Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kemampuan Penciuman Berkurang? Bisa Jadi Otak Bermasalah

Kemampuan Penciuman Berkurang? Bisa Jadi Otak Bermasalah Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Otak merupakan organ yang mengatur seluruh sistem dalam tubuh. Saat manusia menua, kemampuan otak pun ikut menurun.

Pada beberapa kasus, otak bahkan sampai mengalami kerusakan. Salah satu gejala dari kerusakan otak adalah berkurang atau hilangnya kemampuan penciuman.

Jika muncul gejala tersebut, kamu tak boleh menyepelekannya. Segera berkonsultasi dengan dokter. Untuk memastikan kondisi kesehatan otak, dokter harus melakukan pemeriksaan khusus.

Dokter akan semakin intensif melakukan pemeriksaan terutama pada pasien yang memiliki faktor risiko seperti hipertensi dan diabetes. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan kerusakan otak di masa tua.

"Deteksi dini kerusakan otak penting dilakukan untuk mendeteksi demensia yang membutuhkan pemeriksaan klinis khusus," kata Dr. dr. Yuda Turana, SpS., dalam acara pembukaan RS Atma Jaya Paviliun Bonaventura di Pluit Jakarta Pusat, Selasa 9 Juli 2019.

Pemeriksaan kemampuan penciuman

Salah satu cara untuk memeriksa kerja indera penciuman yang berkaitan dengan kerja otak adalah dengan memberikan aroma-aroma yang familiar dengan kondisi Indonesia. Seperti kopi, jeruk, bunga dan lain-lain.

"Apabila pasien tidak mampu atau sulit mengidentikasi aroma dan tidak dengan keadaan 'pilek' atau gangguan hidung lain, maka kemungkinan sedang mengalami prademensia atau kepikunan awal," kata dr. Yuda.

Fakta Mengejutkan Otak Manusia

Kondisi prademensia ditandai dengan penurunan fungsi kognitif, sekalipun orang tersebut masih melakukan aktivitas dengan normal. Selain pemeriksaan penghidu, kondisi prademensia juga dapat dideteksi melalui MRI atau pemindaian otak.

(Sah, Laporan Vika Novianti Umar)

Kenali Gejala Demensia, Penurunan Fungsi Otak pada Lansia

Dream - Masalah yang banyak dialami oleh lansia adalah demensia. Kondisi ini merupakan sindrom penurunan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat dan kemampuan berpikir.

Pemicu utama demensia adalah pertambahan usia. Di usia lanjut, terjadi kerusakan pada sel saraf otak di bagian tertentu.

Kenali Gejala Demensia, Penurunan Fungsi Otak Pada Lansia

Kerusakan itu menimbulkan efek yang berbeda. Tergantung di bagian mana kerusakan terjadi. Namun pada umumnya, penderita demensia mengalami perubahan suasana dan perilaku.

Jika lansia hanya pikun masih tidak berbahaya. Namun jika disertai gangguan perilaku, bisa jadi masalah.

"Tanda seperti suka menuduh orang, tidak cocok dengan menantu. Hati-hati dia sudah ada gangguan perilaku," kata Siti Setiati, dokter spesialis geriatri di gedung Kemenkes RI, Jakarta, kemarin. 

Gejala Khas Demensia

Gejala demensia ditunjukkan dengan gangguan kognitif seperti sulit mengingat, konsentrasi menurun dan kesulitan berkata-kata.

Sementara gangguan psikologis meliputi gelisah, merasa ketakutan, gangguan perilaku dan emosi hingga berhalusinasi.

Skizofrenia, Si Pemicu Halusinasi Parah

Pada kasus akut, kondisi tubuh penderita demensia sudah kesulitan melakukan aktivitas (renta) atau menurunnya fungsi anggota tubuh. Seperti mengompol, napsu makan berkurang hingga kelumpuhan di salah satu sisi tubuh.

Menyerang Usia 60 tahun ke Atas

Demensia tak lepas dari penyakit degeneratif yang kerap dialami oleh lansia atau orang berumur 60 tahun ke atas.

"Penyakit seperti kencing manis dan hipertensi bisa berujung pada demensia. Sekarang trennya lebih kepada penyakit kronik dan degeneratif," ujarnya.

