mendorong tubuh memproduksi hormon endorfin yang juga bisa menimbulkan sensasi bahagia seperti halnya rokok, tentunya tanpa efek samping berbahaya.

6. Gunakan alat bantu kesehatan

Untuk hasil yang maksimal, Anda juga bisa menggunakan alat kesehatan dari Ginsamyong. Berupa kalung dan gelang yang terbuat dari batu tourmaline, Ginsamyong memiliki khasiat membantu mempercepat hilangnya racun adiksi dari dalam tubuh.

Selain itu, kandungan bio magnetiknya juga berfungsi melancarkan aliran darah dan memperkaya suplai oksigen dalam darah, menjadikan tubuh lebih segar dan sehat. Penasaran seperti apa bentuknya? Lihat di sini yuk.

 Ginsamyong© Dream

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id