Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kenali Jenis Masker Agar Terhindar dari Pengaruh Buruk Polusi

Kenali Jenis Masker Agar Terhindar dari Pengaruh Buruk Polusi Foto: Shutterstock

Dream - Kini kian banyak orang memakai masker pelindung mulut dan hidung agar terlindungi dari efek buruk polusi udara.

Tidak hanya itu, semakin buruknya kualitas udara membuat sebagian orang mulai mencari tahu jenis masker yang bisa melindungi dari efek buruk polusi.

shutterstock

Selain yang sering ditemui sehari-hari (simple mask), ternyata ada berbagai jenis masker lainnya yang bergantung pada kebutuhan.

Jenis Masker Khusus

Di antaranya adalah carbon mask, electrical air purifier mask, non electrical air purifier mask, full mask, half mask atau yang seperempat wajah, respiratory mask dan air supply mask.

Carbon mask mengandung filter karbon aktif untuk mengurangi paparan debu berukuran besar dan mengurangi bau tidak sedap.

Air purifier mask merupakan masker yang memiliki filter piece N95 dan mampu memfiltrasi partikel halus sampai 95 persen.

Respiratory mask berfungsi sama dengan air purifier mask yang mengandung KN95 dan memfiltrasi partikel halus sampai 95 persen.

Sedangkan, air supply mask dibuat khusus untuk memasok oksigen dan biasa dipakai di area pertambangan.

Lalu, Masker Apa yang Diperlukan?

"Kalau kualitas udaranya baik sampai sedang, bisa pakai simple mask untuk menyaring partikel lebih besar dan menghindari distribusi infeksi. Tapi kalau kualitas udaranya buruk, disaranjan memakai respiratory atau air purifier mask," ujar Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI, Agus Dwi Susanto di Aston at Kuningan Suites, Jakarta Selatan, Senin, 5 Agustus 2019.

Namun, respiratory dan air purifier mask tidak dianjurkan untuk dipakai anak-anak di bawah 10 tahun, lansia di atas 50 atau 60 tahun maupun ibu hamil yang sensitif.

"Masker respiratory ini sangat ketat sehingga tidak nyaman untuk bernafas. Kalau terlalu lama dipakai bisa menyebablan keluhan nafas jadi terasa berat. Jadi, hanya bisa memakai simple mask," tutupnya.

Polusi Udara Jakarta Terburuk di Asia Tenggara

Dream - Tingkat kebersihan udara di Jakarta cukup mengkawatirkan. Polusi menjadi ancaman bagi manusia yang beraktivitas di Ibukota.

LSM pemerhati lingkungan, Greenpeace, merilis daftar peringkat kota dengan tingkat polusi udara terparah di dunia. Daftar itu disusun oleh laman survei kebersihan udara, airvisual.com.

Daftar tersebut menunjukkan Jakarta berada di urutan pertama kota dengan tingkat polusi terparah di Asia Tenggara. Tingkat polusinya mencapai 45,3 poin.

Posisi ke dua ditempati Hanoi, Vietnam. Tingkat polusi kota ini berbeda beberapa poin dengan Jakarta, yaitu 40,8 poin.

Beberapa kota di Thailand masuk dalam daftar 15 besar. Sementara tiga kotanya, Samut Sakhon, Nakhon Ratchasima, dan Tha bo, menempati urutan ke tiga, keempat, dan kelima dengan masing-masing poin 39,8, 37,6, dan 37,2.

"Jakarta dan Hanoi adalah kota paling berpolusi di Asia Tenggara," tulis admin @greenpeaceid.

Cara Merawat Kulit yang Sering Terpapar Polusi

Dream - Kadar polusi semakin memburuk setiap tahunnya. Kondisi itu tentu berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Epidermis, lapisan paling atas kulit, bekerja ekstra keras agar kulit terlindung dari paparan zat berbahaya termasuk polusi.

Namun jika berlebihan, pelindung ini terkadang gagal bekerja dengan baik. Polusi bisa menutup pori-pori kulit sehingga menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, iritasi, penuaan dini dan lain-lain.

Polusi juga bisa merusak kolagen dan lapisan lipid pada kulit yang membuat fungsi pelindung kulit terganggu. Ditambah dehidrasi, kondisi ini bisa menjadi komplikasi bagi kulit.

Dilansir dari Times of India, berikut langkah-langkah untuk melindungi dan mengembalikan kesehatan kulit akibat kadar polusi yang semakin memburuk.

