Yuk Kenali! 5 Warna Darah Haid Ini Tunjukkan Kondisi Kesehatan

Fresh | Rabu, 25 Juli 2018 09:15

Reporter : Amrikh Palupi

Ada warna-warna yang harus kamu waspadai.

Dream - Setiap wanita tentu mengalami siklus haid yang berbeda-beda. Ada yang datang rutin, sebagian lagi bisa berubah-ubah. Sebagian lagi wanita mungkin mengalami rasa nyeri pada bagian pinggul ada juga dibagian perut saat tamu bulanan itu datang.

Ada pula yang menjalani siklus bulanan ini dengan lancar tanpa halangan. Dia masih tetap bisa beraktivitas tanpa gangguan sama sekali. 

Biasanya, para wanita yang sedang haid akan mengalami tubuh lemas dan tidak bergairah. Tak jarang pulang badan merasa pegal-pegal.

Selain sebagai siklus bulanan, haid ternyata bisa menunjukan kondisi kesehatan wanita lho. Itu bisa terbaca dari warna darah yang keluar. 

Nah, berikut pertanda kondisi kesehatan dari warna darah haid yang perlu kamu ketahui. 

Yuk Kenali! 5 Warna Darah Haid Ini Tunjukkan Kondisi Kesehatan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

1. Merah muda

Jika darah haidmu berwarna merah muda, itu artinya kamu sedang mengalami anemia atau kekurangan darah. Jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah kamu berkurang. Dengan kondisi seperti itu, kamu akan merasa letih dan lelah sehingga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya.

Tapi warna merah muda juga punya pertanda lain terutama untuk wanita yang sudah menikah. Darah haid berwarna merah muda adalah tanda awal kehamilan. Di masa ini, sel telur yang sudah dibuahi dan menempel pada dinding rahim bisa mengakibatkan pendarahan namun hanya sedikit dan masih dalam tahap wajar.

2. Merah Terang

Jika warna darah haidnya berwarna merah terang itu artinya tubuh kamu dalam kondisi yang sehat. Namun jangan senang dulu ya. Jika warnanya tidak berubah selama delapan hari atau lebih, ada baiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Merah Tua

Darah haid berwarna merah tua selama 2-3 hari pertama itu sebetulnya masih dalam batas  normal. Hal itu biasa terjadi pada semua wanita. Tetapi jika berlanjut ke hari berikutnya kamu harus segera memeriksakannya. Bisa jadi ada tumor yang tumbuh dalam rahimmu. Segera periksakan diri agar tidak terjadi hal-hal yang lebih membahayakan.

Warna haid merah tua juga kabar buruk pagi wanita hamil. Ini adalah pertanda kamu mengalami keguguran.

4. Coklat tua

Untuk yang darah haidnya berwarna coklat tua, kamu harus ekstra hati-hati ya. Hal itu menandakan darah yang ada di dalam rahim kamu telah beku sehingga peredaran darah yang berjalan ke arah rahim terlalu panjang.

Tapi jangan cemas dulu. Kondisi itu bisa diatasi dengan meminta resep ke dokter untuk memperlancar peredaran darahmu saat haid datang.

5. Berwana Kuning

Namun, hal yang mengkhawatirkan adalah ketika warna darah itu berubah menjadi kuning. Itu adalah indikasi rahim kamu sedang mengalami infeksi. Kamu harus cepat ditangani oleh dokter untuk mencegah hal-hal yang bisa membahayakan kesehatanmu.

(Sah, Sumber : planet.merdeka.com/Moana)

Join Dream.co.id