Kenali Kemunculan 5 Tanda di Kulit dan Cara Mengatasinya

Fresh | Selasa, 20 Agustus 2019 14:36
Kenali Kemunculan 5 Tanda di Kulit dan Cara Mengatasinya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Keberadaan tahi lalat, freckles dan tanda lahir seperti skin tag, bisa jadi sangat mengganggu.

Dream - Hampir setiap orang mangalami masalah kulit, seperti tahi lalat, freckles, dan skin tag. Ada yang merasa terganggu dengan keberadaan tanda di kulit ini dan memutuskan untuk membuangnya. Namun ada juga yang justru bangga memiliki tanda di kulit ini.

Masalah kulit seperti tahi lalat, freckles, dan skin tag umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan dan sangat umum dialami oleh siapa saja. Namun, dalam kondisi tertentu tanda kulit ini bisa menjadi masalah yang cukup serius.

Misalnya saja ukuran tahi lalat yang terus membesar, freckles yang terus bertambah, dan skin tag yang menyebar ke seluruh kulit, ditambah dengan rasa sakit di sekitarnya. Kondisi tersebut harus segera diatasi untuk mengurangi risiko terburuk, yakni kanker kulit.

Untuk mengenali masalah kulit yang disebabkan tanda kulit tersebut, Sahabat Dream bisa menyimak artikel berikut ini.

2 dari 6 halaman

Tanda Kulit Tahi Lalat

Tanda kulit yang paling umum ialah tahi lalat. Tanda kulit ini biasanya muncul pada kulit dengan warna cokelat atau hitam dan bisa muncul di mana saja. Setiap manusia umumnya akan mengalami pertumbuhan tahi lalat, normalnya ada 10-40 tahi lalat yang dimiliki setiap manusia.

Tahi lalat ini umumnya tidak berbahaya dan bisa hilang secara perlahan. Namun ada pula tahi lalat yang tidak hilang dan tidak membesar dan hanya diam pada satu titik tersebut. Bahkan adapula tahi lalat yang terus membesar ukurannya dan adapula yang ditumbuhi rambut. Hal tersebut masih wajar.

Namun, apabila pada kondisi tertentu tahi lalat baru muncul di atas usia 25 tahun, maka Sahabat Dream perlu waspada. Apakah tahi lalat baru ini terasa gatal, perih, dan terus membesar? Jika Sahabat Dream mengalami kondisi ini, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Operasi pengangkatan dan penghilangan tahi lalat, menjadi cara yang paling sering dilakukan oleh seseorang yang merasa tidak nyaman dengan tahi lalat yang dimilikinya. Operasi ini juga akan dilakukan pada pasien yang mengalami masalah kulit dikarenakan tahi lalat yang tidak normal.

3 dari 6 halaman

Tanda Kulit Skin Tag

Skin tag atau label kulit, merupakan tanda yang muncul dikulit berupa lipatan jaringan kecil dan menggantung, seperti kutil. Skin tag biasa muncul di beberapa bagian tubuh, seperti leher, dada, punggung, ketiak dan bagian bawah payudara. Dan, sangat sering terjadi pada perempuan.

 Skin Tag

Walau tidak berbahaya, sebagian besar orang yang memiliki skin tag lebih memilih untuk memotong skin tag lewat jalan operasi kecil. Skin tag juga bisa dihilangkan dengan membekukannya atau dengan menggunakan arus listrik, sesuai dengan anjuran dokter.

4 dari 6 halaman

Tanda Kulit Lentingo atau Bintik Hitam

Tanda kulit selanjutnya ialah lentingo, yaitu bintik kecil berwarna cokelat yang muncul di kulit yang umumnya terjadi pada orang yang memiliki kulit putih. Tanda kulit ini disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, yang membuat sebagian warna kulit berubah menjadi lebih gelap dan memicu kemunculan lentingo.

Selain karena paparan sinar matahari yang berlebih, lentingo juga bisa disebabkan oleh faktor genetika, atau akibat dari terapi radiasi. Untuk mencegah kemunculan lentingo, Sahabat Dream bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, dan juga gunakan pakaian yang tertutup untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung ke kulit.

Sedangkan untuk menghilangkan lentingo, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti cryosurgery, operasi laser, dan menggunakan krim kulit seperti retinoid dan krim kulit yang mengandung zat pemutih.

5 dari 6 halaman

Tanda Kulit Freckles

Hampir sama dengan lentingo, freckles merupakan bintik-bintik berwarna cokelat yang muncul di kulit. Bedanya, freckles biasa muncul di wajah, leher, dada, dan lengan, sedangkan lentingo bisa muncul di mana saja yang lebih sering terpapar sinar matahari.

 Freckles

Sama seperti dengan tanda-tanda kulit lainnya, freckles tidak berbahaya bagi kesehatan kulit. Freckles juga disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih dan juga dipengaruhi oleh faktor genetika.

Bagi sebagian orang yang tidak menyukai keberadaan freckles lebih memilih untuk menghilangkannya dengan perawatan laser, nitrogen cair dan prosedur pengelupasan kimia. Namun bagi sebagian lainnya, freckles dianggap sebagai tren make up yang khas.

6 dari 6 halaman

Tanda Kulit Keratosis Seboroik

Keratosis Seboroik menjadi tanda kulit yang kerap dialami oleh manusia. Tanda kulit ini biasa muncul di dada dan punggung, dan terkadang muncul di kepala. Keratosis Seboroik ini berasal dari sel yang disebut dengan keratinosit yang terus berkembang.

 Tanda Kulit

Bagi Sahabat Dream yang ingin menghilangkan tanda kulit ini, bisa menempuh jalan operasi bedah kecil, seperti cryosurgery dan bedah elektro.

Sumber: Web MD

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id