Tahap Membersihkan Kulit

Mulai perawatan kulit lewat double cleansing dengan cara membersihkan wajah menggunakan handuk pembersih makeup atau makeup remover. Setelah itu, cuci dengan pembersih untuk menghilangkan sisa makeup, kotoran atau polusi pada kulit.

Sahabat Dream juga dapat menggunakan cleansing brush untuk membersihkan kulit. Alat ini bekerja lebih baik daripada hanya menggunakan tangan.

Penggunaannya bisa diaplikasikan hanya pada area kulit yang terdampak (topikal forms) atau diminum seperti obat (oral forms).

Antioksidan dapat membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh polusi. Kamu juga dapat meningkatkan asupan buah jeruk, delima, berry, wortel dan teh hijau, yang kaya akan antioksidan.

Minumlah air putih yang cukup dan lakukan perawatan secara rutin sesuai jenis kulitmu. Untuk menghidrasi kulit, gunakan serum atau pelembap yang mengandung antioksidan.

Langkah tersebut akan membantu menciptakan lapisan pelindung dan menghalangi partikel kecil yang bisa masuk ke dalam kulit.

Cara terbaik untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet adalah menggunakan tabir surya. Ini akan melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan sinar UV.

Tabir surya mampu menghalangi partikel-partikel asap dan mencegah bahan kimia berbahaya ini menembus ke dalam kulit.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tepat Memilih Masker Wajah, Beda Masalah Kulit Beda Juga Solusinya

Tepat Memilih Masker Wajah, Beda Masalah Kulit Beda Juga Solusinya

Pilihlah jenis masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu untuk hasil yang optimal.

Baca Selengkapnya
Tunda Munculnya Kerutan Bawah Mata dengan 5 Masker Alami Buatan Sendiri

Tunda Munculnya Kerutan Bawah Mata dengan 5 Masker Alami Buatan Sendiri

Menghidrasi bagian bawah mata menggunakan masker sangat penting untuk mencegah keriput serta mempertahankan kulit sehat.

Baca Selengkapnya
Jangan Salah Ya, Begini Cara Pilih Lensa Kontak Berdasarkan Kadar Air

Jangan Salah Ya, Begini Cara Pilih Lensa Kontak Berdasarkan Kadar Air

Lensa kontak tidak hanya dipilih berdasarkan warna yang cantik. Kamu juga perlu memperhatikan kualitas dan dampaknya pada mata.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cerita Karyawan Diminta Pakai Masker Saat Bertemu Pelanggan karena Jerawat Ini Bikin Nyesek

Cerita Karyawan Diminta Pakai Masker Saat Bertemu Pelanggan karena Jerawat Ini Bikin Nyesek

Karena berjerawat, pria ini diminta kerja pakai masker saat bertemu pelanggan.

Baca Selengkapnya
10 Maskapai Terburuk Saat Ada Masalah Penerbangan

10 Maskapai Terburuk Saat Ada Masalah Penerbangan

Berikut 10 maskapai terbaik dan terburuk saat ada masalah penerbangan

Baca Selengkapnya
3 Tips Pakai Bedak Tabur untuk Makeup Anti Badai

3 Tips Pakai Bedak Tabur untuk Makeup Anti Badai

Bedak tabur tidak hanya dibaurkan ke seluruh wajah. Perhatikan juga jumlah yang dipakai serta cara pengaplikasiannya agar riasan wajah benar-benar tahan lama.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Game Pakai Wadah Bekas Minuman, Awas Bikin Geregetan

BUNGKUS! Game Pakai Wadah Bekas Minuman, Awas Bikin Geregetan

Lagi iseng karena tugas sudah selesai, daripada manyun coba ajak temen kamu main game ini. Awalnya sih biasa-biasa saja, tapi kok jadi penasaran

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Perhatikan Hal-hal Ini

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Perhatikan Hal-hal Ini

Cara memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berjerawat.

Baca Selengkapnya
Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Membersihkan wajah memang sederhana, namun kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit agar manfaatnya maksimal.

Baca Selengkapnya
5 Kebiasaan Pakai Makeup yang Bisa Bikin Kulit Bermasalah

5 Kebiasaan Pakai Makeup yang Bisa Bikin Kulit Bermasalah

Selain bisa membuat penampilan wajah lebih menarik, makeup juga bisa menyebabkan masalah kulit. Perhatikan cara pakai makeup agar kulit tetap sehat.

Baca Selengkapnya