Aktivitas fisik dan asupan nutrisi merupakan upaya yang dapat dilakukan guna mencegah demensia. Lansia tetap dianjurkan rutin berolahraga, misalnya dengan jalan kaki atau berenang.

Jangan lewatkan asupan protein dan kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang dan pengurangan massa otot.

"Penglihatan dan pendengaran harus dijaga agar mereka tetap dapat membaca, mendengar dan berpikir. Hati-hati kalau lansia sudah tidak mau ngapa-ngapain, bisa jadi dia sudah demensia," kata Siti.

Kondisi Jet Lag Bisa Menjaga Kerja Otak?

Dream - Pergi ke benua lain yang zona waktunya sangat berbeda selalu memunculkan masalah tidur atau jet lag. Rasa kantuk akan datang di siang hari, sementara mata tetap terjaga hingga dini hari.

Profesor Ravi Allada dari Universitas Northwestern, Amerika Serikat mengungkap kalau hal tersebut bisa jadi salah satu pertahanan tubuh untuk menjaga kerja otak.

Kondisi Jet Lag Bisa Menjaga Kerja Otak?

Ia melakukan penelitian terhadap lalat buah yang memiliki penyakit Huntington, yaitu penyakit yang merusak kerja otak dan lebih parah dari Parkinson.

"Normalnya lalat buah bangun dan tidur selama siklus 24 jam. Pada lalat dengan Huntington tak ada ritme khusus. Lalat bangun dan tidur sepanjang waktu," ungkap Allada seperti dikutip dari Iflscience.com.

Allada menempatkan lalat dengan gen penyakit Huntington di kandang dengan lampu menyala dan mati selama siklus 20 jam.

Membuat para lalat tersebut mengalami jet lag permanen. Lalat lain yang normal dibuat mengikuti pengaturan jam sirkadian.

Hasilnya, bukan membuat lalat dengan Huntington lebih buruk, rupanya kedua lalat mengalami perlindungan parsial. Sel pada otak lalat ternyata mengakumulasi lebih sedikit protein yang terkait dengan penyakit Huntington dan neuron mereka hidup lebih lama.

"Berlawanan dengan intuisi, hasilnya menunjukkan bahwa sedikit stres baik bagi otak lalat dan tampaknya jadi pelindung saraf," ujar Allada.

Menurut Allada memang kondisi lalat dan manusia jauh berbeda. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek jet lag pada manusia, tapi penelitian ini bisa jadi awal teori kalau jet lag tak selalu berdampak negatif. (ism)

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
5 Penyebab Keringat Dingin yang Kerap Dianggap Sepele

5 Penyebab Keringat Dingin yang Kerap Dianggap Sepele

Gejala umum yang menyertai keringat dingin meliputi pusing, mual, dan detak jantung yang terasa cepat.

Baca Selengkapnya
Curhat Sedih Pengantin Makeupnya Rusak karena Ulah Tamu

Curhat Sedih Pengantin Makeupnya Rusak karena Ulah Tamu

Pengantin menangis sesenggukan karena riasan hancur akibat ulah tamu. MUA pun membersihkan noda dan memperbaiki riasannya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Waduh! Belum Hilang Efek Bius, Pria ini Malah Sebut Nama Mantan Depan Istrinya

Waduh! Belum Hilang Efek Bius, Pria ini Malah Sebut Nama Mantan Depan Istrinya

Pria ini malah ingat mantan selepas operasi, pas sadar ketar-ketir.

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut berminyak bisa mengganggu penampilan dan membuatmu merasa tidak nyaman. Atasi dengan menerapkan 5 kebiasaan sederhana.

Baca Selengkapnya
Cara Merawat Lubang Tindikan agar Tetap Nyaman dan Bebas Iritasi

Cara Merawat Lubang Tindikan agar Tetap Nyaman dan Bebas Iritasi

Lakukan perawatan ini, agar lubang tindikan tidak bermasalah.

Baca Selengkapnya
4 Langkah Penting  Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

4 Langkah Penting Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

Simpan keju dengan cara yang tepat agar tidak mudah basi. Perhatikan 4 hal sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Baca Selengkapnya