Jangan Rebahan! Lakukan Gerakan NEPA Sehabis Berolahraga, Apa Itu?

Fresh | Minggu, 3 Oktober 2021 17:01

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Setelah olahraga, jangan langsung rebahan

Dream - Gaya hidup sedentari memang sudah menjadi salah satu masalah di Indonesia, bahkan jauh sebelum pandemi. Sedentari adalah kegiatan yang mengacu pada segala jenis aktivitas yang dilakukan di luar waktu tidur, dengan karakteristik keluaran kalori sangat sedikit yakni kurang dari 1.5 METs.

Pandemi yang melanda seluruh dunia telah membawa perubahan positif di kalangan masyarakat. Perlahan-lahan, kebiasaan berolahraga dan lebih aktif bergerak selama berada di rumah makin banyak dilakukan.

Tanpa perlu keluar rumah apalagi membeli peralatan olahraga, sebenarnya banyak hal sederhana yang bisa Sahabat Dream lakukan untuk menjalani gaya hidup sehat. Salah satunya adalah dengan olahraga rutin yang diseimbangi dengan NEPA (non exercise physical activities).

 Konimex© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ NEPA sederhana yang bisa dilakukan oleh masyarakat antara lain seperti naik turun tangga untuk melancarkan sirkulasi darah,” tutur dr. Andhika Raspati, SpKO., Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga pada siaran virtual Activ Water, September 2021.

Aktivitas sederhana lain yang bisa dilakukan adalah membersihkan rumah, menggendong dan bermain dengan anak, berkebun, mencuci motor ataupun mobil. Semua kegiatan ini masuk dalam kategori NEPA.

Jangan Rebahan! Lakukan Gerakan NEPA Sehabis Berolahraga, Apa Itu?
Sumber: Shutterstock
2 dari 3 halaman

Dilakukan Setelah Berolahraga

NEPA sebaiknya dilakukan setelah berolahraga selama satu jam setiap hari. Fungsi dari NEPA diantaranya membakar kalori serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

 Konimex© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Jika telah rutin berolahraga, langsung lakukan aktivitas NEPA untuk mendorong anggota tubuh agar terbiasa digerakkan, bukan bermalas-malasan” tambah dr. Andhika.

Dr. Andhika menambahkan NEPA juga bisa membantu keseimbangan tubuh serta membuat otot-otot tubuh tidak kaget setelah beraktivitas berat. Fungsi lain adalah melancarkan sirkulasi darah. Pada akhirnya, seluruh kegiatan tersebut akan turut menjaga kesehatan dan memelihara imunitas tubuh.

3 dari 3 halaman

Jangan Lupa Multivitamin

 Shutterstock© Shutterstock

Setelah berolahraga diikuti aktivitas NEPA, dr Andhika juga menyarankan masyarakat tetap menjaga asupan makronutrien seperti karbohidrat dan protein yang merupakan kebutuhan utama tubuh.

Chief Strategy Officer, Konimex Group mengakui kesehatan adalah harta yang paling bernilai, terutama di tengah kondisi saat ini. Selain berolah raga dan melakukan gaya hidup aktif, masyarakat juga harus mendapatkan asupan nutrisi, cairan tubuh, dan istirahat yang cukup.

Membantu masyarakat menjaga kesehatan tubuhnya, Konimex meluncurkan inovasi produk terbarunya, minuman isotonik + multivitamin, Activ Water. Minuman ini dilengkapi ragam kandungan vitamin seperti C, E, B3, B5, B6, dan B12, dan Zinc yang dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan multivitamin.

 Konimex© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Activ Water hadir jadi pendukung masyarakat dalam menerapkan gaya hidup aktif," jelas Edward Joesoef, .

Produk Activ Water telah dilengkapi dengan label ‘Healthier Choice’ atau Pilihan Lebih Sehat dari BPOM dan tidak mengandung pengawet, pewarna sintetik ataupun pemanis buatan.

Join Dream.co.id